Cara Menciptakan Tabel Dan Penjabarannya Di Microsoft Word
Artikel saya kali ini membahas ihwal cara menciptakan Table pada Microsoft Word dengan gampang dan klasifikasi maksud per menu, sehingga anda gampang memahami apa yang saya tuliskan.
Table pada Microsoft Word pada umumnya dipakai untuk memisahkan suatu kata yang berbeda maksud atau jenis dengan garis sebagai pemisahnya sehingga kata atau goresan pena gampang di pahami pembaca,
Pada setiap aktivitas yang meliputi jasa percetakan atau aktivitas perkantoran, tabel sering dipergunakan untuk menciptakan beberapa data, disamping itu cara menciptakan dan menjalankan tabel ms word pun terbilang mudah, berikut dibawah ialah langkah - langkah menciptakan tabel pada Microsoft OfficeWord yang sudah saya beri pola serta gambar dengan impian anda gampang menyerap klarifikasi dari saya.
Pada setiap aktivitas yang meliputi jasa percetakan atau aktivitas perkantoran, tabel sering dipergunakan untuk menciptakan beberapa data, disamping itu cara menciptakan dan menjalankan tabel ms word pun terbilang mudah, berikut dibawah ialah langkah - langkah menciptakan tabel pada Microsoft OfficeWord yang sudah saya beri pola serta gambar dengan impian anda gampang menyerap klarifikasi dari saya.
- Kemudian klik sajian Tabel, maka akan muncul pilihan kotak-kotak tabel, pada praktiknya saya menciptakan 8x4, cara memilihnya dengan melintasi gambar kotak tersebut, setelah itu klik, maka lembar kerja Microsoft Word anda menampilkan tabel. seperti pada gambar di bawah ini.
- Pada tahap ketiga, lembar kerja secara otomatis berada pada mode Design Table Tools atau istilahnya pemolesan tabel, di sajian tabel tools pada page setup terdapat banyak sajian di antaranya.3.1 Pada Group Menu Table Style, terdapat beberapa bentuk Colum, diantaranya.
3.1.1 Shading untuk memberi warna pada kolom table.
3.1.2 Borders untuk merubah mode garis.
3.2 Pada Group Menu Draw Border, terdapat beberapa pilihan bentuk garis serta ukuran garis, diantaranya.
3.2.1 Pen Color, untuk menentukan warna garis,
3.2.2 Draw Table, untuk menambahkan garis,
3.2.3 Eraser, untuk menghapus garis tertentu.
- Setelah itu geser ke Table Tools Layout, Seperti namanya Layout yang berarti tata letak, mempunyai fungsi untuk pengaturan tata letak huruf, ukuran colum tabel serta penambahan colum secara cepat, menu-menu yang terdapat pada Table Tools Layout diantaranya :
(saya menjabarkan sesuai urutan gruop sajian nya)
4.1 Grup Menu Table, letaknya paling kanan pada monitor, terdapat beberapa sajian :
4.1.1 Select, sesuai namanya Select yang berarti seleksi, dan kalau sajian select di klik maka akan muncul 4 (empat) pilihan. diantaranya :
4.1.1.1 Select Cell, melakukan seleksi terhadap Cell.
4.1.1.2 Select Column, melakukan seleksi pada colum yang memuat kursor di dalamnya atau terdapat satu cell di dalam colum tersebut yang di seleksi sebelumnya.
4.1.1.3 Select Row, melakukan seleksu pada baris yang memuat kursor di dalamnya.
4.1.1.4 Select Table, melakukan seleksi pada seluruh table.
4.1.2 View Gridlines, merupakan garis bantu yang menawarkan posisi bingkai cell atau pada dasarnya penunjuk batas suatu cell.4.1.3 Properties, mengatur properti baris table. kalau di klik maka akan tampil kotak obrolan gres yang mempunyai 4 (empat) tab sajian properti diantaranya :
4.1.3.1 Table, fungsinya untuk mengatur posisi table, ketebalan cell tertentu serta bentuk cell tertentu pada lembar kerja dokumen.
4.1.3.2 Row, pengaturan baris tertentu, diantaranya :
4.1.3.2.1 Allow Row To Break Across Pages, jika di centang maka table yang panjang sanggup dilanjutkan di halaman yang berbeda.
4.1.3.2.2 Repeat As Header Row At The Top Of Each Page, jika di centang maka akan mengulang baris header di halaman baru.Selain itu pada tab Row terdapat juga tombol Previous Row dan Next Row yang fungsinya melihat tampilan sebelum dan setelah pada baris yang di atur tadi atau istilahnya riwayat.
4.1.3.3 Column, pengaturan bentuk Colum dan fungsunya hampir menyerupai dengan tab sajian row.
4.1.3.4 Cell, pengaturan bentuk properti cell, untuk merubah pengaturan ini. anda harus meng klik celect atau kursor pada posisi mode seleksi.
4.2 Group Menu Rows & Columns.
Pada group sajian ini ada beberapa pilihan menu, diantaranya :
4.2.1 Delete, untuk menghapus baris atau colum tertentu, dengan cara memblok terlebih dahulu baris atau colum tersebut.
4.2.2 Insert Above, fungsinya untuk menambah baris di atas cell, dengan cara meletakan kursor pada cell paling atas dan selanjutnya klik insert above.
