Kurtilas Mts : Ki-Kd Bahasa Arab
Akhirnya hingga juga di penghujung posting wacana Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 untuk satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Dan mungkin kalau masih diberi kesempatan, rencananya akan dilanjut dengan posting KI-KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk satuan pendidikan Madrasah Aliyah (MA).
E. Bahasa Arab
E.1. KI dan KD Bahasa Arab Kelas VII Semester 1
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | 1.1 | Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah. |
2.2 | Menunjukkan sikap motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa. | ||
2.3 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata | 3.1 | Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسيةالألوان؛ baik secara verbal maupun tertulis. |
3.2 | Melafalkan suara huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان | ||
3.3 | Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان | ||
4 | Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan ungkapan sederhana wacana topik التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | Menunjukkan pola ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | ||
4.3 | Menyampaikan banyak sekali warta verbal sederhana tentang: التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان | ||
4.4 | Mengungkapkan warta secara tertulis wacana : التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat. | ||
4.5 | Menyusun teks sederhana wacana topik التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛المرافقوالأدواتالمدرسية؛الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | ||
| Tarkib | | المبتدأ (ضمائرمفردة؛إشارةمفردة) + الخبر (الصفةوالجهات) ؛الضمائرالمفردةالمتصلة |
E.2. KI dan KD Bahasa Arab Kelas VII Semester 2
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | 1.1 | Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah. |
2.2 | Menunjukkan sikap motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa. | ||
2.3 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata | 3.1 | Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة baik secara verbal maupun tertulis. |
3.2 | Melafalkan suara huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة | ||
3.3 | Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة | ||
4 | Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan ungkapan sederhana wacana topik: العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | Menunjukkan pola ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | ||
4.3 | Menyampaikan banyak sekali warta verbal sederhana wacana العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة | ||
4.4 | Mengungkapkan warta secara tertulis wacana : العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat. | ||
4.5 | Menyusun teks sederhana wacana topik العنوان؛بيتي؛منيومياتالأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | ||
| Tarkib | | الأرقام 1 – 100 ؛خبرمقدم (الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر-النعتالمفرد؛المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعلمضارع ) |
E.3. KI dan KD Bahasa Arab Kelas VIII Semester 1
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | 1.1 | Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislamana yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah. |
2.2 | Menunjukkan sikap motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa. | ||
2.3 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman. | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata | 3.1 | Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت baik secara verbal maupun tertulis. |
3.2 | Melafalkan suara huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت | ||
3.3 | Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت | ||
4 | Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan ungkapan sederhana wacana topik الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | Menunjukkan pola ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | ||
4.3 | Menyampaikan banyak sekali warta verbal sederhana wacana الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت | ||
4.4 | Mengungkapkan warta secara tertulis wacana : الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat. | ||
4.5 | Menyusun teks sederhana wacana topik الساعة؛يومياتنافيالمدرسة؛يومياتنافيالبيت dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | ||
| Tarkib | | أسئلةعنالساعة؛الجملةالاسمية؛الجملةالفعليةوالفاعلالمفرد؛المفعولبه؛الجملتانوأنواعالجمع |
E.4. KI dan KD Bahasa Arab Kelas VIII Semester 2
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | 1.1 | Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislamana yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah. |
2.2 | Menunjukkan sikap motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa. | ||
2.3 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman. | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata | 3.1 | Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى baik secara verbal maupun tertulis. |
3.2 | Melafalkan suara huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى | ||
3.3 | Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى | ||
4 | Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan ungkapan sederhana wacana topik المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | Menunjukkan pola ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | ||
4.3 | Menyampaikan banyak sekali warta verbal sederhana wacana المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى | ||
4.4 | Mengungkapkan warta secara tertulis wacana : المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat. | ||
4.5 | Menyusun teks sederhana wacana topik المهنةوالمهنيونالرياضيون؛المهنةالطبية؛عيادةالمرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | ||
| Tarkib | (أن–لن–لِـ) + فعلمضارع؛المصدرالصريح؛الفعلالماضيوالجملةالفعلية |
E.5. KI dan KD Bahasa Arab Kelas IX Semester 1
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | 1.1 | Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah. |
2.2 | Menunjukkan sikap motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa. | ||
2.3 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman. | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata | 3.1 | Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان baik secara verbal maupun tertulis. |
3.2 | Melafalkan suara huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان | ||
3.3 | Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان | ||
4 | Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan ungkapan sederhana wacana topik رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | Menunjukkan pola ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | ||
4.3 | Menyampaikan banyak sekali warta verbal sederhana wacana : رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان | ||
4.4 | Mengungkapkan warta secara tertulis wacana : رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat. | ||
4.5 | Menyusun teks sederhana wacana topik رأسالسنةالهجرية؛الحفلبمولدالرسول؛نزولالقرآنوالعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | ||
| Tarkib | تصريفالفعلالماضي؛كانواسمهاوخبرهاالمفرد؛(لاالناهية،لم) + الفعلالمضارع؛المجردوالمزيدمنالفعلالثلاثي |
E.6. KI dan KD Bahasa Arab Kelas IX Semester 2
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | ||
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | 1.1 | Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah. |
2.2 | Menunjukkan sikap motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa. | ||
2.3 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman. | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata | 3.1 | Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة baik secara verbal maupun tertulis. |
3.2 | Melafalkan suara huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة | ||
3.3 | Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة | ||
4 | Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Mendemonstrasikan ungkapan sederhana wacana topik جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | Menunjukkan pola ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | ||
4.3 | Menyampaikan banyak sekali warta verbal sederhana wacana : جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة | ||
4.4 | Mengungkapkan warta secara tertulis wacana : جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat. | ||
4.5 | Menyusun teks sederhana wacana topik جمالالطبيعة؛خالقالعالم؛الحفاظعلىالبيئة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | ||
| Tarkib | فعلالأمروتصريفه؛الموصول (الذي،التي،الذين،اللاتي)؛اسمالتفضيل |
selanjutnya KI-KD Mata Pelajaran Alquran Hadits MA