Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 15 Bahasa Pemrograman Terpopuler Untuk Programmer Wanita

15 Bahasa Pemrograman Terpopuler untuk Programmer Wanita



Faktanya, dalam industry teknologi sangat kurang perbedaan gender, biasanya didominasi oleh kaum laki-laki. Namun perusahaan tetap membutuhkan karyawan banyak dan terbuka. Laporan dari HackerRank menawarkan bahwa kesenjangan gender secara perlahan menyusut, itu artinya perempuan atau laki-laki bisa bekerja sesuai bidangnya, terutama di industry teknologi.

Dengan nama Women in Tech 2018, laporan ini didasarkan pada 14.000 lebih professional developer, dan 2000 diantaranya yakni wanita. Sebelum ke topik bahas apemroraman terpopuler untuk wanita, aku akan

Hasil study, dibandingkan dengan wanita, laki-laki lebih suka mengambil jurusan ilmu computer. Namun fakta itu telah berubah, segalanya berubah. Wanita muda kini 33% lebih cenderung menentukan mendalami ilmu computer.

Tren serupa juga diamati di gender gap dalam usia mencar ilmu kode. Hari ini, ada hanya 7% kesenjangan antara laki-laki dan perempuan yang memulai coding sebelum mereka 16 tahun. Sebelumnya perbedaan ini yakni 20%.

Oke, selanjutnya ngademin akan memberi tau kalian daftar Bahasa pemrograman yang popular dikalangan programmer perempuan :

1. Java

Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 sampai isu terkini panas 1992. Proyek tersebut belum memakai versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini yakni maskot Duke yang dibentuk oleh Joe Palrang.


2. JavaScript

JavaScript yakni bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript terkenal di internet dan sanggup bekerja di sebagian besar penjelajah web terkenal menyerupai Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript sanggup disisipkan dalam halaman web memakai tag SCRIPT. Contoh penulisan JavaScript:

<script type="text/javascript">  alert("Halo Dunia!"); </script>

3. C


Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.
Meskipun C dibentuk untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam menyebarkan software aplikasi. C juga banyak digunakan oleh banyak sekali jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat terkenal telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa terkenal lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C. Contoh penulisan:
     #include <stdio.h>
     int main(void) {
         printf("Hello, World!\n");
         return 0;
     }

4. C++


Bahasa Pemrograman C++
C++ yakni bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut kini jarang digunakan dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali menyebarkan C++ pada awal 1980-an.
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout <<"hello world"<<endl;
return 0;
}

5. Python

Python yakni bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis aba-aba yang sangat jelas,dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar.

6. PHP

PHP: Hypertext Preprocessor yakni bahasa skrip yang sanggup ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak digunakan untuk memprogram situs web dinamis. PHP sanggup digunakan untuk membangun sebuah CMS.
Pada awalnya PHP merupakan abreviasi dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibentuk oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih berjulukan Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

<?php
    echo "Halo dunia";
?>

7. C#

C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bab dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibentuk berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya menyerupai Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan.

8. Ruby

Ruby yakni bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby yakni menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar menyerupai Perl dan Python.

puts "Hello world"
puts("Hello world")

9. R

R (juga dikenal sebagai GNU S) yakni bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistika dan grafik. R dibentuk oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland, Selandia Baru, dan kini dikembangkan oleh R Development Core Team, di mana Chambers merupakan anggotanya. R dinamakan sebagian sesudah nama dua pembuatnya (Robert Gentleman dan Ross Ihaka), dan sebagian sebagian dari permainan nama dari S.

10. Perl

Perl yakni bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk banyak sekali sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi menyerupai DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

11. TypeScript

Typescript yakni bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik ( class, interface). Di dalam dokumentasinya, TypeScript disebut sebagai super-set dari JavaScript, artinya semua aba-aba JavaScript yakni aba-aba TypeScript juga.

12. Swift

Swift yakni bahasa pemrograman objek fungsional untuk pengembangan iOS dan OS X yang dibentuk oleh Apple. Didesain untuk berdampingan dengan Objective-C dan menghindari aktivitas dari aba-aba yang salah. Swift diperkenalkan oleh Apple pada aktivitas tahunan WWDC 2014.

13. Scala

Desain Scala dimulai pada tahun 2001 di École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) oleh Martin Odersky. Hal ini diikuti dari bekerja pada Corong, sebuah bahasa pemrograman yang menggabungkan ide-ide dari pemrograman fungsional dan Petri nets.Odersky sebelumnya bekerja pada Generic Javadan javac, Sun Java compiler.

 object HelloWorld extends App {
   println("Hello, World!")
 }

14. Go

Bahasa pemrograman Go merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh tiga karyawan Google yaitu Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Bahasa pemrograman ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pengambangan dengan membuat bahasa pemrograman yang sederhana, sanggup diandalkan, dan efisien.

15. Haskell

Haskell yakni bahasa pemrograman fungsional murni. Nama bahasa pemrograman Haskell diambil dari nama seseorang matematikawan Haskell Curry,yang terkenal akan karyanya di bidang combinatory logic.

Kalian sanggup melihat bahasa pemrogramman menyerupai Java, JavaScript, C/C++, Phyton merupakah bahasa yang terkenal di tahun 2018. Jika info ine bermanfaat, silahkan share ke temen atau keluarga semoga mereka juga tau.
sumber

Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/