Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Animasi Masking Keren Di After Effect Cc

 sebelumnya kita pernah menciptakan sebuah animasi sederhana di after effect Cara Membuat Animasi Masking Keren di After Effect CC

belajarnyata.com - Hallo sobat belajar, sebelumnya kita pernah menciptakan sebuah animasi sederhana di after effect. Sebenarnya ini saya gres update lagi perihal tutorial animasi di adobe after effect. Namun yang kita animasi kan dengan cara Masking yang di tambahkan animasi smooth menciptakan tambah kece tentunya hehe..

Memang diluar sana orang sudah menyediakan aneka macam tutorial menarik perihal masking adobe after effect ini. Tapi, saya akan merubah tutorial kedalam text dan gambar jikalau kalian yang enggan membuka youtube alasannya takut kuota habis hehe, masih mending yang menggunakan Wifi kan..

Insya allah saya akan menciptakan channel youtube berisi konten seputar tutorial, Namun saya harus melalui waktu yang tidak cukup untuk menciptakan tutorial dengan video. Memang tutorial lebih afdol dengan video, ya alasannya memang sangat efektif untuk gampang di mengerti oleh orang yang awam. Sementara ini saya menciptakan hanya sekitar goresan pena saja untuk mengingat dikala di kemudian hari saya lupa lagi hehehe.. Kan video tuh banyak menyimpan ruangan hardisk kalau di artikel sanggup di susukan kemana saja. 

Oke, kita kembali ke topik saja.. Bagaimana sih cara menciptakan animasi masking di Adobe After Effect CC ini ya ? Untuk selanjutnya kalian sanggup melihat langkah step by step di bawah ini yaa..

1. Buka adobe after effect kalian.. Versi lampau juga engga masalah

2. Buatlah New Project.

3. Kita akan menciptakan komposisi gres pada hidangan Composition > New Composition > Beri nama dan atur resolusi dengan 1280x720p.

4.Setelah itu, tulis text atau apa saja yang ingin kalian masking.. Contoh ibarat dibawah ini menggunakan sebuah text.


5. Sekarang kita akan melaksanakan masking text dengan cara harus menciptakan penghalang terlebih dahulu, ibarat Shape maupun Layer.. Contoh menggunkan Shape




6. Untuk menaruhkannya bebas, terserah kalian.. Karena nanti text akan di simpan di belakang Shape atau layer yang telah di buat. Contoh text akan di pindahkan ke belakang Shape ibarat ini




7. Oke, selanjutnya kita akan beri sedikit animasi dengan memindahkan sebuah posisi text yang pertama pilih icon Clock pada Position ibarat ini




8. Pindahkan TimeLine sedikit ke kanan dengan jarak durasi sekita 01,30 detik.. Di Perpendek juga boleh.. Karena durasi ini menentukan kecepatan pada sebuah animasi perpindahan posisi pada text



9. Pada timeline ini, ubahlah posisi text tadi dari posisi awal ialah belakang Shape menjadi di bawah Shape yang nantinya pada timeline otomatis akan berkembang menjadi sebuah animasi.. Namun masih agak kaku animasinya..


10. Untuk memperbaiki animasi yang telah dibuat.. Kita akan memperbaki dengan cara menggunakan trik berikut ini.. Block pada timeline kedua tanda ini dan tekan F9.. Lalu pilih Graph Editor ( Kotak terdapat ibarat statistik ) sebelah icon blur sebelah atas kiri..


11. Kita atur untuk menari tali berwarna kuning yang sebelah kanan dengan tarik ke sebelah kiri.



12. Kembali ke hidangan awal.. Pada Masking utama ialah mengubah pada komlom merah menjadi Toggle Switch..


13. Setelah itu, pada Layer Text (belajarnyata.com) merubah None dari No Track Matte akan menentukan salah satu, dan kita pilih mode Alpha Inverted Matte "Shape Layer 1"


14. Shape tadi yang kita buat berawal menjadi merah akan hilang atau tidak akan terlihat. Namun text yang menutupi oleh Shape tadi akan bekerja ibarat biasa.. Karena trik Animasi Masking ini menutupi layer oleh layer lagi. Seperti berikut ini.


Untuk mengetahui lebih niscaya apakah berhasil atau tidak.. Anda sanggup menunjukan dengan melihat gambar GIF di bawah ini yaa..


Nah, begitu teman-teman cara menciptakan animasi masking di adobe after effect.. Sekian saja yang sanggup saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!