Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati! Ada Virus Malware Varian Gres Xagent Yang Bisa Curi Password Dan Backup Iphone Di Mac

 yang Mampu Curi Password dan Backup iPhone di Mac Hati-Hati! Ada Virus Malware Varian Baru Xagent yang Mampu Curi Password dan Backup iPhone di Mac
Varian virus Mac terbaru yang wajib anda waspadai yakni Xagent, berdasarkan laporan "Russian hacking group APT28". Komunitas hacking asal Rusia ini menemukan ada virus di Mac dan mengincar pada pengguna Mac.

Seperti yang dikabarkan di blog Bitdefender, perusahaan antivirus dari laman Ars Technica bahwa virus Mac "Xagent" ini sebelumnya telah berhasil menyusup di perangkat Windows, iOS, Android dan Linux.

Saat ini, Xagent mengintai pengguna Mac. Bahkan menurutnya, virus Xagent varian pertama dipercaya bisa menyerang atau menyusup ke perangkat Mac dikutip dari Mac Rumors.

Kabarnya, virus Mac terbaru - Xagent ini yakni "backdoor" yang bisa mencuri password, mendeteksi sistem konfigurasi, menjalankan file, mengambil screenshot layar, dan mengambil backup iOS yang tersimpan di Mac.

The sample we are discussing today has been linked to the Mac OSX version of Xagent component from Sofacy/APT28/Sednit APT. This modular backdoor with advanced cyber-espionage capabilities is most likely planted on the system via the Komplex downloader.

Once successfully installed, the backdoor checks if a debugger is attached to the process. If it detects one, it terminates itself to prevent execution. Otherwise, it waits for an Internet connection before initiating communication with the C&C servers.

After the communication has been established, the payload starts the modules. Our preliminary analysis shows most of the C&C URLs impersonate Apple domains.

APT28 yakni komunitas hacker yang pernah dituduh oleh "U.S. Democratic National Committee" tahun kemudian sebab mengganggu jalannya pemilihan presiden 2016.

Hinga ketika ini, Bitdefender belum yakin kalau varian virus Mac Xagent bisa menyusup ke pengguna, tapi ada kemungkinan disebarkan lewat downloader malware macOS yang disebut Komplex yang punya kemampuan mengeksploitasi "vulnerability" ibarat aplikasi MacKeeper.

Bagaimana cara menghindari tanpa menghapus virus Xagent di Mac?


Sebaiknya, untuk mencegah penyebaran virus Xagent ini, pengguna Mac diharapakan dihentikan sembarang download aplikasi selain dari App Store Mac atau dari developer yang tidak terperinci dan Bitdefender, perusahaan antivirus dari laman Ars Technica bahwa virus Mac "Xagent" ini sebelumnya telah berhasil menyusup di perangkat Windows, iOS, Android dan Linux.

Saat ini, Xagent mengintai pengguna Mac. Bahkan menurutnya, virus Xagent varian pertama dipercaya bisa menyerang atau menyusup ke perangkat Mac dikutip dari Mac Rumors.

Kabarnya, virus Mac terbaru - Xagent ini yakni "backdoor" yang bisa mencuri password, mendeteksi sistem konfigurasi, menjalankan file, download update terbaru macOS.