Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Iphone Is Disabled Atau Iphone Dinonaktifkan Tanpa Pc Dan Memakai Itunes

Cara Mengatasi iPhone is disabled atau iPhone Dinonaktifkan Tanpa PC dan Menggunakan iTune Cara Mengatasi iPhone is disabled atau iPhone Dinonaktifkan Tanpa PC dan Menggunakan iTunes
Jika boleh tahu, Anda kini mendapati pesan “aneh” yang muncul tiba-tiba di iPhone, bertuliskan “iPhone dinonaktifkan”? Atau mungkin dengan goresan pena yang berbeda, “iPhone is disabled” bagi mereka sebelumnya menentukan bahasa inggris di hidangan Settings perangkatnya.

Pesan error yang tampil di layar iPhone ini selain bertulisan iPhone dinonaktifkan, diikuti dengan kalimat dibawahnya “try again in 1 minute” atau dalam bahasa indonesia, “coba lagi dalam 1 menit”. Buat Anda yang sudah mencoba beberapa kali memasukkan passcode iPhone yang salah, mungkin akan melihat pesan yang berbeda ibarat coba lagi dalam 5, 15 atau 60 menit dan yang paling menyakitkan jikalau pesan yang muncul bertuliskan “Sambungkan ke iTunes” atau “Connect to iTunes”.

Pada kondisi iPhone ibarat ini, Anda tidak sanggup menggunakannya. Ingin tahu apa yang mengakibatkan iPhone is disabled atau iPhone dinonaktifkan dan bagaimana cara mengatasinya dengan iTunes serta tanpa PC sama sekali?

Berikut klarifikasi dan panduan perihal iPhone is disabled atau iPhone dinonaktifkan yang disertai dengan pesan “Connect to iTunes” (Sambungkan ke iTunes) biar Anda sanggup mengaktifkan dan membuka kunci iPhone sehingga sanggup dipakai lagi.

Ini Alasam Kenapa iPhone Dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”?


Dengan alasan keamanan, iPhone dilengkapi dengan fitur kunci iPhone dengan passcode, Touch ID atau Face ID di iPhone keluaran terbaru. Tapi disisi lain, ada hal yang juga harus Anda ketahui bahwa memasukkan passcode iPhone yang salah sebanyak 5 kali akan mengakibatkan iPhone dinonaktifkan selama 1 menit, tidak terkecuali untuk iPhone X.

Solusi yang paling gampang untuk kasus ini yaitu menunggu beberapa menit (sesuai dengan durasi yang ditampilkan di layar iPhone). Selanjutnya, masukkan passcode yang benar untuk membuka iPhone yang terkunci.

Berdasarkan jumlah atau berapa kali kita telah memasukkan passcode yang salah di smartphone Apple itu, iPhone akan menampilkan pesan “iPhone is disabled” di bawah ini.

5x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 1 minute” atau iPhone dinonaktifkan selama 1 menit.
7x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 5 minutes” atau iPhone dinonaktifkan selama 5 menit.
8x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 15 minutes” atau iPhone dinonaktifkan selama 15 menit.
9x masukkan passcode salah – muncul pesan “iPhone is disabled, try again in 60 minutes” atau iPhone dinonaktifkan selama 60 menit.
10x masukkan passcode salah – barulah muncul pesan “iPhone is disabled, connect to iTunes atau iPhone dinonaktifkan. Sambungkan ke iTunes.

Ketika Anda benar-benar telah memasukkan kombinasi angka (passcode) iPhone yang salah sebanyak 10 kali, Anda akan diminta menghubungkannya ke iTunes baik itu memakai PC atau Mac. Semua data iPhone akan terhapus secara otomatis jikalau mode ini aktif.

Apa Penyebab iPhone dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”? Padahal Anda Tidak Mencoba “Unlock” iPhone atau Memasukkan Passcode Salah.


Beberapa pengguna smartphone Apple merasa galau sebab tiba-tiba mendapati iPhone miliknya tidak sanggup dipakai dan melihat pesan di layarnya “iPhone is disabled” atau iPhone dinonaktifkan.

Kejadian ini sanggup saja dijumpai pemilik iPhone sekalipun Anda tidak pernah memasukkan
passcode salah atau mencoba unlock iPhone. Apa penyebabnya dan bagaimana itu sanggup terjadi?

