Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tv Warna Merah: Penyebab Dan Cara Memperbaikinya (Mudah Banget)

 Dan pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan perihal problem TV warna merah TV Warna Merah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya (Mudah Banget)

Berbicara soal masalah kerusakan TV, memang ada aneka macam kasusnya. Mulai dari TV tidak ada gambar, TV tidak ada suara, dan masih banyak lagi hal lainnya. Dan pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan perihal problem TV warna merah.

TV warna merah merupakan problem umum yang kerap terjadi pada beberapa merek TV, menyerupai LG, Polytron, TV tabung, dan lain-lain. Biasanya, problem ini disebabkan oleh beberapa hal. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

Penyebab TV Warna Merah

Ada beberapa penyebab yang menciptakan TV menjadi berwarna merah. Diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Tabung sudah rusak atau lemah,
  • Transistor penguat warna RGB rusak di penggalan Red,
  • IC penguat video RGB rusak,
  • IC chroma rusak,
  • Dan, IC warna RGB drive rusak.

Diatas ialah beberapa penyebab TV mayoritas warna merah. Dan untuk mengatasinya, berikut langkah-langkah memperbaiki tv warna merah.

Cara Memperbaiki TV Warna Merah

Untuk memperbaiki TV warna merah, tv polytron gambar mayoritas merah, tv LG ultra slim gambar mayoritas merah, dan tv LG mayoritas merah. Ada beberapa step yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah:

1. Periksa Kondisi Solderan

Langkah pertama yang sanggup Anda lakukan ialah dengan menyidik kondisi solderan. Cek satu persatu komponen pada TV tersebut, dan jikalau ada solderan yang rusak atau tidak dalam keadaan baik. Maka, perlu Anda lakukan penyolderan ulang. Namun, jikalau tidak berhasil juga. Coba cara yang berikutnya.

2. Ukur Tegangan Masing-masing Katoda RGB

Biasanya, TV warna merah dikarenakan ada problem pada Katoda RGB. Sebab, pada umumnya. TV yang normal, semua komponennya akan berfungsi dengan baik.

Untuk itu, silahkan sahabat Analisa pada penggalan blok RGB. Dan, apabila tegangannya di bawah 75 V atau di atas 125 VCD. Maka, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada penggalan ini. Nah, untuk mengatasi-nya. Silahkan ganti katoda yang rusak tersebut dengan yang baru.

3. Cek Komponen pada Blok RGB

Jika pada katoda RGB tidak ada masalah. Maka, coba sahabat cek komponen pada blok RGB. Cek satu persatu komponen tersebut. Minsalnya pada KR, maka ukur komponen yang satu jalur dengan KR.

4. Ukur Tegangan Basis Transistor pada Mesin RGB

Apabila tidak ditemukan juga kerusakan pada Katoda dan blok RGB. Maka, coba Anda cek pada penggalan transistor. Normalnya, tegangan pada basis rersebut ialah berkisaran 1 V hingga 3 V. Jika lebih dari itu, niscaya ada kerusakan pada penggalan ini.

5. Analisa Kerusakan pada IC Chorma

Cara memperbaiki TV warna merah yang terakhir ialah dengan mengabalisa komponen IC chorma. Untuk menganalisa penggalan ini cukup mudah, silahkan ukur tegangannya yang terdapat pada pin RGB-OUT. Normalnya, tegangan tersebut berkisaran di angka 4 VDC. Jika, tegangannya diatas atau tidak ada sama sekali. Maka, IC Chormanya telah rusak.

Solusinya adaah ganti IC chorma tersebut dengan yang baru. Baca juga: Cara Flash TV LED Toshiba (Semua Tipe) cuma 3 Menit.

Itulah ia cara memperbaiki TV warna merah yang sanggup admin bagikan kali ini. Jika, sesudah mencoba cara diatas tidak kunjung juga berhasil. Maka, silahkan sahabat bawa TV tersebut ke service terdekat. Semoga bermanfaat dan terima kasih!
Sumber https://tipikudo.blogspot.com/