Kurikulum 2013 Mts : Ki - Kd Fiqh
Lanjut lagi .... posting berisi Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) untuk Mata Pelajaran Fiqh Tingkat MTs versi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab (PAI dan Bahasa Arab) yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. tingkat satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah ( MTs ).
C. FIKIH
C.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1 | Meyakini ketentuan bersuci dari hadas, najis. |
1.2 | Menghayati ketentuan shalat lima waktu | ||
1.3 | Meyakini ketentuan shalat berjamaah | ||
1.4 | Menghayati makna adzan dan iqomah | ||
1.5 | Meyakini manfaaat dzikir dan doa | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghayati kaifiah bersuci dari hadas,najis. |
2.2 | Menghayati hikmah shalat lima waktu | ||
2.3 | Menghayati nilai-nilai positif dalam shalat berjamaah | ||
2.4 | Menghayati makna adzan dan iqomah | ||
2.5 | Menghayati hikmah berdzikir dan doa sesudah shalat | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1 | Memahami najis dan tata cara mensucikan |
3.2 | Menganalisis hadas dan kaifiahmensucikan | ||
3.3 | Memahami waktu-waktu shalat lima waktu | ||
3.4 | Memahami ketentuan sujud sahwi | ||
3.5 | Memahami ketentuan azan dan iqamah | ||
3.6 | Menganalisis ketentuan shalat berjamaah | ||
3.7 | Memahami tatacara berdzikir dan berdo’a sesudah shalat | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan tatacara bersuci |
4.2 | Mempraktikkan azan dan iqamah | ||
4.3 | Mempraktikkan shalat lima waktu | ||
4.4 | Memperagakan sujud sahwi | ||
4.5 | Mendemonstrasikan tatacara shalat berjama’ah | ||
4.6 | Mendemonstrasikan zikir sesudah shalat | ||
4.7 | Menghafalkan do’a sesudah shalat |
C.2. KELAS VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1 | Meyakini kewajiban melaksanakan shalat Jum’at |
1.2 | Menerima ketentuan sholat jama’/qoshor | ||
1.3 | Meyakini kewajiban shalat dalam banyak sekali keadaan. | ||
1.4 | Menghayati pesan tersirat dari shalat sunnah | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghayati nilai-nilai positif dalam shalat Jum’at |
2.2 | Menghayati nilai-nilai positif dalam sholat jama’ dan qoshor | ||
2.3 | Menghayati nilai-nilai positif dalam melaksanakan shalat wajib dalam banyak sekali keadaan | ||
2.4 | Menghayati nilai-nilai positif dalam melaksanakan shalat sunnah | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1 | Memahami ketentuan shalat jumat |
3.2 | Menganalisis ketentuan khutbah Jum’at | ||
3.3 | Memahami ketentuan sholat jama’ dan qoshor | ||
3.4 | Memahami kaifiat shalat dikala sakit | ||
3.5 | Menganalisis kaifiat shalat diatas kendaraan | ||
3.6 | Memahami ketentuan shalat sunah muakkad | ||
3.7 | Menganalisis shalat sunah ghoiru muakkad | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mempraktikkan shalat Jum’at |
4.2 | Mendemonstrasikan khutbah jumah | ||
4.3 | Mempraktekan sholat jama’ dan qoshor | ||
4.4 | Memperagakan shalat dalam keadaan sakit | ||
4.5 | Mempraktikkan shalat diatas kendaraan | ||
4.6 | Mempraktikkan shalat sunah muakkad | ||
4.7 | Mempraktikkan shalat sunah ghoirumuakkad |
C.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghayati pesan tersirat sujud tilaawah |
1.2 | Menghayati pesan tersirat syukur | ||
1.3 | Menghayati pesan tersirat ibadah puasa | ||
1.4 | Menghayati pesan tersirat zakat | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Membiasakan sujud tilaawah dalam kehidupan sehari-hari |
2.2 | Membiasakan sikap bersyukur kepada Allah SWT. | ||
2.3 | Memiliki sikap tenggang rasa dan simpati sebagai implementasi pesan tersirat dari puasa | ||
2.4 | Membiasakan sikap gemar memberi sebagai inplementasi pesan tersirat dari zakat. | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1 | Memahami ketentuan sujud syukur |
