Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Pengertian Komputer Berdasarkan Para Hebat Lengkap Beserta Kesimpulan

A. Md. Blog - Salam. Apa kabar sobat, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Sebelum masuk ke pembahasan, saya ada sedikit tebak-tebakan untuk sobat. Clue yang pertama, tebakan ini perihal sebuah benda, lebih tepatnya merupakan sebuah perangkat elektronik. Clue yang kedua, benda ini mempunyai manfaat sangat besar bagi kehidupan manusia. Dari dua clue yang saya berikan tersebut, coba teman tebak benda elektronik apakah itu?

Yap, teman benar sekali. Perangkat elektronik yang akan kita bahas pada artikel kali ini yakni komputer. Nah, niscaya teman sudah sangat mengenal apa itu komputer. Apalagi di zaman modern menyerupai kini ini, yang telah masuk pada industri 4.0 (four point zero), keberadaan komputer sangatlah menghipnotis utamanya dunia perindustrian dan ekonomi ketika ini. Mulai dari usaha, industri, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya, hampir semuanya memakai proteksi komputer untuk menuntaskan pekerjaan mereka.

Komputer memang sudah tidak gila lagi bagi manusia, kecanggihan dan kemampuan kinerja yang dimiliki komputer sangat membantu insan dalam menuntaskan pekerjaan di bidang masing-masing. Tetapi, terkadang insan mempunyai perilaku hanya mau memakai suatu benda tanpa didukung rasa ingin tahu arti, definisi, dan maksud dari benda itu sendiri. Oleh alasannya yakni itu, pada artikel kali ini saya akan mengulas pengertian dari komputer, mulai dari pengertian secara umum sampai dari sumber-sumber ternama.


 semoga selalu dalam keadaan sehat dan senang 15 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap beserta Kesimpulan

Secara umum, komputer yakni sebuah perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan sehingga menghasilkan sebuah gosip yang diinginkan oleh pengguna.

Komputer sanggup didefiniskan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan sebuah gosip berdasarkan data dan aktivitas yang ada.

Pada sistem komputer terdapat tiga elemen utama yang memliki peranan penting dalam sebuah proses pengolahan data pada komputer biar sanggup menghasilkan sebuah gosip yang baik dan valid sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ketiga elemen utama tersebut yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware).

Baca juga : 3 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsinya


15 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli


1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer yakni alat elektronik otomatis yang sanggup menghitung atau mengolah data secara cermat berdasarkan yang diinstruksikan, dan memperlihatkan hasil pengolahan, serta sanggup menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

2. American Standart Institute

Menurut American Standart Institue, komputer yakni suatu pemroses data (data processor) yang sanggup yang sanggup melaksanakan perhitungan yang lebih besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi kebijaksanaan tanpa campur tangan dari insan untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

3. Oxford English Dictionary (OED2)

Menurut Oxford English Dictionary (OED2), komputer yakni suatu perangkat yang dipakai untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numerik atau logika.

4. Dinus

Menurut Dinus, Komputer yakni serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang sanggup saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian sanggup dipakai untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan arahan ataupun aktivitas yang diberikan kepadanya.

5. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer yakni perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kiprah atau menuntaskan keperluan penggunaya, mencakup melakukan input data, memproses dan menyimpan data, sampai menghasilkan output dalam bentuk informasi.

6. Donald H. Sanders

Menurut Donal H. Sanderes, komputer merupakan sistem elektronik yang sanggup memanipulasi data dengan sangat cepat dan tepat, sengaja dirancang dan diorganisasikan berjalan secara otomatis dalam mendapatkan dan menyimpan data input, yang kemudia memprosesnya, serta menghasilkan output di bawah pengawasan dari banyak sekali langkah perintah aktivitas (dalam hal ini yakni sistem operasi) yang tersimpan pada memori penyimpanan komputer.

7. Larry Long dan Nancy Long

Menurut Larry Long dan Nancy Long, komputer mempunyai arti sebuah perangkat alat hitung elektronik yang mempunyai kemampuan dalam menginterpresentasikan dan mengerjakan banyak sekali perintah aktivitas seperti input, output, perhitungan, dan operasi-operasi kebijaksanaan lainnya.

8. Hamacher et al

Menurut V.C. Hamacher et al, komputer yakni sebuah mesin penghitung elektronik yang sanggup melaksanakan perhitungan dengan cepat dan bisa mendapatkan informasi input dalam bentuk digital, kemudian memprosesnya berdasarkan aktivitas yang tersimpan pada memori komputer sampai menghasilkan output dalam bentuk informasi.

9. Elias M. Awad

Menurut Elias M. Awad, komputer yakni sebuah alat hitung yang memproses data dan kemudian menyajikannya dalam bentuk data analog dan digital.

10. William M. Fouri

Menurut William M. Fouri, komputer yakni suatu pemroses data (data processor) yang sanggup melaksanakan perhitungan dalam ruang lingkup besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan insan yang mengoperasikan selama proses perhitungan berlangsung.

11. Jhon J. Longkutoy

Menurut Jhon J. Longkutoy, komputer yakni suatu alat atau mesin pemecah persoalan, dan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang sanggup menghasilkan suatu gosip yang dibutuhkan bagi penggunanya.

12. C. Hamacher, Z. G. Vranesic, dan Z. G. Zaky

Menurut C. Hamacher, Z. G. Vranesic, dan Z. G. Zaky, komputer yakni sebuah mesin penghitung elektronik yang sanggup mendapatkan gosip input digital, memprosesnya sesuai dengan aktivitas yang tersimpan pada memori, dan kemudian menghasilkan output dalam bentuk informasi.

13. Wiiliam Sawyer

Menurut William Sawyer, komputer yakni sebuah mesin multiguna yang sanggup dilakukan untuk pemrograman dan diprogram, di mana mesin-mesin tersebut sanggup mendapatkan data berupa fakta dan gambar kasar, kemudian kemudian memproses dan memanipulasinya menjadi sebuah gosip yang bisa dipakai oleh penggunanya.

14. Wimatra dkk (2008)

Menurut Wimatra dkk, komputer yakni suatu sistem perangkat elektronik yang mempunyai tujuan untuk melaksanakan proses pengolahan data, yang kemudian sanggup menghasilkan suatu gosip yang berguna.

15. Arif Susanto (2009)

Menurut Arif Susanto, komputer yakni sekelompok alat elektronik yang terdiri atas alat input, alat yang mengolah input (proccess), dan alat output yang memperlihatkan gosip serta bekerja secara otomatis.


Kesimpulan

Berdasarkan beberapa pendapat perihal komputer oleh para hebat di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa komputer yakni :
  • Komputer intinya merupakan sebuah mesin elektronik yang dirancang mempunyai fungsi utama untuk melaksanakan proses perhitungan.
  • Komputer membutuhkan tiga elemen utama untuk sanggup berkerja dengan baik dalam memproses, mengola, memanipulasi, sampai mengubah data menjadi sebuah gosip yang dibutuhkan oleh pengguna. Ketiga elemen utama tersebut yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware).
  • Komputer sanggup memperlihatkan sajian atau output berupa gosip baik dalam bentuk analog maupun digital.

Baiklah sobat, demikian artikel kali ini yang mengulas perihal arti dan definisi dari komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk update terus banyak sekali sajian gosip yang terbaru, aktual, menarik, dan pastinya bermanfaat dari blog Calon-A.Md., terima kasih. Salam.



Sumber https://calon-amd.blogspot.com/