Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp Kelas Vi Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Merasa capai sehabis berselancaria by expedisi cari sana cari sini copy sana copi sini, sehabis menemukan yang agak agak sreg gituh, simpan dalam hardisk itu jimat yang namanya ErPePe untuk kelas VI.


Dan dengan impian untuk share alias berusaha membuatkan kemumetan dengan rekan rekan, sekarang satu demi satu, episode demi episode posting RPP Kurtilas untuk kelas VI ini.

Tentunya dimulai dari Tema 1 dan agar kedepannya masih punya kesempatan untuk posting tema 2 dan seterusnya hingga kelar untuk seluruh kelas VI.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan
:
MI AL FALAHIYAH PLOMPONG
Kelas / Semester
:
VI (Enam) / 1
Tema 1
:
Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1
:
Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran
:
1
Alokasi Waktu
:
1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan
:
..................... / ........................


A. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1   Menyimpulkan gosip berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
3.1.1  Menemukan wangsit pokok dan gosip penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2
4.1   Menyajikan simpulan secara mulut dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
4.1.1  Mengembangkannya dengan memakai bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.

IPS
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
3.1.1 Menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
2
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
4.1.1Menulis laporan wacana perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya

IPA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1  Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
3.1.1  Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
2
4.1  Menyajikan karya wacana perkembangangbiakan tumbuhan.
4.1.1  Melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya



C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah membaca teks wacana perkembangbiakan jagung, siswa bisa menemukan wangsit pokok dan gosip penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
  2. Setelah menemukan wangsit pokok dari bacaan, siswa bisa mengembangkannya dengan memakai bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
  3. Setelah mengamati bunga, siswa bisa mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan keuntungannya dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa bisa melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan keuntungannya dengan benar.
  5. Setelah membaca teks wacana ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa bisa menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa bisa menulis laporan wacana perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas


D. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pen dahulu an
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan mengusut kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk diubahsuaikan dengan aktivitas pembelajaran.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelamatkan Makhluk Hidup”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti
§   Guru membawa salah satu jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai materi makanan. Misalnya : singkong, ubi jalar, padi, atau yang lainnya.
§   Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
·      Apa yang kalian ketahui wacana tumbuhan ini?
·      Apa keuntungannya dalam kehidupanmu?
·      Apa yang ingin kalian ketahui tentang tumbuhan sebagai sumber makanan?’
§   Guru kemudian menuliskan tanggapan siswa di papan tulis dan memberikan bahwa mereka akan berguru wacana tumbuhan dan manusia. Communication
§   Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan tumbuhan sebagai sahabat manusia. Siswa dapat memberikan manfaat tumbuhan atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity and Innovation
§   Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§   Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. Collaboration
§   Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Guru melaksanakan evaluasi terhadap satu kelompok ketika mereka berdiskusi. Saat menilai, guru memakai rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini sanggup dinilai ketika mereka melaksanakan diskusi di kesempatan lain. Rubrik sanggup dilihat di halaman penilaian. Collaboration
§   Guru mengajak satu atau dua siswa untuk memberikan hasil diskusinya, kemudian memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai tanggapan yang diharapkan. Guru sanggup memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk menunjukkan komentar dari tanggapan yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru sanggup menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity and Innovation
Jawaban yang diharapkan yaitu sebagai berikut.
1.      Hewan dan insan memperoleh manfaat dari tumbuhan.
2.      Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:
·         Sumber energi bagi manusia.
·         Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
·         Sumber oksigen untuk bernapas.
·         Pengikat air tanah.
·         Peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.
3.      Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.
4.      Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan insan dan hewan. Tumbuhan yaitu produsen penghasil cadangan masakan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.
5.      Beberapa hal yang akan terjadi jikalau tidak ada tumbuhan adalah manusia dan binatang tidak mempunyai sumber masakan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.
§   Siswa melanjutkan aktivitas dengan membaca teks wacana tanaman jagung dalam hati. Mandiri

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Jagung merupakan salah satu

tanaman yang dijadikan bahan
makanan pokok di berbagai
tempat, juga di Indonesia.
Contohnya, penduduk Pulau
Madura menimbulkan jagung sebagai
makanan pokoknya. Jagung
merupakan salah satu tanaman
penghasil karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk menyerupai tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.
Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada cuilan ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di cuilan bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan cuilan tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan menunjukkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan yaitu biji jagung.
Petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia.
panen. Biji jagung yang renta sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh: Nuniek
§   Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.

