Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans
Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans - Kotlin yakni pengembangan dari java, tetapi untuk ketika ini saya akan menunjukkan klarifikasi tutorial cara menciptakan aplikasi peminjaman atau rental barang memakai Java Netbeans Swing JOptionPane.
nantikan update selanjutnya , perihal kotlin android studio from beginer to advance
View atau Hasil Makara Program
youtube loading . . .
Source Code ada di Paling Bawah .
Berikut study case ( studi masalah teladan )
aktivitas aplikasi java yang akan saya buat
Sebuah Perusahaan meminta anda untuk menciptakan aktivitas peminjaman barang atau rental.
sebagai teladan peminjaman Truk kerikil bara dan Helikopter Java. :D
A. Jika Pelanggan adalah Non Member
- Jika Alat Peminjaman yakni Truk Batu Bara maka Biaya sewa yakni Rp. 25.000,-/jam
- Jika Alat Peminjaman yakni Helikopter maka Biaya sewa adalah Rp. 45.000,-/jam
- Pajak penyewaan yakni 8,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
B. Jika Pelanggan yakni Member
- Jika Alat Peminjaman yakni Truk Batu Bara maka Biaya sewa adalah Rp. 45.000,-/jam
- Jika Alat Peminjaman yakni Helikopter maka Biaya sewa adalah Rp. 45.000,-/jam
- Pajak penyewaan yakni 12,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
Ketentuan lain Adalah
- Satuan waktu yang dipakai yakni menit ( 1 Jam - 60 menit )
- Contoh : Jika waktu penyewaan yakni 70 menit maka waktu sewa yakni 70 / 60 = 1.17 jam
- Setiap penyewaan alat dikenakan biaya handling sebesar Rp. 1.500,-/jam.
Berdasarkan ketentuan diatas maka buatlah applikasi yang bisa menghitung total pembayaran yang harus dilakukan oleh pelanggan rental alat peminjaman.
Rumus perhitungan total pembayaran yang kita pakai .
Total Baya : (1+pajak_penyewaan)*(waktu_peminjaman * (biaya_sewa+biaya_handling))NB : Bagi kalian yang memilik jam terbang tinggi saya rasa sudah paham jikalau membaca arahan di atas berkali-kali atau hanya sekali saja , jadi skip saja ya pembuatan flow chart nya , tetapi jikalau telah final mengerjakan dan aplikasi sahabat dipergunakan, maka sebaiknya buatlah flowchartnya saran saya , mengapa ? apa hak anda menanyakan itu ? :v
Baca Juga : Kalkulator Java Netbeans Sederhana Kuliah Teknik Informatika
Langkah Awal
sesudah kalian melaksanakan create new project, Pakailah library ini
Masih ada variable lain yang kita butuhkan, namun sebaiknya kita lanjutkan mengkoding code yang kita butuhkan atau kita perlukan terlebih dahulu, variable lain tinggal mengikuti saja, jikalau di perlukan
Seperti gambar berikut
Menggunakan code ini , lebih jelasnya lihat langkah berikutnya ;
Silahkan ketik JOptionPane. akan muncul rpc list command dan lihatlah niscaya ada banyak sekali macam type code ERROR_MSG , INFO_MSG , dan lain-lain.
di String kedua yakni title aktivitas output nya, sedangkan string pertama pada di atas yakni sebagai isi nya, di awal yakni component atau this, tetapi saya pakai null, sebab saya tidak membuatnya.
Maka , code nya ibarat ini
Disini saya mencoba menciptakan non member dulu untuk member nya saya rasa sama saja , yang membedakan hanyalah penggunakan variable name pada rumus nya
Tambahkan Kode ini ke dalam sajian alat peminjaman atau sembarang saja mau dimana , yang penting bisa di akses
sebagai teladan saya meletakan code ini, di atas code teks :
//to choose jenis alat bermain
// SEPEDA ===== NON MEMBER ========================================================================
Gambar Menu Input Waktu Java
Masukan kode ini kedalam code if((jnsA == 1)) yang ada di atas;
Sebelumnya Tambahkan lagi variable jamConvert dan untuk kalkulasi perhitungan lanjutnya
Berikut code nya : ( letak code, di bawah variable umum sebelumnya )
Sebelumnya kita tambahkan beberapa variable yang kita butuhkan, tetapi kalau saya terbiasa eksklusif menciptakan rumus code nya kemudian menciptakan variable, tetapi saya rasa sebaiknya kita mulai dari variable, sebab sulit menjelaskanya jikalau saya eksklusif menunjukkan method rumusnya langsung, menjelaskan dengan kata-kata .
