Kurikulum 2013 Mts : Ki - Kd Iktikad Akhlak
Melanjutkan posting wacana KI - KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, pada kesempatan posting kali ini insya Allah akan share Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar ( KI - KD ) untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Tingkat Madrasah Tsanawiyah ( MTs )
Mari kita lanjutkan ....
B. Aqidah Akhlak.
B.1. Aqidah Akhlak Kelas VII semester 1
B.2. Aqidah Akhlak Kelas VII semester 2
B.3. Aqidah Akhlak Kelas VIII semester 1
B.4. Aqidah Akhlak Kelas VIII semester 2
B.5. Aqidah Akhlak Kelas IX semester 1
B.6. Aqidah Akhlak Kelas IX semester 2
selanjutnya : KI KD MTs, Mata Pelajaran Fiqh, SILAKAN BUKA DARI SINI
Mari kita lanjutkan ....
B. Aqidah Akhlak.
B.1. Aqidah Akhlak Kelas VII semester 1
Kompetensi inti | Kompetensi dasar | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1. | Menghayati nilai-nilai Aqidah Islam |
1.2. | Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah., sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | ||
1.3. | Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari. | ||
1.4. | Menghayati budbahasa Shalat dan dzikir | ||
1.5. | Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. | Menampilkan sikap orang yang mengimani aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari |
2.2. | Menampilkan sikap mengimani sifat-sifat Allah | ||
2.3. | Membiasakan sikap ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari. | ||
2.4. | Terbiasa menerapkan budbahasa Shalat dan dzikir | ||
2.5. | Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahu nya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1. | Memahami dalil, dasar dan tujuan keyakinan Islam |
3.2. | Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat tidak mungkin dan jaiz bagi Allah SWT. | ||
3.3. | Memahami pengertian,contoh dan dampak positifsifat ikhlas, taat, khauf dan taubat | ||
3.4. | Memahami budbahasa Shalat dan dzikir | ||
3.5. | Menganalisiskisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. | Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran aqidah Islam |
4.2. | Menyajikan pola fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah SWT | ||
4.3. | Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari sikap ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan. | ||
4.4. | Mensimulasikan budbahasa Shalat dan dzikir | ||
4.5. | Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya |
B.2. Aqidah Akhlak Kelas VII semester 2
Kompetensi inti | Kompetensi dasar | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1. | Meyakinisifat-sifat Allah SWT melalui al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
1.2. | Meyakiniadanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk mistik lainnya ibarat jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan | ||
1.3. | Menolak budpekerti tercela riya’ dan nifaq | ||
1.4. | Menghayati budbahasa membaca Al Qur’an dan budbahasa berdoa | ||
1.5. | Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. | Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
2.2. | Memilikiperilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk mistik lainnya ibarat jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan | ||
2.3. | Membiasakan diri menghindari budpekerti tercela riya’ dan nifaq | ||
2.4. | Terbiasa menerapkan budbahasa membaca Al Qur’an dan budbahasa berdoa | ||
2.5. | Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahu nya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1. | Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
3.2. | Mendeskripsikan kiprah dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk mistik lainnya ibarat jin, iblis, dan setan | ||
3.3. | Memahami budpekerti tercela riya’ dan nifaq | ||
3.4. | Memahami budbahasa membaca Al Qur’an dan budbahasa berdoa | ||
3.5. | Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. | Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
4.2. | Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan wacana kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain selain malaikat | ||
4.3. | Mensimulasikan pola sikap riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari | ||
4.4. | Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi |
B.3. Aqidah Akhlak Kelas VIII semester 1
Kompetensi inti | Kompetensi dasar | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1. | Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT |
1.2. | Menghayati nilai tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat | ||
1.3. | Menolak sikap ananiah, putus asa, ghadab, dan tamak. | ||
1.4. | Menghayati budbahasa yang baik kepada kepada orang renta dan guru | ||
1.5. | Menghayati kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. | Menampilkan sikap yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT |
2.2. | Berperilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat | ||
2.3. | Membiasakan diri menghindari sikap ananiah, putus asa, ghadab, dan tamak. | ||
2.4. | Terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang renta dan guru | ||
2.5. | Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahu nya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1. | Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT |
3.2. | Memahami pengertian, pola dan dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qanaa’ah | ||
3.3. | Memahami pengertian, pola dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur (dihilangkan) | ||
3.4. | Memahami Adab kepada kepada orang renta dan guru | ||
3.5. | Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. | Menyajikan data dari banyak sekali sumber wacana kebenaran kitab-kitab Allah SWT |
4.2. | Menunjukkan contoh-contoh sikap budpekerti terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah) | ||
4.3. | Mensimulasikan akhir burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari | ||
4.4. | Mensimulasikan budbahasa kepada kepada orang renta dan guru | ||
4.5. | Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub |
B.4. Aqidah Akhlak Kelas VIII semester 2
Kompetensi inti | Kompetensi dasar | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1. | Beriman kepada Rasul Allah SWT |
1.2. | Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT | ||
1.3. | Meyakiniadanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) | ||
1.4. | Menghayati sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun | ||
1.5. | Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah | ||
