Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Pemrograman Android: Mengenal Dan Menciptakan Toast Di Android Memakai Android Studio

Mengenal dan Membuat Toast di Android dengan Android Studio Tutorial Pemrograman Android: Mengenal dan Membuat Toast di Android Menggunakan Android Studio

Toast yakni umpan balik yang diberikan kepada pengguna wacana operasi dalam munculan kecil. Gampangannya toast lebih dikenal sebagai pesan teks yang ditampilkan pada android. Toast mempunyai fungsi untuk memperlihatkan isu dalam bentuk teks kepada pengguna android.

Toast memperlihatkan isu terkait acara atau operasi yang sedang berjalan ketika ini pada android, tentunya ini sangat interaktif. Toast akan hilang secara otomatis sehabis batas waktu tertentu, tergantung bagaimana proses toast itu dibuat.

Contoh toast sederhana dapat kita lihat pada ketika mengirim email. Pada ketika kita menekan tombol kirim, di situ lalu akan muncul toast berupa pesan teks "Sending Message...", kurang lebih menyerupai pada gambar berikut.

Mengenal dan Membuat Toast di Android dengan Android Studio Tutorial Pemrograman Android: Mengenal dan Membuat Toast di Android Menggunakan Android Studio

Toast bekerja dengan memakai method makeText(). Metode ini mengambil 3 parameter, yaitu: ApplicationContext, the Text Message, dan the duration. Kemudian dipakai akhiran show() agar toast ditampilkan.

Pada artikel kali ini kita akan berguru bagaimana cara menciptakan toast dalam android dengan memakai aplikasi android studio. Langsung saja, cek it out!


Langkah-langkah :

1. Buat project baru

Buatlah project gres pada android studio. Beri nama project dengan "Toast", atau beri nama sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa atur aplikasi akan berjalan pada android dengan minimum api berapa, di sini aku menentukan minimum api 19 (KitKat).

2. Edit file activity_main.xml

Langkah selanjutnya edit file main_activity.xml, tambahkan TextView dan Button. Adapun kodingnya menyerupai berikut.


3. Buat dan edit file dimens.xml

Karena batas atas atau padding-top aplikasi yang kita buat memakai resources dimens, maka kita harus menciptakan dan mengedit resources dimens-nya. Adapun kodingnya menyerupai berikut.


4. Edit file MainActivity.java

Langkah selanjutnya yakni mengedit file MainActivity.java, adapaun hasil dan kodingnya menyerupai berikut.


5. Jalankan/Run aplikasinya

Terakhir yakni kita akan menjalankan atau me-run aplikasinya. Untuk menjalankannya kita dapat dengan memakai android emulator bawaan android studio, atau juga dapat pribadi pada smartphone android. Di sini aku menjalankannya pribadi pada smartphone android versi api 19 (KitKat). Apabila selama proses menjalankan aplikasi tidak ada dilema atau error, adapun risikonya menyerupai screenshot berikut.

Mengenal dan Membuat Toast di Android dengan Android Studio Tutorial Pemrograman Android: Mengenal dan Membuat Toast di Android Menggunakan Android Studio

Yaps, demikian tutorial wacana bagaimana cara menciptakan Toast di android, semoga bermanfaat, dan hingga bertemu pada artikel lain selanjutnya.




Sumber https://calon-amd.blogspot.com/