Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Investasi/Trading Saham Di Bursa Efek Indonesia Untuk Pemula

Cara Memulai Investasi/Trading Saham Pemula 

1. Buka Rekening Saham di Kantor Sekuritas.



Bila anda ingin menabung di bank, anda akan membuka rekening bank, dengan memperlihatkan data pribadi beserta tanda pengenal, kemudian menyetor uang sesudah anda mendapatkan buku tabungan.
Nah dalam berinvestasi/trading saham pun tidak berbeda. Untuk Berinvestasi  saham, anda sanggup mengunjungi sebuah sekuritas, atau juga mendaftar secara online untuk membuka rekening di sebuah sekuritas.Setiap Setiap Sekuritas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, dan dalam pemilihan sekuritas hal yang harus jadi pertimbangan ialah fee transaksi yang di bebankan nasabah oleh perusahaan sekuritas, maka dari setiap pemilihan sekuritas pilih lah memperlihatkan fee transaksi yang kompetitif. salah satu sekuritas di indonesia yang memperlihatkan fee kompetitif ialah Mirae Asset Sekuritas yang memperlihatkan fee transaksi : 0.15% (beli) & 0.25% ( jual). dan fee transaksi masih bisa di NEGO.
Dengan Memiliki rekening atau Akun Saham anda sanggup bertransaksi saham. Rekening imbas yang anda buka maka otomatis data anda tercatat dalam pembukaan perusahaan imbas yang terdaftar di KPEI (PT Kliring Penjamin Efek Indonesia).
ada pun langkah-langkah membuka rekening efek;

  • Hubungi Perusahaan Sekuritas yang akan anda pilih
  • Isi Formulir registrasi beserta data pribadi, dan juga formulir pembuatan Rekening Dana Investor (RDI) yang diberikan sekuritas kepada anda.
  • Sertakan Fotokopi KTP, NPWP, dan Buku Tabungan halaman Pertama
  • Kembalikan Formulir tersebut ke perusahaan sekuritas dan tunggu proses manajemen hingga jadi aba-aba nasabah. biasanya berkisar kurang lebih 7 hari kerja.
  • Setelah Kode nasabah jadi. anda boleh menyetor sejumlah uang (khusus Mirae Asset Sekuritas minimal depositnya 10 juta Rupiah ).


2. Mempelajari Cara Menggunakan Online Trading

Setiap sekuritas tentunya menyediakan sebuah Platform Online Trading bagi nasabahnya untuk melaksanakan trading saham. Platform Online Trading ini merupakan senjata  untuk melaksanakan analisa dan sanksi pembelian dan penjualan terhadap sebuah saham.

Oleh sebab itu perlu memahami penggunaan dari Platform Online Trading tersebut secara mendalam, biar Platform Online Trading tersebut bisa memperlihatkan manfaat yang maksimal bagi kegiatan trading saham.

Dalam menentukan platfrom online trading ada beberapa pertimbangan juga harus di perhatikan

A. Menyediakan Data Real Time



Investor membutuhkan data real time. Data real time dibutuhkan terutama untuk trading jangka pendek. Jika Anda merupakan tipe investor jangka panjang, kemungkinan Anda tidak terlalu membutuhkan data real time ini.

Pada umumnya data real time ini gratis, bila pun ada yang memungut, hanya berkisar antara puluhan ribu per bulan. Ada pula online trading yang tidak memungut biaya data ini, namun mengharuskan nilai transaksi per bulan minimal sejumlah tertentu.Salah satu sekuritas yang menyediakan layanan data realtime gratis ialah Mirae Asset Sekuritas

B. Mempunyai Fitur yang Lengkap untuk Analisis

Kelengkapan fitur trading, contohnya kelengkapan indikator analisis teknikal, berita, laporan keuangan, riset saham, dan lain-lain. semakin lengkap berarti semakin mempermudah Anda dalam mengambil keputusan bertransaksi. Fitur-fitur yang Anda mungkin perlukan antara lain:


  • Fasilitas Informasi Harga Saham dan Indeks Saham
  • Fasilitas Grafik Saham dan Berbagai Indikatornya.
  • Fasilitas Berita Terbaru
  • Fasilitas Laporan Keuangan Emiten
  • Fasilitas Foreign Flow dan Broker Summary
  • Fasilitas Informasi Portfolio Pribadi


C. Adanya Fitur Automatic Order

Tidak semua online trading menyediakan akomodasi ini. Fitur ini sanggup membantu investor untuk bertransaksi saham secara fleksibel. Fitur ini juga mempunyai kegunaan untuk meminimalkan risiko, menyerupai membatasi kerugian dikala harga saham turun.