§   Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan sahabat kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
§   Guru memberikan daftar periksa evaluasi kepada siswa. Communication
Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§   Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
§   Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
§   Siswa mengamati bagian–bagian bunga tepat berikut.

§   Siswa mencari gosip dari aneka macam sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
1.    Perkembangbiakan generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
2.    Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
3.    Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
4.    Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5.    Hasil dari pembuahan yaitu zigot.
6.    Zigot berubah menjadi lembaga, bakal biji berubah menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
7.    Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
§  Siswa mendiskusikan jadinya dengan kelompoknya. Collaboration
§  Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
§  Siswa membandingkan hasil gambarnya dengan gambar sahabat yang lain.
§  untuk mencari persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan tersebut.
§  Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa.
Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman belakang.
§  Setelah siswa membaca teks wacana bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta wacana ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§  Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk memberikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk memberikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
§  Guru menunjukkan penguatan wacana kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
§  Guru meminta siswa menentukan dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru memberikan bahwa sehabis mereka berguru wacana negara ASEAN, semua siswa harus menulis gosip wacana kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari gosip secara bertahap. Creativity and Innovation
§  Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan social budaya dari dua negara. Mereka sanggup memasukkan gosip wacana bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).

Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§  Siswa melaksanakan refleks  dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
§  Guru sanggup menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
150 menit
Penutup
§   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas
§   Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
§   Melakukan evaluasi hasil belajar
§   Menyanyikan lagu kawasan “Ampar-Ampar Pisang”
§   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius
15 menit


E. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Tumbuhan

Mengetahui
Kepala Madrasah




MUTHORIR ROSMAR, S.Pd.I
NIP. ---
……………….……, ………….2018
Guru Kelas VI B




ABDUL HAMID, S. Pd. I
NIP. 197003152005011003









LAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
  • Menemukan gosip dan wangsit pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan gosip dan wangsit pokok dalam bentuk tulisan.
  • Mengamati tumbuhan dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnya.
  • Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya

G. METODE PEMBELAJARAN 
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode         : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah





LAMPIRAN 2
H. Penilaian
Penilaian Sikap 
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..














Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

Penilaian
1. Diskusi 
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubric


Catatan: Centang (√) pada cuilan yang memenuhi criteria

                                             Total Nilai Siswa
Penilaian (penskoran): ---------------------------       X10
                                        Total Nilai Maksimal

                  2+3+1           6
Contoh:  --------   =  -----      X10 = 5
                 12                12

1.        Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan memakai daftar periksa.

1.        IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa



1.      IPA
Tabel dan goresan pena dinilai dengan daftar periksa


1.      Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(contoh terlampir di cuilan lampiran Buku Guru)
                Pengayaan
Mintalah siswa untuk membawa tumbuhan bunga yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya untuk didiskusikan cara perkembangbiakannya.
Siswa sanggup membawa tumbuhan keesokan hari sehabis mereka berguru wacana perkembangbiakan tumbuhan.

                Remedial
·         Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan tumbuhan sanggup mendiskusikannya dengan guru dengan mengamati kembali tumbuhan yang ada di sekitar.
·         Guru membantu siswa untuk menyebutkan cuilan bunga dan cara penyerbukannya.

Kerjasama dengan Orang Tua

·           Siswa diminta memperhatikan lingkungan  umahnya dan memperhatikan apakah ada tumbuhan yang berkembang biak secara generatif.
·           Siswa diminta memberikan jadinya kepada guru dan sahabat di sekolah.


itu hanya sub tema 1 saja sebagai sample, untuk tema 1 lengkap BISA DI AMBIL DARI SINI
NB :  Barang kali masih perlu di tata ulang, silakan di tata ulang, baik font, page maupu tata letak.