Tambahkan Kode Berikut ini , di dalam code if ((jnsP == 1)) { disini }
Masukan Kode Berikut ke dalam code if((jamConvert > 3 ))
Jangan lupa tambahkan code else jikalau inputan selain yang ada di menu
disini saya mengunakan method gres yang saya beri nama errorIn.
gampang saja
letkana kode berikut di bawah blok code public static void main(String[] args) { } disini
Code akan tampak ibarat ini
Cara memanggil method di atas , dengan menciptakan object baru
ibarat teladan berikut
Untuk Tahap selanjutnya dalam pemilihan member , dan pemilihanya sama saja .
code di atas hanya untuk pemilihan non member -> sepeda alias helikopter -> masukan secara manual waktu bermain alias waktu peminjaman -> output total pembayaran
import javax.swing.JOptionPane; // buat JOptionPane code import java.util.Locale; //ini buat mata uang rupiah indonesia / luar negeri import java.util.*; // bisa juga pakai ini artinya * itu semua library java util kalian pakai
Buatlah Variable yang kira-kira secara umum dipakai untuk semua method
public static void main(String[] args) { //psvm tab //deklarasi my first out String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti int jnsP; //convert for jenis pelanggan String jnsAlat=""; //truk kerikil bara atau helikopter int jnsA;
Masih ada variable lain yang kita butuhkan, namun sebaiknya kita lanjutkan mengkoding code yang kita butuhkan atau kita perlukan terlebih dahulu, variable lain tinggal mengikuti saja, jikalau di perlukan
Buatlah Menu Tampilan Java
Menggunakan code ini , lebih jelasnya lihat langkah berikutnya ;
jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan" + "\n 1. Non Member " + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
JOptionPane.INFORMATION_MSG.....menandakan kalau ini hanyalah info atau icon sajian nya yakni tanda !Silahkan ketik JOptionPane. akan muncul rpc list command dan lihatlah niscaya ada banyak sekali macam type code ERROR_MSG , INFO_MSG , dan lain-lain.
di String kedua yakni title aktivitas output nya, sedangkan string pertama pada di atas yakni sebagai isi nya, di awal yakni component atau this, tetapi saya pakai null, sebab saya tidak membuatnya.
Convert String ke Int untuk Method Input JOptionPane
jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //jnsPelanggan yakni string code di atas kita gunakan jnsP sebagai function untuk kondisi if dalam pemilihanya
Maka , code nya ibarat ini
jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //NON MEMBER if((jnsP == 1)) { //code here }
Disini saya mencoba menciptakan non member dulu untuk member nya saya rasa sama saja , yang membedakan hanyalah penggunakan variable name pada rumus nya
Maka code nya akan terlihat ibarat berikut ini
package LatihanTextPertemuan2; import javax.swing.JOptionPane; import java.util.Locale; import java.util.*; /** * * @author Yogi | @aw.yogi | scodeid.blogspot.com */ public class LatihanInput3 { // jenis pelanggan // alat bermain // usang sewa public static void main(String[] args) { //deklarasi my first out String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti int jnsP; //convert for jenis pelanggan String jnsAlat=""; int jnsA; jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan" + "\n 1. Non Member " + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Berat", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); // JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsPelanggan); jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //NON MEMBER if((jnsP == 1)) { //next code= //menu alat peminjaman java } }
Membuat Menu Alat Peminjaman Java
String jnsM; jnsM = "Anda Sebagai \t: Non Member" ; JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsM); //converting string to int jnsAlat = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Alat Bermain" + "\n 1. Sepeda" + "\n 2. Otoped","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); jnsA = Integer.parseInt(jnsAlat); //to choose jenis alat bermain // SEPEDA ===== NON MEMBER ======================================================================== if((jnsA == 1)) { //code here }
Masukan code di atas ini , ke dalam code if sebelumnya if((jnsP == 1)).Tambahkan Kode ini ke dalam sajian alat peminjaman atau sembarang saja mau dimana , yang penting bisa di akses
sebagai teladan saya meletakan code ini, di atas code teks :
//to choose jenis alat bermain
// SEPEDA ===== NON MEMBER ========================================================================
//================MENU OPTION TIME String wkt1 ="1 hours 10 minutes"; String wkt2 ="1 hours 20 minutes"; String wkt3 ="2 hours"; String wktManual ="Contoh Ingin Bermain 3 jam , maka inputkan ANGKA 190";
Membuat Menu Input Waktu Java
Gambar Menu Input Waktu Java
Masukan kode ini kedalam code if((jnsA == 1)) yang ada di atas;
String jnsSpd; jnsSpd = "Jenis Alat Pilihan \t: Sepeda" ; JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsSpd); jam = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Nomor Pilihan Lama Bermain" + "\n (1). " +wkt1 + "\n (2). " +wkt2 + "\n (3). " +wkt3 + "\n ======================" + "\n Tidak ada di Pilihan ?" + "\n Masukan Sembarang Menit" + "\n "+wktManual + "\n" + "\n (C) 2018 @aw.yogi" ,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); //converting jam double to int untuk if jamConvert = Integer.parseInt(jam); if((jamConvert > 3)) { //code next }
Sebelumnya Tambahkan lagi variable jamConvert dan untuk kalkulasi perhitungan lanjutnya
Berikut code nya : ( letak code, di bawah variable umum sebelumnya )
//========================== kalkulasi String jam=""; int jamConvert; double lm = 0; double lm2 =0; double pajak = 0; // convert in kondisi double handling = 1500;
Menuju Tahap Kondisi Ketiga Java Sebagai Perhitunganya
Sebelumnya kita tambahkan beberapa variable yang kita butuhkan, tetapi kalau saya terbiasa eksklusif menciptakan rumus code nya kemudian menciptakan variable, tetapi saya rasa sebaiknya kita mulai dari variable, sebab sulit menjelaskanya jikalau saya eksklusif menunjukkan method rumusnya langsung, menjelaskan dengan kata-kata .
