Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Rotasi Bergulir Text 3D Dengan After Effect Cc


belajarnyata.com - Hallo kawan, pada kesempatan kali ini admin akan menyebarkan sedikit ilmu untuk menciptakan effect bergulir pada sebuah teks sedikit ada animasi yang akan memperkeren effect bergulirnya. 

Teks yang ini akan mempunyai kegunaan sekali bila anda ingin menciptakan sebuah typography kinetik yang berdominasi teks yang beranimasi saja. Selain itu anda dapat dipakai diberbagai video kreasi kalian.

Untuk Pembuatannya tidak rumit kok, yang kita butuhkan cuman rotation dan penambahan sedikit mengatur kecepatan keyframe yang ada di tools After Effect tersebut. Oke pribadi saja ke praktek dengan simak langkah berikut ini :

Langkah Pertama  
Buka Adobe After Effect kalian, bebas mau beda versi apa saja, yang dipakai saya versi creative cloud 15.

Langkah Kedua 
Buatlah Composition gres dengan ukuran Width 1920 Height 1080, Frame Rate 29,97, Duration 5 detik dan Beri nama Full Text Comp pada Composition kalian.


Langkah Ketiga
Kita akan buat lagi sebuah new composition untuk mengedit text dengan Width 1000 Height 200 dan duration 2 detik saja dengan nama Text 1 pada composition kalian.


Langkah Keempat
Kembali lagi anda ke composition yang kesatu telah di buat, Lalu anda buat Layer > New > Solid > Atur Solid dengan nama Background, Warna dan Ukuran sesuai dengan ukuran composition yang pertama.  


Langkah Kelima
Pada composition Text 1 buatlah text dengan sesuai yang di inginkan, teladan admin akan menambahkan WELCOME pada composition text 1



Langkah Keenam
Beralih lagi pada Composition Full Text Comp yang telah di beri Layer background tadi, kemudian pada kolom Project > Composition Text 1 > Drag ke  Time Line di atas Layer Background.


Langkah Ketujuh
Kunci pada Layer Background, Lalu kita akan menampilkan Rulers agar dapat lebih rapi dan teratur, Langkahnya dengan cara menuju sajian View > Show Rulers > Drag Rulers yang Vertikal simpan di samping kiri kanan teks.

Langkah Kedelapan
Pada Layer Composition Text 1 pada Timeline centang Box 3D dan Blur Effect untuk dapat menciptakan sebuah animasi yang bergulir secara 3 Dimensi.

Langkah Kesembilan
Pada timeline yang telah di centang, kita akan menambahkan sebauah keyframe Position, Rotation, dengan hukum ibarat pada gambar di bawah ini.

Pada Position geserkan ke kanan dan kiri, Lihat perhatikan garis pada Timeline kan Keyframe Position ke arah kiri, bila Keyframe sebelumnya yang pertama ke arah kanan. Pastikan bila anda menggeser teks tersebut setengahnya saja dari titik pusat.



Setelah anda menggeserkan posisi teks tersebut, Lalu putarkan karakter W hingga ke belakang dan yang tadi posisi kanan Rotasinya karakter E yang kebelakang, Anda paham ? Bila Ada kekeliruan comment di bawah.

Tipsnya, anda mengatur pada Angka Rotation Y, bila anda belum menemukan Rotation Y klik centang lambang Box untuk dapat 3D. 

 
Langkah Kesepuluh
Pada Keyframe yang telah dibentuk kita akan menambahkan sedikit embel-embel dengan merubah alur animasi yang akan lebih lembut dan tidak kaku. 

Dengan Cara Block Keyframe dari Position, dan Rotation tadi pribadi tekan F9 pada keyboaed kalian, kemudian pergi ke sajian Graphic di samping bluring.

Langkah Kesebelas
Setelah itu, Duplicate Text 1 kemudian rubah teks yang di dalam compostion tersebut dengan mengklik composition tersebut, jangan lupa rubah nama dengan Text 2.

Bila kalian sudah merubah text dan di Drag ke dalam Timeline, Copy Keyframe yang telah di buat tadi dengan cara tekan Ctrl+C, Pastekan di Layer Text 2 tadi hingga atur ibarat gambar di bawah ini.

Untuk seterusnya kalian dapat berkreasi sesuai keinginan, Bila tidak ada kejelasan pada langkah tersebut anda komen di bawah dengan sesuai hambatan kalian, mohon maaf bila terjadi kesalahan, dan terima kasih atas kunjungannya.