1.6. | Menghayati budbahasa kepada saudara dan teman | ||
1.7. | Menghayatikisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. | Menampilkan sikap yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah |
2.2. | Meneladani sifat-sifatnya dalam kehidupan | ||
2.3. | Menampilkan sikap yang mencerminkan berimanpadamukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat | ||
2.4. | Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari | ||
2.5. | Terbiasa menghindari sikap hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari. | ||
2.6. | Terbiasamenerapakan budbahasa islamikepada saudara dan teman | ||
2.7. | Meneladanisifat-sifatutamaShahabat Abu Bakarra | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahu nya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1. | Memahamipengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT |
3.2. | Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT | ||
3.3. | Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) | ||
3.4. | Memahami pengertian, pola dan dampak positifnya sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun | ||
3.5. | Memahami pengertian, pola dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah | ||
3.6. | Memahami budbahasa kepada saudara dan teman | ||
3.7. | Manganalisis kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. | Menyajikan peta konsep pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT |
4.2. | Menyajikan peta konsep sifat-sifat Rasul Allah SWT | ||
4.3. | Menyajikan kisah-kisah dari banyak sekali sumber wacana adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) | ||
4.4. | Mensimulasikan dampak positif dari budpekerti terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun) | ||
4.5. | Mensimulasikan dampak negatif dari budpekerti tercela (hasad, dendam, ghibah, dan namiimah) | ||
4.6. | mensimulasikan budbahasa kepada saudara, teman | ||
4.7. | Menceritakan kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra |
B.5. Aqidah Akhlak Kelas IX semester 1
Kompetensi inti | Kompetensi dasar | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1. | Meyakiniakan adanya hari akhir. |
1.2. | Meyakinimacam-macam alam ghaib yang berafiliasi dengan hari final (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumulhisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) | ||
1.3. | Menghayati nilai berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan. | ||
1.4. | Menghayati budbahasa islami kepada kepada tetangga | ||
1.5. | Menghayati kisah Shahabat Umar bin Khattab ra | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. | Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir |
2.2. | Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap alam ghaib yang berafiliasi dengan hari final (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) | ||
2.3. | Membiasakan sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari | ||
2.4. | Terbiasamenerapkan budbahasa islami kepada tetangga | ||
2.5. | Meneladani sifat-sifat utama shahabat Umar bin Khattab ra | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahu nya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1. | Memahami pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta tanda dan kejadian yang berafiliasi dengan Hari Akhir tersebut |
3.2. | Memahami macam-macam alam mistik yang berafiliasi dengan hari final (‘alam barzah, yaumul ba’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) | ||
3.3. | Memahami pengertian, pola dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan. | ||
3.4. | Memahami Adab islami kepada kepada tetangga | ||
3.5. | Menganalisis kisah Shahabat Umar bin Khattab ra | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. | Menyajikan data dari banyak sekali sumber wacana fakta dan fenomena hari final dan alam ghaib lain yang berafiliasi dengan hari akhir |
4.2. | Menyajikan pola sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif | ||
4.3. | Menyajikan kisah-kisah dari fenomena kehidupan wacana dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif | ||
4.4. | Mensimulasikan budbahasa islami kepada tetangga | ||
4.5. | Menceritakan kisah keteladanan shahabat Umar bin Khattab ra |
B.6. Aqidah Akhlak Kelas IX semester 2
Kompetensi inti | Kompetensi dasar | ||
1. | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | 1.1. | Meyakinimacam-macam takdir yang berafiliasi dengan Qodha dan Qodar. |
1.2. | Menghayati budbahasa pergaulan sampaumur yang islami | ||
1.3. | Menghayati Adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada hewan dan tumbuhan, di daerah umum, dan di jalan | ||
1.4. | Menghayati kisah keteladanan shahabat Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib | ||
2. | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. | Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan kepada Qadha dan Qadar Allah |
2.2. | Menampilkan sikap budpekerti terpuji dalam pergaulan sampaumur dalam kehidupan sehari-hari. | ||
2.3. | Terbiasa beradab islami terhadap lingkungan, yaitu: kepada hewan dan tumbuhan, di daerah umum, dan di jalan | ||
2.4. | Meneladani sifat-sifat utama shahabat Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib | ||
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahu nya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1. | Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadha dan Qadar dan ciri-ciri sikap orang yang beriman kepadanya |
3.2. | Memahami pentingnya budpekerti terpuji dalam pergaulan sampaumur dan dampak negatif pergaulan sampaumur yang tidak sesuai dengan budpekerti Islam | ||
3.3. | Memahami budbahasa terhadap lingkungan, yaitu: kepada hewan dan tumbuhan, di daerah umum, dan di jalan | ||
3.4. | Menganalisis kisah keteladanan shahabat Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib | ||
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. | Menyajikan kisah-kisah dari banyak sekali sumber dalam fenomena kehidupan wacana Qadha dan Qadar |
4.2. | Menyajikan data dari banyak sekali sumber wacana dampak negative pergaulan sampaumur yang salah dalam fenomena kehidupan | ||
4.3. | Mensimulasikan pola sikap terpuji dalam pergaulan remaja | ||
4.4. | Mensimulasikan budbahasa terhadap lingkungan, yaitu: kepada hewan dan tumbuhan, di daerah umum, dan di jalan | ||
4.5. | Menceritakan kisah keteladaan Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib |
selanjutnya : KI KD MTs, Mata Pelajaran Fiqh, SILAKAN BUKA DARI SINI