Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Data Nisn Online

Untuk mendukung aktivitas Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Nasional, salah satu yang harus dijalankan yaitu pengelolaan data seluruh siswa mulai tingkat SD sampai Sekolah Menengan Atas yang terpusat dan terkomputerisasi dengan baik. Untuk itu digulirkanlah aktivitas Nomer Induk Siswa Nasional (NISN). NISN ditangani oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang bersifat online dengan standar pengkodean yang terstandarisasi dengan baik.
 Untuk mendukung aktivitas Data Pokok Pendidikan  Cara Mencari Data NISN Online

Semua siswa di seluruh wilayah Indonesia yang teregistrasi dalam aktivitas NISN ini akan diberikan masing-masing sebuah arahan pengenal identitas siswa yang berbeda satu sama lain, bersifat baku dan sanggup dipakai selamanya. Proses sumbangan nomer pengenal identitas siswa ini dijalankan secara komputerisasi oleh sistem komputer Pusat Layanan NISN. Pemberian nomer induk siswa nasional ini dilakukan sehabis adanya pengajuan daftar data siswa yang sudah dilakukan verifikasi oleh sekolah yang bersangkutan atau oleh Dinas Pendidikan setempat via online. Hasilnya berupa nomer NISN yang sanggup dilihat secara terbuka lewat website NISN dengan alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id./.

Silahkan buka alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Pada halaman yang terbuka anda akan melihat kolom pencarian menurut NISN dan pencarian menurut nama. Cara mencari data NISN online ini cukup dengan mengetikkan nomer NISN pada kolom yang tersedia. Lalu klik tombol "Cari". Sementara kalau ingin mencari data NISN menurut nama, anda harus mengetikkan nama siswa, daerah lahir dan tanggal lahir pada kolom yang disediakan. Untuk tanggal lahir anda sanggup meng-klik "calendar popup" dan pilih yang sesuai dengan data tanggal lahir. Kemudian tekan tombol "Cari".

Bila memang siswa sudah terdaftar maka akan ditampilkan data siswa aktif beserta nomer NISN yang dimiliki. Kalau akibatnya nihil itu berarti pihak sekolah daerah siswa menuntut ilmu belum mendaftarkan anak didiknya. Untuk itu dipersilahkan mengunduh Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) di website NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada hidangan FORMULIR PENGAJUAN. Print kedua jenis formulir tadi dan lengkapi dengan data yang benar. Setelah terisi dengan lengkap, serahkan kedua formulir itu kepada operator NISN sekolah daerah siswa berasal. Untuk pihak sekolah sanggup mengirimkan formulir A.1. Itu ke PDSP via e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id.

Sementara bila terjadi kesalahan data siswa yang terdapat dalam NISN maka pihak bersangkutan sanggup mengunduh formulir A.3. yang sanggup didapatkan pada hidangan FORMULIR PENGAJUAN. Cetak formulir itu dan lengkapi secara manual. Bila sudah lengkap, serahkan formulir itu kepada operator sekolah daerah NISN itu dikeluarkan. Untuk pihak sekolah sanggup mengirim formulir yang sudah diperbaiki itu ke alamat email : pdsp@kemdiknas.go.id.