Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Ikon Prohibitory Di Mac Dan Macbook

Cara Mengatasi Ikon prohibitory atau tanda larangan di layar Mac dan MacBook Cara Mengatasi Ikon Prohibitory di Mac dan MacBook
Sekalipun macOS atau Mac OS X terbilang sistem operasi (OS) yang hampir sempurna, tapi bukan berarti OS milik Apple itu tidak pernah mengalami crash atau error. Salah satu persoalan yang biasa menghampiri pengguna Mac dan MacBook, munculnya ikon “Prohibitory” dikala proses booting.

Saat ikon “Prohibitory”, yang gambarnya ibarat rambu tanda larangan masuk itu di layar Mac atau MacBook dikala dinyalakan maka sistem macOS atau Mac OS X tidak akan sanggup booting sehingga Anda tidak akan sanggup menggunakannya.

Ini berbeda dengan muncul tanda tanya di dalam folder layar MacBook disertai layar kedap-kedip. Walaupun sama-sama tidak sanggup masuk ke OS, muncul ikon tanda larangan masuk ini penyebabnya bukan hanya alasannya ialah adanya permasalahan hardware tapi sanggup juga alasannya ialah sistem.

Selain dua persoalan booting diatas, masih ada error booting Mac yang lain ibarat muncul layar blank hitam dan suara beep, logo kunci, bola dunia yang berputar atau internet recovery mode, dan masih banyak yang lainnya.

Pada postingan kali ini, saya hanya akan membahas bagaimana cara mengatasi ikon tanda laranganya yang muncul logo tanda larangan (prohibitory) di Mac dan MacBook. Simak selengkapnya di bawah ini:

Solusi Muncul Ikon “Prohibitory” di Mac dan MacBook


Untuk mengatasi persoalan munculnya ikon tanda larangan atau prohibitory di Mac ataupun MacBook Anda, caranya sangat mudah. Terlebih dahulu, Anda harus membuat USB Flashdisk atau DVD bootable macOS Sierra, High Sierra atau Mojave.

Tidak perlu khawatir ataupun terburu-buru membawa laptop Anda ke tempat servis resmi Apple Mac atau MacBook untuk mengatasi persoalan ini.

Umumnya, ikon prohibitory hanya muncul di laptop Apple versi terbaru. Saya sendiri pernah mendapatinya di MacBook Pro 2015 ketika mencoba menginstalnya dengan flashdisk bootable Mac OS X El Capitan, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:
  1. Pertama, buat bootable macOS Sierra, High Sierra atau Mojave terlebih dahulu di Flashdisk atau DVD.
  2. Selanjutnya, colokkan flashdisk bootable macOS Sierra, High Sierra atau Mojave yang sudah Anda buat tadi.
  3. Nyalakan Mac atau MacBook sambil menekan tombol Option/Alt untuk memunculkan partisi boot.
  4. Pilih salah USB/DVD bootable yang Anda tancapkan tadi sesuai dengan tampilan yang ada di layar MacBook, macOS Sierra atau High Sierra.
    Cara Mengatasi Ikon prohibitory atau tanda larangan di layar Mac dan MacBook Cara Mengatasi Ikon Prohibitory di Mac dan MacBook
  5. Tunggu beberapa dikala sampai masuk ke sajian instalasi kemudian pilih partisi hardisk dimana kita akan menginstal macOS.
    Cara Mengatasi Ikon prohibitory atau tanda larangan di layar Mac dan MacBook Cara Mengatasi Ikon Prohibitory di Mac dan MacBook
Setelah menentukan ikon bootable flashdisk/DVD Sierra atau High Sierra, Anda cukup menunggu beberapa dikala sampai masuk ke tampilan sajian instalasi macOS ibarat membuat partisi dengan Disk Utility, menentukan partisi hardisk dimana kita akan menginstal Mac.

Untuk kasusu ini, instal MacBook Pro 2015 atau MacBook versi terbaru tidak sanggup diatasi memakai mode Internet Recovery atau instal Mac tanpa USB Flashdisk atau DVD Bootable Mac. Jika tetap menempuh cara itu, akan muncul pesan "The recovery server could not be contacted" sehingga kita tidak sanggup instal macOS di Mac atau MacBook ibarat gambar berikut:


Proses instalasi yang diperlukan tidak terlalu usang untuk varian Mac atau MacBook terbaru alasannya ialah sudah didukung oleh SSD, prosesor dan RAM yang berkecepatan tinggi. Berbeda kalau Anda instal OS X di laptop Apple versi jadul, yang memakan waktu sampai 1 jam lebih.

Bagi Anda yang tetap memaksakan instal ulang Mac atau MacBook dengan OS X El Capitan, tidak akan sanggup berhasil alasannya ialah lini komputer portabel Apple versi terbaru akan menolaknya. Begitupun bagi mereka yang ingin instal macOS memakai mode internet recovery.