Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Dual Boot Windows 10 Di Mac Dan Macbook

 di Mac dan New MacBook dengan USB Flash Disk dan Boot Camp Cara Install Dual Boot Windows 10 di Mac dan MacBook

Berbeda dengan install dual boot Windows di MacBook Pro sebelumnya, Anda mungkin tidak mengalami duduk kasus alasannya yaitu MacBook Pro punya DVD-ROOM. Tapi dikala mau install Windows 10 di New MacBook, Anda akan sedikit repot alasannya yaitu harus menyiapkan aksesoris Adaptor Tipe C-Ethernet.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menciptakan USB installer Windows alasannya yaitu tidak ada DVD-ROOM yang terpasang di MacBook tersebut, terkecuali kalau Anda punya Apple USB SuperDrive atau sejenisnya yang bermerek lain.

Selain Anda harus memiliki aksesoris New MacBook tadi, MacBook juga harus terhubung dengan internet dan memenuhi beberapa syarat di bawah supaya sanggup instal Windows 10 di Mac dengan Boot Camp.
  • RAM lebih dari 2GB
  • Kapasitas hard disk minimal 30GB
  • Aksesoris Adaptor Tipe C-Ethernet
  • Nomor Serial Windows 10
  • Flash disk 16GB untuk instal Windows 10 dan download Boot Camp Driver.
  • File ISO Windows 10.
Setelah syarat diatas Anda penuhi, ikuti langkah-langkah install dual boot Windows 10 di Mac dan MacBook berikut:

Cara Install Dual Boot Windows 10 di Mac dengan Boot Camp


Install Windows 10 di Mac tidak semudah di laptop atau komputer berbasis Windows. Anda harus menciptakan USB Flash Disk atau DVD Bootable Windows 10 dan download Boot Camp Software Mac atau MacBook.

Setelah itu, Anda menciptakan atau membagi partisi hard disk Mac kemudian menginstal Windows 10 di partisi yang sudah Anda buat tadi dengan Boot Camp. Simak selengkapnya di bawah ini.

Langkah 1: Membuat USB Flash Disk Bootable dan Download Boot Camp Driver Windows 10 di Mac


Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin install dual boot Windows 10 di Mac yaitu menciptakan USB bootable Windows 10 dan download Boot Camp Driver. Untuk itu, pastikan Anda sudah mengunduh file ISO Windows 10 dan menghubungkan Mac ke internet.

 di Mac dan New MacBook dengan USB Flash Disk dan Boot Camp Cara Install Dual Boot Windows 10 di Mac dan MacBook
  1. Tancapkan Adaptor Tipe C-Ethernet kemudian colokkan USB Flash Disk di port USB.
  2. Jalankan Boot Camp yang ada di folder /Applications/Utilities atau gunakan Spotlight untuk mencarinya.
  3. Beri centang pada tiga pilihan yang ada kemudian klik Continue.
  4. Pilih file ISO yang sudah Anda download tadi.
  5. Klik Continue.
  6. Selanjutnya akan muncul jendela yang memberitahukan bahwa flash disk akan terformat kemudian klik Continue.
  7. Tunggu hingga proses copy file Windows dan download Boot Camp Driver Windows ke Flash Disk selesai. Ini tergantung dari kecepatan download internet Anda.
Nantinya akan muncul drive gres di desktop dengan goresan pena WININSTALL kalau Anda sudah berhasil buat USB bootable Windows 10 di Mac dan download Boot Camp Software. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit atau sanggup lebih lama, tergantung juga dari koneksi internet Anda.

Langkah 2: Membuat Partisi di Hard Disk Mac dan Install Windows 10


Setelah final menciptakan USB bootable Windows 10 dan download Boot Camp Driver di Mac, langkah selanjutnya yaitu membagi partisi hard disk Mac dan install Windows 10 di partisi yang telah dibuat.

 di Mac dan New MacBook dengan USB Flash Disk dan Boot Camp Cara Install Dual Boot Windows 10 di Mac dan MacBook
  1. Saat jendela kostumasi partisi hard disk Mac muncul, bagi partisi sesuai dengan harapan Anda, minimal 30GB. Tapi kalau Anda ingin membagi partisi hard disk jadi dua bab yang sama dengan partisi Mac, klik Divide Equally.
  2. Klik Install.
  3. Mac akan otomatis restart sesudah proses partisi selesai.
  4. Tunggu beberapa saat, layar startup Windows akan muncul.
  5. Pada jendela Windows Setup, klik Next.
  6. Beri tanda centang pada bab I accept the license terms kemudian klik Next.
  7. Selanjutnya, pilih partisi yang berlabel BOOTCAMP kemudian klik Format
  8. Klik Next untuk memulai proses install Windows 10 di partisi tersebut.
Sekarang, proses install Windows 10 berjalan dan tunggu hingga selesai. Mac atau MacBook akan restart otomatis sesudah copy file Windows berhasil 100%.

Setelah restart, MacBook akan otomatis masuk ke Windows dan Anda akan diminta untuk melaksanakan konfigurasi lanjutan ibarat mengisi username Windows, dan setting lainnya.

Langkah 3: Install Boot Camp Software Windows 10


Pada tahap ini, bekerjsama Anda sudah berhasil install Windows 10 hanya saja Anda diharuskan untuk install driver Mac atau MacBook supaya komponen ibarat keyboard, suara, wireless (Wi-FI), kamera, VGA, dan hardware yang lain sanggup berfungsi dengan baik.

 di Mac dan New MacBook dengan USB Flash Disk dan Boot Camp Cara Install Dual Boot Windows 10 di Mac dan MacBook
  1. Tunggu beberapa dikala sesudah masuk ke Windows 10, akan muncul jendela Boot Camp Software.
  2. Klik Next untuk memulai proses install driver dengan Boot Camp Software yang sudah Anda download ketika menciptakan USB bootable Windows 10 diatas tadi.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika jendela Boot Camp Driver tidak otomatis berjalan dikala masuk ke Windows 10, Anda juga sanggup menjalankan secara manual dengan membuka Windows Explorer kemudian pilih folder BootCamp dan klik file Setup.exe.

Saat proses install driver Windows untuk Mac atau MacBook dengan Boot Camp Software selesai, sebaiknya restart Mac untuk memastikan semua komponen bekerja.

Saat proses booting, tekan tombol Option pada keyboard kemudian pilih dan klik partisi Windows untuk memastikan Anda masuk ke Windows.

Bagi Anda yang ingin install dual boot Windows 10 di Mac dan MacBook tanpa USB, Anda sanggup memakai SuperDrive Apple dan DVD bootable Windows 10.