Tambahkan Kode Berikut ini , di dalam code if ((jnsP == 1)) { disini }
//================ //ketentuan non member double hrgNm; hrgNm = 25000; //sepeda double hrgOt; hrgOt = 45000; //otoped String pajakNm; pajakNm = "8.5%"; //untuk report pajak = 0.085; //kalkulasi
Masukan Kode Berikut ke dalam code if((jamConvert > 3 ))
// i create new obj //LatihanInput3 yogi; //yogi = new LatihanInput3(); //yogi.hitung(); // run yogi method //report usang bermain String lamaBanget; lamaBanget = " Lama Bermain \t: " +jamConvert +" Menit" ; JOptionPane.showMessageDialog(null, lamaBanget); //kalkulasi lm2 = jamConvert; lm = lm2/60; double totalBi; totalBi = (1+pajak) * (lm*(hrgNm+handling)); // ini yakni output nya String saYogi; //code ini mengunakan library locale sebelumnya untuk konveri mata uang rupiah indonesia String mataUang = String.format("Rp.%,.0f",hrgNm).replaceAll(",",".")+",00"; String totUang = String.format("Rp.%,.0f",totalBi).replaceAll(",",".")+",00"; saYogi = "Report Sewa" + "\n ====================" + "\n 1. " +jnsM + "\n 2. " +jnsSpd + "\n 3. " +lamaBanget + "\n ====================" + "\n Biaya Sewa : " +mataUang + "\n Pajak : " +pajakNm + "\n ====================" + "\n Total Biaya : " +totUang; JOptionPane.showMessageDialog(null, saYogi,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); //method to sls //LatihanInput3 terAkhir; //terAkhir = new LatihanInput3(); //terAkhir.selesai();
Jangan lupa tambahkan code else jikalau inputan selain yang ada di menu
disini saya mengunakan method gres yang saya beri nama errorIn.
gampang saja
letkana kode berikut di bawah blok code public static void main(String[] args) { } disini
public void errorIn() { String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar"; JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE); }
Code akan tampak ibarat ini
public class LatihanInput3 { public static void main(String[] args) { //code } public void errorIn() { String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar"; JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE); } }
Cara memanggil method di atas , dengan menciptakan object baru
ibarat teladan berikut
else { LatihanInput3 keSalah; keSalah = new LatihanInput3(); keSalah.errorIn(); }
Membuat Notifikasi Keluar Program Yes or No Java Method
public void selesai() { int jawab = JOptionPane.showOptionDialog(null, "Ingin Keluar ?", "Keluar", JOptionPane.YES_NO_OPTION, JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,null,null,null); if(jawab == JOptionPane.YES_OPTION) { JOptionPane.showMessageDialog(null, "Program akan kelar"); System.exit(0); } }
Selesai , coba jalankan Program
Untuk Tahap selanjutnya dalam pemilihan member , dan pemilihanya sama saja .
code di atas hanya untuk pemilihan non member -> sepeda alias helikopter -> masukan secara manual waktu bermain alias waktu peminjaman -> output total pembayaran
View Souce Code : Like and Subscribe
yotube loading . . . | Github Link di deksripsi
Write By Yogi Arif Widodo | SCODEID
java
Sumber https://scodeid.blogspot.com/
Write By Yogi Arif Widodo | SCODEID
Coba juga Apps Android Java and Kotlin Combine saya di playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.scode.yochatThanks for
java