3.2 | Memahami ketentuan sujud tilaawah | ||
3.3 | Menganalisis ketentuan ibadah puasa | ||
3.4 | Menganalisis ketentuan pelaksanaan zakat | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Memperagakan tata cara sujud syukur |
4.2 | Memperagakan tata cara sujudtilaawah | ||
4.3 | Menyajikan ketentuan ibadah puasa | ||
4.4 | Menyajikan ketentuan pelaksanaan zakat |
C.4. KELAS VIII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghargai perintah bersedekah, hibah dan memberikan hadiah. |
1.2 | Menghayati nilai-nilai ibadah haji dan umrah | ||
1.3 | Mengamalkan ketentuan mengkonsumsi makanan yang halalan thoyiban | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghargai nilai-nilai positif ibadah haji dan umrah |
2.2 | Membiasakan bersedekah, hibah dan memberi hadiah | ||
2.3 | Membiasakan diri mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1 | Memahami ketentuan sedekah, hibah dan hadiah |
3.2 | Mengidentifikasi tata cara melaksanakan haji | ||
3.3 | Mengidentifikasi tata cara melaksanakan umrah | ||
3.4 | Menganalisis ketentuan makanan halal-haram | ||
3.5 | Menganalisis ketentuan minuman halal-haram | ||
3.6 | Mengetahui tatacara mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mensimulasikan tata cara sedekah, hibah dan hadiah |
4.2 | Mesimulasikan tata cara haji dan umrah | ||
4.3 | Mempraktikkan tatacara mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik |
C.5. KELAS IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1 | Menerima perintah berkurban dan akikah |
1.2 | Menghayati ketentuan jual beli dan qiradl | ||
1.3 | Menghargailarangan riba dalam jual beli | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghargai nilai-nilai kurban dan akikah |
2.2 | Mengamalkan ketentuan jual beli dan qiradh | ||
2.3 | Membiasakan menghindari praktik riba | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1 | Memahami kaidah menyembelih binatang |
3.2 | Memahami ketentuan kurban | ||
3.3 | Memahami ketentuan akikah | ||
3.4 | Memahami ketentuan jual beli | ||
3.5 | Memahami ketentuan qiradh | ||
3.6 | Menganalisis larangan riba | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Memberi referensi menyembelih kurban |
4.2 | Memberi referensi tatacara pelaksanaan akikah | ||
4.3 | Mempraktikkan pelaksanaan jual beli, | ||
4.4 | Mensimulasikan pelaksanaan qirodl | ||
4.5 | Mensimulasikan tatacara menghidari riba |
C.6. KELAS IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghayati ketentuan pinjam meminjam |
1.2 | Menghayati nilai-nilai utang piutang | ||
1.3 | Menghayati ketentuan gadai | ||
1.4 | Meyakini setiap orang akan mati | ||
1.5 | Menghargai nilai keadilan dalam waris | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Mengamalkan ketentuan pinjam meminjam, utang piutang dan gadai |
2.2 | Membiasakan dirimemberikan upah sesuai ketentuan | ||
2.3 | Menghayat pelajaran penting bertakziah | ||
2.4 | Membiasakan menegakan ketentuan waris | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1 | Memahami ketentuan pinjam meminjam |
3.2 | Memahami ketentuan utang piutang | ||
3.3 | Menganalisis ketentuan gadai | ||
3.4 | Menjelaskan ketentuan upah | ||
3.5 | Memahami ketentuan pengurusan jenazah, (memandikan,mengkafani,menshalati, menguburkan) ta’ziyah dan ziarah kubur | ||
3.6 | Memahami ketentuan waris | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mempraktikkan tata cara pelaksanaan utang piutang |
4.2 | Mensimulasikan tatacara gadai | ||
4.3 | Mensimulasikan tata cara pelaksanaan dukungan upah | ||
4.4 | Mendemonstrasikan tata cara memandikan dan mengkafani jenazah | ||
4.5 | Mendemonstrasikan kaifiah shalat jenazah |
selanjutnya KI KD Mata Pelajaran SKI untuk MTs, SILAKAN BUKA DARI SINI