Salah satunya sebab touchscreen iPhone error sehingga mengetikkan passcode secara otomatis. Hal lain yang mungkin menjadi penyebabnya yaitu dikala disimpan di kantung dan orang lain mencoba memasukkan secara terus-menerus passcode dengan cara menebaknya.

Touchscreen Error


Layar sentuh iPhone yang error, rusak atau bermasalah sanggup mengakbibatkan iPhone dinonaktifkan. Anda yang mendapati layar iPhone error yang gejalanya kadang berfungsi, kadang tidak atau mungkin hanya sebagian layar berfungsi sangat rentan mengalaminya.

Jika sebagian touchscreen iphone rusak atau tidak berfungsi dan kita ingin memasukkan passcode, hanya sebagian angka yang sanggup dipakai dan sebagiannya lagi tidak sanggup disentuh. Hal ini akan memicu Anda menginput passcode menjadi salah.

Untuk itu, dikala layar iPhone rusak, sebaiknya mencari Service Center iPhone Resmi Apple Indonesia, Apple Authorized Service Providers (AASP) di kota Anda untuk memeriksakannya. Silahkan hubungi CS Apple Indonesia untuk menanyakan hal tersebut. Jangan ditunda!

Orang Lain Sebabkan iPhone Dinonaktifkan


Penyebab berikutnya yang sanggup menciptakan “iPhone is disabled” atau iPhone dinonaktifkan yaitu dipakai oleh orang lain. Seseorang yang bukan pemilik aslinya, jikalau mencoba memakai iPhone yang sudah diproteksi dengan passcode beresiko sangat tinggi menjadikan problem ini.

Jika orang tersebut dengan sengaja mencoba menebak dan memasukkan passcode yang tidak sesuai secara berulang-ulang akan mengakibatkan iPhone terkunci. Jangan sembarang menaruh iPhone Anda ketika tidak digunakan!

Anak kecil juga sanggup menjadi tersangka error iPhone yang satu ini. Terkadang, kita meletakkan iPhone disembarang daerah sehingga sanggup dijangkau olehnya.

Apabila belum dewasa mencoba menggeser layarnya dan muncul tampilan untuk masukkan passcode, kemudian beliau memasukkan beberapa kali passcode yang salah maka akan mengakibatkan iPhone sanggup terkunci.

Menyimpan iPhone di Saku


Penyebab iPhone dinonaktifkan yang lain dan tidak pernah disangka-sangka tapi sering juga dialami oleh kebanyakan pengguna ponsel bakir Apple, sebab menyimpannya didalam saku baik itu saku depan celana, jaket atau yang lainnya. Mereka yang punya kebiasaan memasukkan tangan ke dalam saku sanggup juga dihampiri oleh petaka iPhone terkunci ini.

Umumnya, untuk membuka kunci iPhone, kita cukup menggeser layarnya kemudian memasukkan passcode-nya. Ketika kita memasukkan tangan di dalam saku, jari tangan saja membukanya secara tidak sengaja bisa.

Itu mungkin hal yang lumrah dan sudah pernah dialami oleh penggunanya tapi apa akhirnya jikalau terjadi hal yang tidak diinginkan, tangan Anda tidak hanya geser layarnya tapi juga memasukkan passcode iPhone beberapa kali. Tentunya hal ini sanggup berujung iPhone terkunci sebab kesalahan menekan kombinasi angkanya.

Atau ibarat yang dialami oleh teman saya, meraba-raba di saku celananya dikala ingin mengambil uang untuk membayar ke kasir sehingga mengakibatkan iPhone dinonaktifkan atau “iPhone is disabled”. Anda mengalami hal yang sama?

Cara Membuka “iPhone is disabled” atau iPhone Dinonaktifkan


Mau buka iPhone terkunci yang menampilkan pesan di layar “iPhone Dinonaktifkan”? Hanya ada 2 cara mengatasinya. Pertama, harus menunggu sesuai dengan waktu yang tertulis di layar iPhone kemudian masukkan passcode yang benar.

Menunggu beberapa dikala yaitu solusi yang pertama. Yang kedua, jikalau Anda tidak sabar sebab estimasi waktu yang ditampilkan cukup usang atau memang sama sekali lupa password iPhone maka cara yang paling cepat dengan masuk Mode DFU iPhone kemudian lakukan restore data.

