Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengedit Video Memakai Adobe Premiere Pro Cc


Cara Memulai Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CC - Hallo guys, pada kali ini belajarnyata.com akan sharing software penyunting video khususnya Adobe Premiere Pro CC, bila anda ingin mencar ilmu teknik pengolahan gambar berbentuk video sempurna sekali berkunjung ke blog ini, nah kita bahas dari awal mula tampilan adobe premiere pro itu menyerupai apa? pastinya anda yang belum tahu akan sulit memahaminya bila tidak ada pengarahan.
     
Moment yang bersejarah diabadikan dalam hidup anda dalam bentuk video memang sangat menarik. Perangkat kamerapun sudah pada berkualitas sangat tinggi di tinjau sekerang didukung teknologi smartphone mempunyai kamera kualitas rata-rata FHD. Memang sungguh luar biasa bila anda ingin menciptakan sebuah video tak perlu menggunakan kamera dslr, cukup menggunakan smatrphone anda sanggup mengedit video.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Tidak diharapkan keprofessionalan kameramen alasannya di editing anda sanggup memperbaiki yang kurang dari hasil kamera hp saja, nanti akan menciptakan hasil misal moment bersama teman yang di abadikan bentuk video yang akan tidak terlupakan.
Pada workspace tidak jauh jampilan menyerupai after effect namun beda dari segi fungsi dan terdapat banyak kolom. Premiere mempunyai banyak fitur yang sagat mendukung bila anda gemar pada pengolahan video, menyerupai color correction, transition, effect bunyi atau backsound, maupun effect lainnya.

Oke, kini pribadi saja ke pmbahasan utama cara edit video dengan adobe premiere bagi pemula. Untuk langkah-langkahnya silahkan anda simak dengan baik untuk sanggup dalam hal editing video.

1. Buka “Adobe Premiere Pro CC” terlebih dahulu untuk memulai editing video, Lalu klik “New Project”.

2. Dalam New Project nanti anda atur nama, settingan file disimpan di folder mana, untuk General biarkan saja, kemudian klik OK.

3. Pilih sajian “File > New > Sequence (Ctrl+N)” untuk sanggup memulai import dan mengedit video kalian.

4. Lalu pilih HDV 1080p25 (frame) dikarenakan menyesuaikan ukuran resolusi dari gambar yang mempunyai ukuran 1920x1080p. Jika anda tidak mengetahui silahkan cek terlebih dahulu ukuran resolusi videonya, dan menentukan sequence yang sesuai dengan ukuran video anda.
5. Maka anda akan mengetahui workspace (tampilan) default adobe premiere pro yang mempunyai banyak kolom untuk pengeditan video. Untuk klarifikasi anda sanggup lihat kolom yang aku sudah beri tanda dengan kotak berwarna.

Warna Biru Aqua : Merupakan sebuah kolom yang dimana terdapat kategori Effect, Project, dan Media.
Warna Ungu : Dimana anda sanggup merubah posisi workspace sesuai kebutuhan menyerupai Mode Editing, Mode Color, Mode Effect, Mode Audio dan Title.
Warna Biru Tua : Kolom Source ini berfungsi sebagai menampilkan video untuk memtong durasi video dan audio sebelum di masukan kedalam timeline.
Warna Kuning : Kolom kegiatan untuk menampilkan visualisasi dan time durasi video yang di edit pada kolom timeline.
Warna Hijau : Sebagai Tools yang di butuhkan untuk editing
Warna Merah : Merupakan kolom utama sebagai mengedit video dan audio.

Sekarang fokus pada kolom Project tadi, rubah kategori menjadi Project : Nama project anda.

