Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Jauh Perihal Antivirus Yang Jarang Anda Ketahui

Mengenal Lebih Jauh Tentang Antivirus Yang Jarang Anda Ketahui

Designed by Photoroyalty / Freepik

Mengenal Lebih Jauh Tentang Antivirus Yang Jarang Anda Ketahui- Antivirus bekerja mengandalkan DATABASE. Artinya beliau akan sanggup mengenali sebuah virus bila dalam databasenya terdapat jenis virus yang sedang dihadapi. Semakin besar database antivirus, bisa dikatakan semakin bagus, namun ini akan menguras konsumsi RAM lebih banyak sehingga PC akan lebih berat/lemot apalagi bila dalam antivirus terdapat fitur fitur pelengkap yang banyak, maka akan semakin memperberat kerja PC. Antivirus menyerupai ini tentu membutuhkan proteksi RAM yang besar.

Pada perkembangannya, antivirus dibekali dengan metode heuristik, dimana antivirus akan mencoba menganalisa sebuah jadwal -secara sepotong sepotong-. Jika ada bab yang dianggap berbahaya, maka file/program tersebut akan dieksekusi. Hal ini sangat mempunyai kegunaan terutama untuk berjaga jaga bila antivirus belum update dengan database terbaru.
Namun pada praktiknya, sistem ini banyak mengalami kendala, alasannya yaitu seringnya muncul kesalahan deteksi atau FAKE ALARM.

Baca Juga:

Antivirus akan bekerja secara optimal bila tidak kalah cepat dengan aktivitas
virus, misal sebuah pc belum tertular virus dan antivirus sudah aktif, maka ketika ada virus yg mencoba masuk, maka akan dihukum pribadi oleh antivirus.

Beda ceritanya bila antivirus kalah cepat dengan acara virus, maka antivirus akan lemah. Antivirus tersebut biasanya tidak akan sanggup mengeksusi virus secara tuntas, real timenya sanggup dimatikan, blind detection/gagal deteksi bahkan antivirus tersebut akan gagal berfungsi atau mati.

Sebagai teladan ada temen ane yg PCnya sudah kemasukan virus sality duluan (padahal hanya sality denganvarian paling rendah), ketika dicoba diinstal smadav dan berhasil, ketika membuka sebuah drive, smadav selalu menemukan cloning virus dan mengeksusinya, tapi ketika membuka drive lain dan drive awal tadi, tetap saja masih ada virus tersebut ... Begitu juga dengan antivirus lain.

Jadi jangan salahkan antivirusnya dulu kalo PC/laptop kita terjangkit virus padahal kita udah pasang antivirus, sebelum kita memahami cara kerja dan kronologinya.

Antivirus dikatakan BAGUS bila beliau bisa mengeksekusi serangan virus dan sanggup merepair file file yang terinfeksi, namun rata rata hal ini tidak sanggup dilakukan secara baik oleh kebanyakan antivirus. alasannya yaitu file yang sudah terinfeksi rata rata akan gagal repair dan akan dikarantina.

Baca juga:

Saran Dari Admin
  • SELALU UPDATE DATABASE ANTIVIRUS AGAR DAPAT MENGENALI VARIANT VIRUS TERBARU
  • PERHATIKAN MASA LISENSI ANTIVIRUS > LISENSI MATI REALTIME MATI > PERLINDUNGAN TIDAK ADA
  • JANGAN SERING SERING MEN-DISABLE REALTIME ANTIVIRUS, TERUTAMA JIKA AKAN MENCOLOKKAN FLASHDISK ATAU TERHUBUNG DENGAN INTERNET
  • JANGAN PAKSA KERJA PC ENTE DENGAN MEMASANG ANTIVIRUS TERLALU BANYAK,IDEALNYA 1 PC = 1 ANTIVIRUS ATAU 2 ANTIVIRUS DENGAN KOMPOSISI ANTIVIRUS LOKAL DAN NON-LOKAL 

Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/