3. Mempelajari Ilmu Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental.

Teknikal Analisis ialah pergerakan saham melalui data historical pembukaan, penutupan, harga tertinggi, harga terendah dan volume perdagangan suatu saham setiap saat.
Dalam menganalisis saham secara teknikal sanggup melihat dari sudut pandang harga rata-rata, harga terendah maupun harga tertinggi pada suatu masa, traget harga selanjutnya, likiuiditas (banyaknya transaksi saham yang terjadi) sehingga pada kesannya mendaaptkan suatu analisis dalam menentukan nilai jual dan beli.
News sering dikatakan juga sebagai sentimen analisis dimana analisis yang menitikberatkan pada keadaan yang terjadi menurut isu dan lebih cendrung pada isu terkini market pada dikala itu. Sehingga dalam membeli maupun menjual menunggu isu yang muncul dari saham tersebut dan juga melihat saham saham favorit pada dikala itu yang sedang ramai diperdagangkan di bursa.
Dalam menganlisis saham secara teknikal maka diharapkan alat bantu berupa aktivitas chartting yang sat ini sudah mulai di dapatkan baik yang pribadi disediakan dari pihak online trading yang menempel pada aktivitas tradingnya.



Fundamental Analisiss ialah analisis mendalam yang menitik beratkan pada laporan keuangan dengan melihat sisi : Profitabilitas (laba), Liquidity (kemampuan melunasi utang jangka pendek), Solvability (kewajiban vs asset), Activity (kelancaran usaha).
Agar bisa menganalisis secara mendasar maka dituntut untuk bersahabat dengan laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan setiap kuartal dengan melihat dari ke -4 sudut di atas dan menghitung nilai masuk akal suatu saham secara laoran keuangan sehingga mengetahui apakah harga pada dikala ini terlalu mahal ataupun terlalu murah secara laporan keuangan.

Untuk memudahkan Investor dalam menganalisa saha secara fundamental, Mirae Asset Sekuritas salah satu platform trading yang besar di indonesia menyediakan juga fitur ringksan laporan keuangan emiten di Bursa Efek Indonesia, dan ditambah dengan informasi rasio rasio keuangan yang sangat membantu investor (PBV,PER,DER,EPS dll).



4. Money Management


Dalam trading,kita tidak sanggup mengontrol pasar. Kita tidak mempunyai kemampuan untuk menggerakkan pasar naik atau turun sesuai keinginan kita. Yang sanggup kita kontrol ialah diri kita sendiri. Money management ialah alat untuk mengontrol modal yang kita risikokan.
Sistem money management memastikan Anda tidak akan trading secara berlebihan yang sanggup menguras seluruh modal Anda. Sebaliknya juga, sistem money management memastikan Anda tidak trading terlalu sedikit dikala ada peluang yang bagus.

Jika Anda dikala ini gres mulai berguru trading, money management sangat membantu Anda untuk bertahan di dunia trading. Saat tahap awal ini trader yang belum berpengalaman seringkali mengalami duduk kasus dengan psikologi ataupun seni manajemen trading mereka sehingga mengakibatkan kerugianlah yang sering terjadi. Namun dengan adanya money management yang melindungi modal, Anda bisa tetap bertahan dan melanjutkan ketahapan berikutnya untuk menjadi trader yang sukses.

Beberapa hal yang diperhatikan untuk :

1. Entry point

a. Jangan pernah menangkap pisau jatuh, yaitu ketika saham mulai turun, dengan perkiraan sudah murah.
b. Masuk hanya kalau sudah kena level yang telah direncanakan, contohnya di titik support, di titik rebound, atau sesudah confirm reversal.
c. Titik-titik di atas bisa ditentukan dari beberapa indicator, contohnya lewat Fibonacci, ichimoku,dll.
d. Masuk sesudah ada menentukan level cut loss dan titik kemungkinan take profit. Makara risk dan              reward sudah diperhitungkan. Tidak logis masuk ke saham dengan risk 5% dan reward cuma 3%.

2. Stop loss

a. Ada banyak cara menentukan level stop loss.
b. Penentuannya dari 1-2 fraksi harga di bawah support, atau
c. Penentuannya dari Fibonacci, atau
d. Penentuannya dari harga low kemarin. Jika jebol, jual.

3. Exit point

a. Semua transaksi hanya dikatakan profit atau loss sesudah adanya exit, jadi titik ini sangat krusial.
b. Penentuannya ada beberapa.
c. Ditentukan dari level resistan.
d. Jika indicator sudah memperlihatkan signal jual.
e. Dari persen impian keuntungan, contohnya targetnya 5%.


Untuk informasi jadwal edukasi berikutnya, silahkan hubungi:
Delpi Siregar
Hp/WA. 082160300602
https://docs.google.com/forms/d/1JKFdEciTZLlORPiJMHQ3GwyxOqvWgmFkKd-qeIGXcXs/prefill





Sumber https://caranabungsaham.blogspot.com/