4.2.3 Insert Below, fungsinya untuk menambah baris di bawah cell, dengan cara meletakan kursor pada cell paling bawah.
4.2.4 Insert Left, fungsinya untuk menambah baris sebelah kanan cell.
4.2.5 Insert Right, fungsinya untuk menambah baris sebelah kiri cell.
Cara tersebut sanggup dilakukan dengan cara celect atau blok baris terlebih dahulu.
4.3 Group Menu Merge, sesuai dengan artinya ialah menggabungkan, di group sajian ini terdapat beberapa sajian yang fungsinya untuk menggabungkan dan memekarkan beberapa cell.
4.3.1 Merge Cells, fungsinya ialah menggabungkan beberapa cell dengan cara meyeleksi atau memblok cell yang berdekatan, dan selanjutnya klik merge cell. seperti pola dibawah.
4.3.2 Split Cells, fungsinya ialah memekarkan cell yang berdekatan, dengan cara menyeleksi atau blok cell yang berdekatan, seperti pola di bawah pada baris ke 5 s/d 7.
4.3.3 Split Table, fungsinya untuk memisahkan cell tertentu dengan cara menyeleksi baris cell yang akan di pisahkan, seperti pola gambar dibawah, baris 5 s/d 8 saya pisahkan.
4.4 Group Menu Cells Size, merupakan kumpulan sajian yang befungsi mengatur ukuran cell pada table, beberapa sajian tersebut diantaranya :
4.4.1 Auto Fit, menu yang berfungsi untuk menentukan sifat otomatis suatu kolom, page stup terdapat 3 (tiga) pilihan diantaranya.
4.4.1.1 Auto Fit Content, kalau dipilih maka conten akan menyesuaikan dengan isi teks yang terdapat pada kolom.
4.4.1.2 Auto Fit Windows, fungsinya untuk menyesuaikan kelebaran kertas untuk hasil simpulan print out nantinya.
4.4.1.3 Fixed Column Width, menciptakan lebar kolom tetap atau tidak berubah.
4.4.1.4 Height, fungsinya untuk mengatur ukuran tinggi cell, anda sanggup dengan cara mengklik colum yang ingin anda rubah dan selanjutnya isikan ukuran tinggi pribadi sesuai dengan keinginan. atau dengan mengklik ikon arah panah atas dan bawah.
4.4.1.5 Width, fungsinya untuk mengatur ukuran lebar cell, cara kerjanya sama dengan sajian height di atas.
4.4.1.6 Distribute Rows, tujuannya supaya ketinggian baris terseleksi secara merata ukurannya.
4.4.1.7 Distribute Column, tujuannya supaya lebar colum terseleksi dengan merata ukurannya.
4.5 Group Menu Alignment, merupakan grup sajian yang meliputi pengaturan perataan text, menu-menu tersebut diantaranya.
4.5.1 Align, yang artinya meluruskan, sajian ini berbentuk ikon dengan gambar posisi text. anda tinggal menyesuaikan posisi text dengan mengklik ikon tersebut.
4.5.2 Text Direction, sesuai dengan artinya yakni arah, berfungsi untuk merubah arah text. seperti pola pada gambar di bawah.
4.5.3 Cell Margin, berfungsi untuk mengatur batas antara text dengan cell. tujuannya supaya text tidak terlalu berdekatan,
4.6 Group Menu Data, merupakan pengaturan kunci data, di sini terdapat beberapa sajian diantaranya.
4.6.1 Sort, merupakan sortiran atau pengurutan kunci abjad A-Z atau sebaliknya. pada dasarnya supaya gampang di kenali, perumpamaan anda memakai baris judul berarti harus ada nama dan identitas. kalau tidak ada baris judul berarti sortiran akan mengarah hanya pada jenis colum sesuai urutan.
4.6.2 Repeat Header Row, jenis sajian ini berfungsi mengulang judul baris pada halaman selanjutnya, caranya dengan meletakan kursor pada baris pertama kemudian klik sajian repeat header.
4.6.3 Convert To Text, fungsinya untuk mengkonversi text ke dalam tabel atau sebaliknya, dengan memakai tombol Tab pada keyboard sebagai kunci pemisah yang nantinya berfungsi sebagai cell, sebagai pola anda tuliskan rincian belanja sebagai berikut di lembar kerja dokumen Microsoft Word. dengan memakai Tab sebagai pemisah atau spasi.
Langkah kedua blok atau select text tersebut, selanjutnya arahkan mouse pointer ke sajian Insert, setelah itu klik Table dan pilih Convert text to table, maka akan muncul kotak obrolan gres dan atus menyerupai pola di bawah ini.
Dan klik Ok, maka karenanya akan menyerupai gambar dibawah ini.
4.6.4 Formula, berfungsi dalam hal perhitungan, sama halnya pada lembar kerja Microsoft Excel, perbedaanya ialah dari segi penulisan formulanya, untuk formula penjumlahan ke atas ialah "=sum(above)" tanpa tanda kutip dan untuk penjumlahan ke samping penulisan formulanya "=sum(left)" tanpa tanda kutip, sebagai pola penjumlahan ke atas saya menciptakan table dengan berisi angka sebagai berikut.
selanjutnya letakan kursor pada cell paling bawah, setelah itu klik sajian formula dan isikan kunci kata penjumlahan.