Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Power Amplifier Tda 2050 Dapat Sub Woofer

Alhamdulillaah .... kelar sudah menciptakan image cara tata urutan dalam merakit Power Amplifier memakai IC TDA 2050, atau bisa juga diganti dengan TDA 2030.

Sebagaimana tertera pada judul posting diatas, Power Amplifier ini bisa juga disulap menjadi Amplifier Sub Woofer, hanya dengan menambah satu komponen (milar/capasitor) saja pada potongan inputnya.

Tapi sebelum membahas sub woofer yang beberapa tahun terakhir ini tengah booming, mari kita bersabar dulu, alasannya yaitu harus di awali oleh proses perakitan Jenis Amplifier biasa terlebih dahulu.

Buffer Audio untuk satelit pasangan sub woofer

PRE AMP MIC TARNSISTOR C458, STANDAR TOA HORN


Bagi yang kurang sabar melihat menyerupai apa rangkaiannya, ini awali dulu dengan memamerkan gambarnya.



Heheheheh.... pastinya puyeng donk liat gambar menyerupai diatas itu, gak terang gituh, ya iya lah orang itu gambar cuma untuk thumbnail posting saja dan dibentuk kecil biar tidak mengganggu loading home page blog. Tapi setidaknya dari gambar tersebut niscaya menciptakan pembaca eksklusif berkesimpulan, "Waoooooh, TDA2050 atau TDA2030 ternyata cukup gampang di rangkai sendiri, bahkan oleh pemula sekalipun".

Bagi yang masih ingin tau dan ingin mengikuti step by step .... ini kebiasaan suka merinci langkah demi langkah dengan tujuan biar bisa lebih mempermudah proses perakitan bagi rekan rekan pemula.

1. Ambil dulu tuh TDA 2050 atau TDA 2030, pasang saja pada PCB bolong bolong (heheheh ... memakai pcb bolong bolong yaitu kebiasaan buruk yang sampai sekarang belum bisa ditinggalkan)

kaki 1 sanggup kiprah sebagai input, saring dengan elko 1µF dengan posisi kaki + pada kaki 1 TDA 2050 dan kaki - untuk input audio dari MP3Player.

Pasang juga dari kaki 1 (ada juga yang pasang dari kaki input setelah elko), satu resistor dengan impedansi 22KΩ (merah-merah-jingga) menuju ground (0)

menyerupai ini kayaknya





2. Bila urusan kaki 1 sudah kelar, berikutnya kita urusi kaki 2

pasang dari kaki 2 IC TDA 2050 Resistor 560Ω seri dengan elko 22µF menuju GND

pasang pula dari kaki 2 itu resistor 22KΩ menuju kaki 4 IC TDA 2050, katanya ini berfungsi sebagai feedback, alasannya yaitu kaki 4 itu akan ditugaskan sebagai output audio menuju speaker.




heheheh .... itu pada gambar lupa pakai resistor yang 680Ω, gak sengaja, padahal pada keterangannya 560Ω. maklum matatua, tapi gak papa juga, itu bisa menjadi solusi bagi oknum yang suka kualitas audio dengan type treble lebih lembut.


3. Lanjutkan dengan merangkai kaki 4 dulu, biarkan kaki 3 nanti dibahas bersama kaki 5 ya!

kaki 4 yang positif nyata akan ditugasi sebagai pengeluar audio menuju speaker, sebelum audio keluar, beri resistor antara 1Ω sampai 3Ω (pada referensi memakai 2,2Ω) dan dipasang seri dengan kapasitor ukuran 470nF (474) atau elko 0,47µF menuju GND, hanya saja jikalau elko bipolar, maka pemasangannya dilarang terbalik.

setelah resistor dan kapasitor terpasang, berarti kaki 4 sudah siap menjalankan tugas.




4. Berikutnya, sekaligus membahas 2 kaki, yaitu kaki 3 dan kaki 5

kaki 3 diberi tegangan -
kaki 5 diberi tegangan +

jangan lupa pasang elko antara 220µF  sampai 1000µF masing masing dari + menuju GND dan dari - menuju GND pula. Sebab IC ini dibentuk memakai pola tegangan simetris. Makara sumber tegangan juga harus yang simetris (V+  CT  V-)

walaupun pendengaran belum bisa membedakan efeknya (maklum disini alatnya hanya mengandalkan pendengaran saja), tapi katanya itu besar lengan berkuasa untuk menepis interverensi nada tinggi, jadi pasang juga secara paralel dengan elko masing masing satu buah kapasitor 100nF (104)



Dengan demikian selesai sudah, proses perakita Amplifier memakai IC TDA 2050 atau TDA 2030 (skema sama saja), hanya beda kualitas dan kekuatan saja.

Eh ada kesepakatan yang belum ditepati yah

5. Bila ingin Amplifier ini dibentuk Sub Woofer,

silakan pasang (jumper) satu kapasitor ukuran antara 220nF (2240 sampai 470nF (474), bisa eksklusif pada kaki input.



atau elok juga jikalau dipasang resistor 10K dulu sebelum masuk kaki  negatif elko 1µF. jadu urutannya Kaki 1 IC lalu elko 1µF lalu R 10K lalu kaki input, pada kaki input itulah dipasang jumper Capasitor.

Pemasangan jumper capasitor ini juga berlaku untuk rekan rekan yang memakai power amplifier TDA 2050/2030 dengan membeli kit yang sudah jadi dan banyak di jual di toko toko spare part elektronik.

tentunya sebelum itu harus pula didukung oleh driver sub woofer, seperti

YANG ADA DISINI
atau
DISINI BISA JUGA

6. Tambahan juga biar lebih aman, 
cobalah pasang dua dioda silicon dari kaki speaker masing masing menuju kaki + dan kaki -



Biar speaker lebih kondusif lagi bisa coba dengan ukuran dioda yang lebih besar lagi. (opsional)


NB :
  • Hati hati selama merangkai, IC ini sangat pekat terhadap korsluit, sedikit salah langkah saja, bisa koit itu IC. 
  • Bila ingin benar benar kondusif (speaker + IC), pasang ELKO 1000µF sebelum masuk speaker, walau ini menyerupai bertentangan dengan hukum para pakar, tapi lagi lagi pendengaran tidak mencicipi perbedaan kualitasnya. Ini bisa anda coba, jikalau kualitas pendengaran anda sama dengan , bisa dilanjutkan, tapi jikalau pendengaran anda lebih peka dari , anda boleh melepas kembali itu ELKO 1000µF yang menuju speaker.
  • Batas minimal tegangan ELKO harus diatas 18 Volt, usahakan yang 50v saja.




===========================
UPDATE
Untuk rekan FauzyMuliaMakmur

BTL twin TDA 20150




IC pertama, sama persis skemanya dengan yang 1 biasa
- elko tegangan tidak digambar alasannya yaitu sama saja dengan yang diatas.
- kawat menuju kaki 3 (-) usahakan yang besar

IC kedua :
- 1uF dari input di alihkan Ke GND
- dari output (speaker) dipasang resistor ukuran antara 22K hinnga 100K (contoh diatas 47K), menuju kaki 1 (input) IC pertama

- jikalau ada yang kurang jelas/keliru, silakan di konfirmasikan
- sementara sekian dulu