Selain kedua solusi diatas , tidak ada cara lain. Beruntung jikalau kau sudah pernah backup semua data di iPhone sebelum problem ini terjadi.

Cara Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes”


Dari beberapa pesan iPhone yang terkunci diatas, hal yang paling tidak diinginkan yaitu Anda diharuskan hubungkan iPhone ke iTunes. Berbeda jikalau pesan error yang ditampilkan di layar iPhone menyuruh Anda menunggu beberapa menit saja.

Yang dibutuhkan untuk memperbaiki iPhone terkunci sebab lupa passcode antara lain Mac atau komputer yang sudah terinstall iTunes, kabel data iPhone dan ponsel bakir Apple yang terkunci itu.

Selain itu, backup data iPhone juga diperlukan. Jika memang tidak punya maka konsekuensinya semua data iPhone hilang dan tidak sanggup lagi dikembalikan.

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Restore via iTunes


Anda yang lupa passcode sanggup mengaktifkan “iPhone is disabled” tersebut dengan memulihkan data iPhone sebelumnya (restore) tapi juga harus mengingat passcode dan memiliki backup data iPhone sebelumnya.

  1. Hubungkan iPhone ke Mac atau PC memakai iTunes.
  2. Jalankan aplikasi iTunes.
  3. Setelah iPhone terdeteksi di iTunes, pilih Restore untuk memulai proses restore iPhone dari file backup yang ada.
  4. Tunggu sampai proses memulihkan data selesai.

Jika masih bingung, Anda sanggup membaca artikel sebelumnya di Cara Praktis Restore iPhone dan iPad dengan iTunes.

Memperbaiki “iPhone is Disabled. Connect to iTunes” dengan Recovery Mode


Cara Mengatasi iPhone is disabled atau iPhone Dinonaktifkan Tanpa PC dan Menggunakan iTune Cara Mengatasi iPhone is disabled atau iPhone Dinonaktifkan Tanpa PC dan Menggunakan iTunes
Recovery Mode yaitu alternatif kedua untuk memperbaiki “iPhone is disabled” jikalau Anda tidak memiliki backup data iPhone dan tidak tahu atau lupa passcode. Cara ini tidak dianjurkan sebab semua data iPhone akan terhapus.

  1. Pertama-tama, cabut kabel data yang Anda tancapkan ke komputer atau Mac.
  2. Jalankan iTunes.
  3. Tekan dan tahan tombol Home dan Power secara bersamaan untuk matikan iPhone.
  4. Lepas tombol Power dan tetap tekan tombol Home kemudian sambungkan iPhone ke Mac atau komputer lagi.
  5. Tetap tekan dan tahan tombol Home sampai muncul kotak pemberitahuan di iTunes bahwa iPhone sudah masuk ke Recovery Mode.
  6. Sekarang, klik tombol Restore (Pulihkan).
  7. Tunggu sampai proses download dan instal ulang iOS selesai.

Semua file, konfigurasi dan aplikasi iPhone akan terhapus dan hilang termasuk passcode yang sudah di-setting sebelumnya. Setelah berhasil membuka iPhone yang terkunci tadi, iPhone akan kembali ke pengaturan pabrik ibarat halnya ketika Anda beli iPhone baru.

Sekarang, Anda sudah sanggup restore iPhone dengan data backup yang tersimpan di iTunes atau iCloud.

Tips Mencegah iPhone Dinonaktifkan atau “iPhone is disabled” biar Tidak Terulang Lagi


Setelah mengetahui jawaban yang ditimbulkan “iPhones is disabled” diatas, pastinya Anda kini akan lebih hati-hati biar kejadian ini tidak terulang lagi nantinya. Cara yang paling gampang untuk menghindari hal ini, dengan tidak memasukkan passode salah secara berulang-ulang yang sanggup mengakibatkan iPhone terkunci.

Tips menghindari iPhone Dinonaktifkan yang lain yaitu tidak memakai passcode tapi mencoba kombinasi password yang memerlukan huruf yang lebih panjang dan segera memperbaiki touchscreen iPhone jikalau rusak.

Yang terakhir, jangan lupa untuk selalu backup iPhone secara rutin untuk mengembalikan data iPhone yang hilang jikalau terjadi lagi problem ini.