Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Pemrograman Android: Json Parsing Android Memakai Android Studio

yaitu suatu format pertukaran data yang ringkas Tutorial Pemrograman Android: JSON Parsing Android Menggunakan Android Studio

Mengenal Apa Itu JSON


JSON ialah kependekan dari JavaScript Object Notation yaitu suatu format pertukaran data yang ringkas, ringan, terstruktur, gampang dibaca dan dipahami oleh manusia, yang digunakan dalam pertukaran data pada komputer.

Untuk gosip lebih lengkap terkait apa itu JSON, sanggup teman lihat pada sumber berikut:

Lalu untuk keperluan apa JSON digunakan pada android?

JSON digunakan pada android untuk keperluan aplikasi android itu sendiri, terkadang suatu aplikasi android membutuhkan sebuah data yang berasal dari suatu server untuk ditampilkan dalam aplikasi android tersebut. Dan untuk mengambil data yang terdapat dari server kita sanggup menggunakan API (Application Programming Interface).

API (Application Programming Interface) ialah sekumpulan perintah, fungsi, protokol, dan objek yang sanggup digunakan oleh seorang programmer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak (aplikasi) berinteraksi dengan sistem eksternal (server). Untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu API sanggup dilihat pada sumber berikut:


Nah kemudian untuk penyaluran data dari server ke client (aplikasi) diperlukan sebuah format standar pertukaran data, maka di sinilah tugas dari JSON. Adapun pola dari JSON sebagai berikut.



Pada tutorial latihan kali ini, kita akan menggunakan pola JSON yang sangat sederhana dan sudah tersedia di internet. JSON yang akan kita gunakan berisi data contact person, yang setiap node-nya berisi gosip seputar contact menyerupai nama, email, alamat, gender, dan nomor telepon/HP. Untuk sanggup menggunakan data JSON tersebut kita akan menggunakan library java.net, yaitu sebuah library bawaan java sendiri untuk menciptakan proses pemanggilan HTTP dan mencocokkan JSON dari URL.

Adapun sekilas tampilan JSON-nya menyerupai berikut, atau sanggup juga diakses pribadi melalui alamat berikut:




Elemen JSONArray dan JSONObject pada JSON

Sebelum lanjut ke praktek, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu terkait elemen pada JSON yang nantinya akan digunakan pada praktek. Adapun elemen yang digunakan ialah JSONArray dan JSONObject. JSONArray dalam JSON direpresentasikan dalam dengan tanda [ (Square Brackets), sedangkan JSONObject direpresentasikan dengan tanda { (Curly Brackets).

Kemudian untuk implementasi pada koding java-nya, kalau kita menggunakan JSONArray maka method yang dipanggil ialah getJSONArray(), dan kalau menggunakan JSONObject maka method yang dipanggil ialah getJSONObject().

Sampai di sini cukup terperinci ya perbedaan antara JSONArray dan JSONObject dalam JSON. Selanjutnya kita menuju praktek, yaitu cara parsing JSON pada android. Let's go!


Cara Parsing JSON pada Android

1. Buka aplikasi Android Studio, buatlah project baru

Langkah pertama ialah menciptakan project gres pada android studio, beri nama project tersebut sesuai keinginan/kebutuhan. Misalnya di sini aku memberi nama aplikasinya "Android JSON 1 - JSON Parsing". Untuk settingan yang lain biarkan saja default. Khusus untuk aplikasi kita akan berjalan pada Android Minimum API berapa silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, di sini aku menentukan minimum API 19 (KitKat).

2. Tambahkan permission INTERNET pada file AndroidManifest.xml

Langkah selanjutnya ialah menawarkan aplikasi izin untuk mengakses internet, alasannya ialah aplikasi yang kita buat membutuhkan koneksi internet untuk mengakses JSON yang terdapat di server URL.



3.  Membuat kelas HttpHandler.java

HttpHandler.java Class akan digunakan untuk menghandle/menangani koneksi dan mendapat data JSON dari URL.



4. Menambahkan ListView pada file activity_main.xml




5. Membuat layout list_item.xml

Langkah selanjutnya menciptakan layout View yang nantinya akan menampilkan data JSON, beri nama layoutnya dengan list_item.xml, adapun kodenya menyerupai berikut.



6. Edit file MainActivity.java

Sebelum men-download dan mem-parsing JSON, terlebih dahulu kita deklarasikan variabel-variabel untuk ListView nya. Adapaun deklarasi variabel-variabelnya menyerupai berikut.


Kemudian untuk men-download dan mem-parsing JSON kita akan menggunakan kelas Async class, yang nantinya akan menghandle/menangani pemanggilan http (untuk mendapat JSON-nya), yang akan dikerjakan di Background Thread.

Dalam hal ini terdapat 3 method penting dalam Asyn class, yaitu:

  1. Method onPreExecute(): yaitu method yang dipanggil sebelum mulai sanksi (sebelum pemanggilan HTTP). Pada method ini kita sanggup menciptakan inisialiasi Progress Dialog, alasannya ialah method ini berjalan di Main Thread.
  2. Method doInBackground(): yaitu method yang dipanggil ketika pemanggilan HTTP, pada method ini kita akan menciptakan proses untuk mendapat data dari JSON dan kemudian mem-parsingnya. Dalam studi masalah ini kita akan menggunakan method yang sudah kita buat, yaitu makeServiceCall().
  3. Method onPostExecute(): yaitu method yang dipanggil sehabis sanksi (setelah pemanggilan HTTP). Pada method ini kita akan membuang/menghilangkan Progress Dialog, dan kemudian menampilkan data JSON ke dalam ListView dengan menggunakan Adapter.
Sehingga implementasi pada MainActivity.java secara keseluruhan menjadi menyerupai berikut.

8. Jalankan atau Run aplikasinya

Langkah terakhir ialah menjalankan/me-run aplikasinya. Untuk tahap ini kita sanggup menjalankan aplikasinya dengan menggunakan Anroid Emulator, ataupun juga pribadi menjalankannya pada smartphone android, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Di sini aku menjalankan aplikasi pribadi pada smartphone android api 19 (KitKat), apabila tidak ada kesalahan atau error, maka tampilan aplikasinya menyerupai screenshot berikut.

yaitu suatu format pertukaran data yang ringkas Tutorial Pemrograman Android: JSON Parsing Android Menggunakan Android Studio

Yaps, demikian tutorial ihwal bagaimana cara mem-parsing JSON di android, semoga bermanfaat, dan hingga bertemu pada artikel lain selanjutnya.


Sumber https://calon-amd.blogspot.com/