Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer : Sejarah, Fungsi, Jenis, Elemen, Komponen Komputer

Calon-A.Md. - Salam. Apa kabar sobat, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Sobat tahu tidak, adanya teknologi sangat membantu insan dalam banyak sekali hal, salah satunya yang paling kuat yaitu teknologi sangat membantu insan dalam menuntaskan pekerjaannya. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan mengulas perihal sebuah teknologi yang mempunyai manfaat sangat banyak bagi kehidupan sehari-sehari dan diberbagai bidang, teknologi tersebut yaitu komputer.

Apa itu komputer? Secara umum, komputer yaitu sebuah perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan sehingga menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna.

Komputer sanggup didefiniskan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan sebuah informasi berdasarkan data dan acara yang ada.

 semoga selalu dalam keadaan sehat dan senang Pengertian Komputer  : Sejarah, Fungsi, Jenis, Elemen, Komponen Komputer


Komputer itu sendiri ditemukan oleh seorang matematikawan asal Inggris yang berjulukan Charles Babbage (1791-1871). Charles Babbage berhasil membuat Different Engine pada tahun 1821. Different Engine merupakan sebuah mesin yang sanggup menyusun tabel matematika sekaligus merupakan asal-usul dari komputer.


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian komputer berdasarkan para ahli:

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer yaitu perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kiprah atau menuntaskan keperluan penggunaya, mencakup melaksanakan input data, memproses dan menyimpan data, sampai menghasilkan output dalam bentuk informasi.

2. Donald H. Sanderes

Menurut Donal H. Sanderes, komputer merupakan sistem elektronik yang sanggup memanipulasi data dengan sangat cepat dan tepat, sengaja dirancang dan diorganisasikan berjalan secara otomatis dalam mendapatkan dan menyimpan data input, yang kemudia memprosesnya, serta menghasilkan output di bawah pengawasan dari banyak sekali langkah perintah acara (dalam hal ini yaitu sistem operasi) yang tersimpan pada memori penyimpanan komputer.

3. Larry Long dan Nancy Long

Menurut Larry Long dan Nancy Long, komputer mempunyai arti sebuah perangkat alat hitung elektronik yang mempunyai kemampuan dalam menginterpresentasikan dan mengerjakan banyak sekali perintah acara ibarat input, output, perhitungan, dan operasi-operasi nalar lainnya.

4. V.C. Hamacher et al

Menurut V.C. Hamacher et al, komputer yaitu sebuah mesin penghitung elektronik yang sanggup melaksanakan perhitungan dengan cepat dan bisa mendapatkan informasi input dalam bentuk digital, kemudian memprosesnya berdasarkan acara yang tersimpan pada memori komputer sampai menghasilkan output dalam bentuk informasi.

5. Elias M. Awad

Menurut Elias M. Awad, komputer yaitu sebuah alat hitung yang memproses data dan kemudian menyajikannya dalam bentuk data analog dan digital.

Baca juga : 15 Pengertian Komuter Menurut Para Ahli beserta Kesimpulan


Sejarah Komputer

Secara etimologis, kata komputer berasal dari bahasa latin "computare" atau bahasa Inggris yang mempunyai arti menghitung, atau secara luas yaitu alat yang dipakai untuk melaksanakan perhitungan aritmatika. Komputer mengalami banyak perkembangan dari zaman ke zaman, baik perkembangan dalam bentuk fisik, maupun perkembangan dalam bentuk nalar atau fungsi.

Hingga ketika ini komputer terbagi menjadi lima generasi, yaitu:

1. Generasi Pertama

Komputer generasi pertama mulai didesain untuk pertama kali pada ketika terjadinya Perang Dunia ke-II, di mana pada ketika itu negara-negara yang terlibat dalam perang berusaha membuatkan komputer untuk memanfaatkan potensi srategis yang dimiliki komputer. Komputer pertama berjulukan Z3 berhasil dibentuk oleh Konrad Zuse, seorang Insinyur Jerman pada tahun 1941. Komputer Z3 tersebut dirancang untuk keperluan desain pesawat terbang dan kendali peluru.