6. Setelah itu untuk memasukan video pilih sajian File > Import bisa juga untuk mengumpulkan bahan-bahan menyerupai gambar, dan audio yang nantinya akan bertempat dikolom project. Anda juga sanggup memasukan dengan Sorcut Ctrl + I dan Klik kanan pada kolom project menyerupai berikut ini

7. Pilih file video yang anda butuhkan untuk di edit di adobe premiere pro.

8. Ketika video sudah masuk kedalam kolom project, paling utama kita hanya perlu memasukan video kedlam kolom Timeline. Namun harus anda ketahui dengan fungsi kolom Source dimana video sanggup lebih melihat atau memotong durasi video dan juga sanggup menentukan apakah hanya video yang di ambil atau sebaliknya audio saja yang di masukan kedalam timeline. 

Baca Juga : Cara Edit Video di HP Menggunakan Adobe Premiere Clip

Jika anda DRAG video pribadi kedalam kolom Timeline, maka Video dan Audio akan terbawa secara utuh dari durasi video tersebut.

9. Ketika video tersebut di masukan kekolom Souce dan pribadi kedalam kolom Timeline akan menyerupai berikut ini.



10.  Setelah itu kita akan mencoba memotong sebuahvideo yang telah dimasuka. Lalu kita akan memotong durasi video tersebut dengan tools pada kolom merah dengan nama Mark In dan Mark Out yang kesudahannya akan ada tanda pada durasi video.
11. Kita akan melaksanakan penarikan hanya visualisasi saja dan memasukan kedalam kolom timeline, Apa yang terjadi ? Simak gambar dibawah ini :



Kesimpulan dari 2 cara perbedaan memasukan video kedalam kolom timeline ialah pada kolom source anda lebih sanggup leluasa untuk memotong dan meninjau sebuah video sebelum di edit, sedangkan saat DRAG pribadi ke timeline maka secara otomatis video akan secara utuh pada durasi yang sesuai. Silahkan menentukan kedua cara tersebut dan aku sarankan DRAG video melalui kolom Source terlebih dahulu.
12. Oke, bagaimana cara memotong video atau audio pada kolom timeline ? Anda hanya cukup dekatkan cursor mouse dengan kafe video. saat cursor menyentuh secara otomatis cursor akan bermetamorfosis kurung tutup berwarna merah. Lalu anda klik kiri dan tahan dengan menggeserkan ke arah kiri. Maka durasi akan terpotong secara otomatis.


13. Perhatikan pada kolom timeline ada sebuah garis dimana berfungsi sebagai mengatur durasi video yang akan terhubung dengan kolom PROGRAM yang untuk memonitoring editing video anda.



14. Jika anda kesulitan melihat kafe video dalam kolom timeline, silahkan geser panel dibawah ini sesuai kenyamanan anda untuk mengedit video.




15. Oh iya, kalau anda banyak materi video silahkan sesuai kan video yang akan di edit, dengan cara mengulang cara diatas dengan DRAG video ke kolom TIMELINE ya, secara terus menerus. Contoh aku hanya menggunakan 2 buah video saja.

16. Bagaimana cara Export video yang telah di edit ? Silahkan pada sajian File > Export > Media atau juga sanggup menggunakan sorcut Crtl + M.



17. Atur pada settingan sebelum memulai RENDERING video. Untuk klarifikasi aku beri tanda kolom berwarna.
Kolom Merah : Mengatur format video H.264 (MP4), AVI, dan lainnya. Pada umumnya video mempunyai format MP4 (H.264).
Kolom Hijau : Anda sanggup merubah resolusi video yang akan di Export, Walaupun resolusi orisinil tadi 1080p anda sanggup merubah menjadi 360p pada setingan tersebut.
Kolom Biru Aqua : Menambahkan nama dan menyimpan lokasi vidoe yang telah di Export atau Render.
Jika anda sudah setting sesuai impian silahkan untuk menekan tombol EXPORT.

Demikian saja yang sanggup sampaikan mengenai cara Memulai Editing Video di Adobe Premiere Pro CC 2015.4 . Jika anda ada pertanyaan dan kurang terang silahkan untuk berkomentar dibawah ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat Motion Graphic Pop Up Keren di After Effect


Gambar tutorial ini mempunyai hak cipta oleh belajarnyata.com