Kurikulum 2013 Mts : Ki - Kd Ski
Sejarah Kebudayaan Islam atau yang lebih kerap di dengar dengan sebutan SKI, kali ini share Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk mata pelajaran tersebut, dari Kurikulum 2013 untuk tigkat satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Seperti pada posting posting KI-KD sebelumnya, masih tetap menentukan cara dengan memilah per mata pelajaran per satuan pendidikan.
D. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam
D.1. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VII Semeter 1
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1 | Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Merespon keteladanan usaha Nabi dan para sobat dalam menghadapi masyarakat Makkah. |
2.2 | Merespon keteladanan usaha Nabi dan para sobat dalam menghadapi masyarakat Madinah. | ||
2.3 | Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang. | ||
2.4 | Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat. | ||
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan |
3.2 | Memahami misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat. | ||
3.3 | Memahami pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah | ||
3.4 | Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah | ||
4 | Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. | 4.1 | Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq 1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW |
4.2 | MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir 1-7 yang merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW | ||
4.3 | MelafalkanQ.S. Asy Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. | ||
4.4 | Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Makkah | ||
4.5 | Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Madinah |
D.2. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VII Semeter 2
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghargai sikap Khulafaaur-raasyidiin cerminan dari akhlak Rasulullah SAW. |
1.2 | Merespon langkah-langkah yang diambil oleh khalifah daulah Bani Umayyah untuk kemajuan umat Islam dan budaya Islam | ||
1.3 | Merespon keshalihan dan kesederhanaan Umar bin Abdul Azis merupakan cerminan sikap Rasulullah SAW. | ||
1.4 | Merespon diri dari sisi-sisi negatif sikap para penguasa daulah Dinasti Umayah | ||
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Merespon nilai-nilai yang terkandung dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaaurraasyidiinuntuk masa kini dan yang akan datang. |
2.2 | Merespon gaya kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin. | ||
2.3 | Merespon nilai-nilai dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang. | ||
2.4 | Menghargai kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz dalam kehidupan sehari-hari. | ||
2.5 | Menghargai keteladanan semangat para ilmuan muslim pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang. | ||
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami banyak sekali prestasi yang dicapai oleh Khulafaaurraasyidiin. |
3.2 | Memahami sejarah berdirinya Dinasti Bani Umayyah. | ||
3.3 | Memahami perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah. | ||
3.4 | Memahami tokoh ilmuwan muslim dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah. | ||
3.5 | Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis. | ||
4 | Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. | 4.1 | Meniru model kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin. |
4.2 | Menceritakan kisah ketegasan Abu Bakar as-Siddiq dalam menghadapi kekacauan umat Islam ketika wafatnya Nabi Muhammad SAW. | ||
4.3 | Menceritakan kisah perihal kehidupan Umar bin Abdul Azis dalam kehidupan sehari-hari. |
D.3. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semeter 1
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghayati upaya Dinasti Bani Abbasiyah mendirikan Daulah merupakan potongan dari perkembangan kebudayaan Islam. |
1.2 | Menghargai nilai-nilai positif dari khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang menonjol. | ||
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghargai semangat berguru para ilmuan muslim di masa Dinasti Abbasiyah sehingga bisa membawa puncak kejayaan kebudayaan dan peradaban Islam. |
2.2 | Menghargai nilai-nilai pemikiran dari perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang. | ||
2.3 | Menghargai keteladanan yang berupa ketekunan dan kegigihan khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang terkenal. | ||
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami latar belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah |
3.2 | Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah | ||
3.3 | Memahami tokoh ilmuwan muslim: Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, al-Razi (ahli kedokteran), Al Kindi, Al Ghazali, Ibn Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan andal kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi (ahli Astronomi) dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah | ||