Dari pihak sekutupun tidak mau kalah, pada tahun 1943 Inggris berhasil menuntaskan pembuatan komputer berjulukan Colossus. Colossus dirancang untuk keperluan memecahkan instruksi rahasia, di mana instruksi belakang layar tersebut dipakai oleh Jerman dalam berperang.

2. Generasi Kedua

Penemuan transistor pada tahun 1948 sangat menghipnotis perkembangan komputer. Pada ketika itu transistor diguanakan untuk menggantikan tube vacum pada perangkat elektronik ibarat televisi, radio, dan komputer. Penggunaan transistor pada perangkat-perangkat elektronik tersebut mengakibatkan ukuran-ukuran perangkat tersebut berkurang secara drastis menjadi ukuran yang lebih kecil.

Tidak hanya transistor, inovasi lainnya yang menghipnotis perkembangan komputer generasi kedua yaitu pengembangan sebuah memori inti magnetik yang membantu pengembangan komputer generasi kedua menjadi lebih kecil bentuknya, lebih cepat, lebih ekonomis daya, dan tentunya lebih sanggup dipercaya kemampuannya dibandingkan dengan komputer pada generasi sebelumnya,

3. Generasi Ketiga

Penggunaaan transistor sebagai pengganti tube vacum pada komputer mengungguli banyak hal. Selain mempunyai keunggulan yang jauh lebih baik dari tube vacum, sayangnya transistor juga mempunyai kelemahan dalam penggunaannya sebagai pengganti tube vacum pada komputer. Transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang sanggup berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Oleh alasannya yaitu itu muncullah sebuah permasalahan gres pada industri pengembangan komputer.

Setelah melaksanakan beberapa percobaan guna memecahkan duduk masalah tersebut, karenanya seorang Insinyur dari Texas Instrument berjulukan Jack Killby, berhasil membuatkan sirkuit terintegrasi atau disebut IC (Integrated Circuit) pada tahun 1958. Sirkuit terintegraasi tersebut terbuat dari kombinasi tiga komponen elektronik  dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

Perkembangan komputer generasi ketiga lainnya yaitu inovasi sebuah chip tunggal yang disebut semikonduktor. Chip tunggal tersebut berisi komponen-komponen komputer yang berhasil dimasukkan ke dalam chip tunggal tersebut. Hasilnya ukuran komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil lagi daripada komputer generasi kedua. Kemajuan perkembangan komputer generasi ketiga lainnya yaitu mulai digunakannya sistem operasi atau disebut OS (Operating System) pada komputer sehingga membuat komputer generasi ketiga sanggup menjalankan acara yang berbeda secara serentak dengan sebuah acara utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4. Generasi Keempat

Ditemukannya IC (Integrated Circuit) membuat tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas. Pada generasi keempat pengembangan fokus pada mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik komputer. Hal tersebut dilakukan dengan memasukkan komponen komputer pada sebuah chip tunggal. Hasilnya yaitu Chip Intel 4004 dibentuk pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen komputer (Central Processing Unit (CPU)), memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

5. Generasi Kelima

Gambaran utama komputer generasi klima yaitu sebuah komputer yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau disebut AI (Arficial Intellegent). Sehingga nantinya komputer generasi kelima akan sanggup mempunyai nalar untuk melaksanakan percakapan dengan insan memakai masukan visual dan mencar ilmu dari pengalamannya sendiri.

Akan tetapi mendefinisikan perkembangan komputer generasi kelima cukup sulit alasannya yaitu tahap perkembangan komputer generasi kelima masih sangat muda, dan banyak fungsi-fungsi yang akan dimiliki komputer generasi kelima masih belum terwujud. Akan tetapi dengan banyaknya kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi membuat kemungkinan perkembangan dan pembuatan komputer generasi kelima menjadi sangat mungkin.

