Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Dengan Mengenali Basic Microsoft Word 2016

 merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan semua orang untuk menciptakan berba Memulai dengan Mengenali Basic Microsoft Word 2016

BelajarNyata.com - Microsoft Word 2016 merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan semua orang untuk menciptakan banyak sekali dokumen, termasuk surat, resume, dan banyak lagi. Pada pelajaran ini Anda akan berguru cara menavigasi antarmuka kata dan menjadi mengetahui dengan beberapa fitur yang paling penting, ibarat pita, Quick Access Toolbar, dan Backstage View.

Mengenal Microsoft Word 2016

Word 2016 ini ibarat Word 2013 dan Word 2010. Jika Anda sebelumnya memakai kedua versi, maka Word 2016 harus merasa sudah terbiasa. Tetapi kalau Anda gres ke Word ini atau mempunyai lebih banyak pengalaman dengan versi lama, Anda harus terlebih dahulu mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka Microsoft Word 2016.

Antarmuka Tampilan Word 2016

Ketika Anda membuka word untuk pertama kalinya, mulai layar akan muncul. Dari sini, Anda akan bisa menciptakan dokumen baru, menentukan template, dan mengakses dokumen gres saja diedit. Dari layar mulai, Cari dan pilih dokumen kosong untuk mengakses tampilan microsoft word.


Setelah pilih dokumen kosong atau blank putih ini, akan mempunyai tampilan ibarat gambar dibawah ini, akan ada beberapa klarifikasi dari segi hidangan dan fungsi dari microsoft word 2016.



Bagi orang yang sudah pernah memakai microsoft word sebelumnya akan tidak abnormal lagi dari segi fungsi tools, menu, dan lainnya dari microsoft word. Namun, bagi pemula hal ini sangat galau apa saja yang harus dipakai untuk menciptakan sebuah makalah misalnya.

Penjelasan Menu-menu Micorosoft Word

File, Menu ini dikala anda ingin menciptakan sebuah document baru, save as document, print document, Share, export dan lainnya.

Home, Merupakan sebuah hidangan yang lebih fokus dalam mengedit sebuah text yang terdiri dari kolom copy, paste, Menu font, Blod, Underline, Italic, ukuran font, warna font, posisi font, paragraph spacing, warna background, border dan lainnya.

Insert, Menu ini untuk menambahkan sesuatu yang memang snagat penting untuk menciptakan sebuah document, apa saja hidangan itu ? ada Table, Insert gambar, gambar online, Shapes, Chart, Screnshoot, Online Video, Hyperlink, Edit Header, Edit Footer, Page Number, Text Box, Word Art, Object, Symbol dan lainnya.

Design, Merupakan hidangan lebih fokus terhadap tampilan ibarat Style posisi text di page, Macam-macam Warna, Font, Effect, dan lainnya.

Page Layout, Menu ini tidak kalah penting dengan Home yakni ibarat Margins, Orientation Page, Size, Colomns, Breaks, Line Number, Spacing dan lainnya.

Preference, pada hidangan ini memang penting tapi aku jarang memakai pada hidangan satu ini, memang ada apa saja dalam hidangan ini ? Table Of Content, Add Text, Update Table, Insert Ednote, Insert Citation, Insert Caption, dan lainnya.

Mailings, Merupakan sebuah hidangan yang berafiliasi dengan email secara online, apa saja dalam hidangan ini? Envelops, Labels, Start Mail Merge, SelectRecipient, Adress Block, Greeeting Line dan lainnya.

Review, Menu ini ada beberapa yang sangat penting kalau anda ingin mengoreksi kata bila ada kesalahan, pada hidangan ini ibarat Spelling And Grammar, Define, Tasaurus, Word Count, Translate, Leanguage, Track Change, dan lainnya.


Mengenal Menu Ribbon Display Option

 

Auto-hide Ribbon : Auto-Sembunyikan menampilkan dokumen Anda dalam modus layar penuh dan benar-benar menyembunyikan pita dari pandangan. Untuk memperlihatkan pita, klik perintah memperluas pita di bab atas layar.

Show tab : Pilihan ini menyembunyikan semua kelompok perintah dikala mereka sedang tidak digunakan, tapi tab akan tetap terlihat. Untuk memperlihatkan pita, klik tab.

Show Tabs and Commands : Opsi ini memaksimalkan pita. Semua tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default dikala Anda membuka Word untuk pertama kalinya

Mengenal Fitur Quick Access Toolbar

Terletak sempurna di atas pita, Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah umum tidak peduli yang tab yang dipilih. Secara default, ini memperlihatkan Save, membatalkan, dan mengulang perintah, tetapi Anda sanggup menambahkan perintah lain tergantung pada kebutuhan Anda.

Untuk menambahkan perintah ke Toolbar susukan cepat:
Klik tanda panah drop-down di sebelah kanan Toolbar susukan cepat.menambahkan perintah ke Toolbar susukan cepat:


Pilih perintah yang Anda ingin menambahkan dari menu.


Perintah akan ditambahkan ke Quick Access Toolbar. Seperti aku contohkan menambahkan Quick Print yang akan tampil di pinggir hidangan quick tools. Makara fungsi ini dikala pengguna ingin print secara cepat selain di Ctril+P ditampilan word tinggal menekan icon print.




Cara Menampilan Ruler 

Pertama anda menentukan hidangan View > Ruler dan centang pada kolomnya.

Ruler atau penggaris akan muncul sehabis di centang, dari ruler ini mempunyai banyak kegunaan yang berafiliasi dengan menyusun dokumen.
 

Menerapkan Text di page word

Kita akan uji coba memakai beberapa paragraf ibarat penggunaan Bold, Italic, Underline dan pada kolom hidangan home lainnya.

Secara gamblang aku memperlihatkan text secara default memakai font Times New Roman ukuran 11.


Setelah memakai Italic dengan cara block semua text dengan menekan Crtl+A kemudian rubah dengan menekan I pada kolom home

 Kita akan merubah spasi paragraf menjadi lebih terjarak dengan cara pilih hidangan pada kolom dibawah ini yang berawal dari 1.0

Setelah dirubah menjadi 1.5 akan otomatis merubah jarak antar text menjadi lebih anggun dibandingkan terlihat padat.

Mengenal Tool Read Mode dan Zoom pada tampilan Word

Menu Zoom ini terletak di bawah pojok kanan ibarat gambar dibawah ini:

 Saya akan memakai read mode yang akan tempilan menjadi lebih luas


 Ketika memakai Tools Zoom akan lebih tampak terperinci dan lebih dekat

Sekian saja tutorial dari aku mengenal Basic Microsoft Word 2016, untuk selebihnya aku akan menciptakan postingan lain wacana Word bagaimana cara lebih luas lagi bermain dengan Word 2016 ini hehehe.. 

Mudah-mudahan bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan cara memakai microsoft bagi pemula dan selamat mencoba!