3.4 | Memahami para ulama’: penyusun kutubussittah (ahli Hadis), empat imam madhab (ahli fikih), Imam At-Thabari, Ibnu Katsir (ahli Tafsir) dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah. | ||
4 | Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. | 4.1 | Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah. |
4.2 | Menceritakan biografi dan karya para ilmuan muslim pada masa Dinasti Abbasiyah. | ||
4.3 | Menunjukkan pola keindahan kota Baghdad sebagai wujud kemajuan budaya dimasa Dinasti Abbasiyah. |
D.4. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semeter 2
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghargai usaha Shalahuddin al-Ayyubi untuk menegakkan agama Allah SWT. |
1.2 | Menghargai usaha dalam mensyiarkan kebenaran sesuai kondisi kini yang lebih menitikberatkan aspek humanis (kemanusiaan). | ||
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Merespon perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang. |
2.2 | Menghargai semangat para pendiri dinasti Al Ayyubiyah. | ||
2.3 | Menghargai keteladanan sikap keperwiraan, zuhud, dan kedermawanan Shalahuddin al-Ayyubi dalam kehidupan sehari-hari | ||
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami sejarah berdirinya DinastiAl Ayyubiyah |
3.2 | Memahami para para pendiri dinasti Al Ayyubiyah | ||
3.3 | Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa penguasa Ayyubiyah | ||
3.4 | Memahami penguasa Dinasti Al Ayyubiyah yang populer | ||
3.5 | Memahami ilmuwan muslim Dinasti Al Ayyubiyah dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam | ||
4 | Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. | 4.1 | Menceritakan terjadinya insiden perang Salib. |
4.2 | Menceritakan kegigihan Salahuddin Yusuf al-Ayyubi dalam merebut kembali masjidil Aqsha. | ||
4.3 | Menceritakan biografi tokoh yang populer pada masa Dinasti Al Ayyubiyah. | ||
4.4 | Menunjukkan pola tugas para ilmuwan muslim Dinasti Al Ayyubiyah. |
D.5. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas IX Semeter 1
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghargai nilai-nilai usaha Walisongo dalam mensyiarkan Islam. |
1.2 | Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Abdul Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyári dalam beramar ma’ruf nahi munkar. | ||
1.3 | Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam berguru dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia. | ||
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghargai sikap akil dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki para penyebar agama Islam di Indonesia. |
2.2 | Menghargai keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia . | ||
2.3 | Menghargai keteladanan semangat usaha para penyebar agama Islam yang tulus dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran. | ||
2.4 | Menghargai terhadap peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai usaha mereka ke arah anarkhis (kekerasan). | ||
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran. |
3.2 | Memahami bukti masuknya Islam di nusantara era ke 7, 11 dan 13. | ||
3.3 | Memahami faktor penyebab mudahnya perkembangan Islam di Nusantara. | ||
3.4 | Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. | ||
3.5 | Memahami para tokoh dan kiprahnya dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári) | ||
3.6 | Memahami tugas para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári) | ||
3.7 | Menerapkan semangat usaha walisongo dalam mengembangkan agama Islam di Indonesia | ||
3.8 | Memahami semangat usaha Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyáridalam mengembangkan agama Islam di Indonesia. | ||
4 | Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. | 4.1 | Menceritakanalur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia. |
4.2 | Menceritakanperjuangan walisongo dalam mengembangkan agama Islam di Indonesia. | ||
4.3 | Menceritakankisah usaha walisongo dalam mengembangkan agama Islam di Indonesia. | ||
4.4 | Menceritakanbiografi Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári dalam mengembangkan agama Islam di Indonesia. |
D.6. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas IX Semeter 2
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1 | Menghargai tradisi dan budaya Islam merupakan potongan dari hasil kebudayaan umat Islam di Indonesia. |
1.2 | Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami. | ||
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara. |
2.2 | Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura). | ||
3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal sebagai potongan dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura). |
3.2 | Menerapkan seni budaya lokal sebagai potongan dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura). | ||
4 | Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. | 4.1 | Menunjukkan pola bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura. |
4.2 | Mensimulasikan bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura. |
selanjutnya KI-KD Bahasa Arab Kurikulum 2013 untuk MTs