Baca juga : 5 Generasi Sejarah Perkembangan Komputer, Ciri, dan Gambar Lengkap


Fungsi Komputer

Fungsi komputer sangatlah beragam, tergantung pada kebutuhan penggunanya. Namun jikalau berdasarkan pada pengertian komputer, maka secara umum komputer mempunyai fungsi utama sebagai berikut:

1. Data Input

Sebagai data input komputer sanggup mendapatkan informasi atau data dari banyak sekali sumber. Data tersebut sanggup diperoleh melalui kegiatan perangkat input ibarat keyboard, mouse, scanner, dan perangkat input lainnya.

2. Data Processing

Data processing merupakan fungsi utama yang dimiliki oleh komputer. Sebagai data processing komputer sanggup melaksanakan pengolahan data yang kemudian menghasilkan output yang diperlukan oleh pengguna dalam bentuk informasi. Pada umumnya data yang diolah komputer berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Data Output

Sebagai data output komputer akan menghasilkan output dalam bentuk informasi bagi penggunanya. Output informasi dihasilkan komputer sehabis melaksanakan proses pengolahan data yang sebelumnya didapatkan dari hasil input yang diberikan pengguna. Hasil output komputer akan ditampilkan pada perangkat output ibarat monitor, printer, dan speaker.

4. Data Storage

Komputer juga sanggup berfungsi sebagai media untuk menyimpan data sehingga lebih gampang ditemukan dan dipakai kembali. Data tersebut sanggup disimpan pada memori internal komputer maupun memori eksternal komputer.

5. Data Movement

Fungsi utama komputer yang terakhir yaitu sebagai data movement. Sebagai data movement komputer sanggup memindahkan data dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal, memindahkan data ke komputer lain, dan memindahkan data ke perangkat output.

Baca juga : Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu 


Jenis-Jenis Komputer

Jenis-jenis komputer sanggup diklasifikasikan dari banyak sekali hal ibarat berdasarkan fungsi, berdasarkan kegunaan (dalam hal ini lebih mengarah kepada tujuan perancangan komputer tersebut), berdasarkan data yang diolah, dan berdasarkan ukurannya.

A. Jenis Komputer Berdasarkan Kegunaan

Berdasarkan kegunaannya komputer dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Special Purpose
  2. General Purpose

B. Jenis Komputer Berdasarkan Fungsi

Komputer dirancang dengan fungsi yang berbeda-beda. Berdasarkan fungsinya komputer dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
  1. Embedded System
  2. Information Appliance (IA)
  3. Server
  4. Workstation

C. Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

Berdasarkan data yang diolah komputer dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
  1. Analog
  2. Digital
  3. Hybrid

D. Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukurannya komputer dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
  1. Micro
  2. Mini
  3. Mainframe
  4. Super



Elemen-Elemen Komputer

Pada sistem komputer terdapat tiga elemen utama yang memliki peranan penting dalam sebuah proses pengolahan data pada komputer biar sanggup menghasilkan sebuah informasi yang baik dan valid sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ketiga elemen utama tersebut adalah:
  1. Perangkat Keras (Hardware)
  2. Perangkat Lunak (Software)
  3. Pengguna komputer (Brainware)


Komponen-Komponen Komputer

Berdasarkan fungsinya, komponen pada komputer dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
  1. Komponen Input, merupakan komponen yang mempunyai fungsi sebagai masukan berupa perintah pada komputer.
  2. Komponen Proccess, merupakan komponen yang mempunyai fungsi sebagai pemroses data atau masukan berupa perintah dari komponen input.
  3. Komponen Output, merupakan komponen yang mempunyai fungsi untuk menampilkan hasil proses data atau masukan dalam bentuk perintah yang telah diproses.



Baiklah sobat, demikian artikel kali ini yang mengulas perihal apa itu komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk update terus banyak sekali sajian informasi yang terbaru, aktual, menarik, dan pastinya bermanfaat dari blog Calon-A.Md., terima kasih. Salam.



Sumber https://calon-amd.blogspot.com/