Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans - Kotlin yakni pengembangan dari java, tetapi untuk ketika ini saya akan menunjukkan klarifikasi tutorial cara menciptakan aplikasi peminjaman atau rental barang memakai Java Netbeans Swing JOptionPane.

nantikan update selanjutnya , perihal kotlin android studio from beginer to advance

View atau Hasil Makara Program

youtube loading . . .

Source Code ada di Paling Bawah .

Berikut study case ( studi masalah teladan ) 

aktivitas aplikasi java yang akan saya buat
Sebuah Perusahaan meminta anda untuk menciptakan aktivitas peminjaman barang atau rental.
sebagai teladan peminjaman Truk kerikil bara dan Helikopter Java. :D

A. Jika Pelanggan adalah Non Member
  • Jika Alat Peminjaman yakni Truk Batu Bara maka Biaya sewa yakni Rp. 25.000,-/jam
  • Jika Alat Peminjaman yakni Helikopter maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Pajak penyewaan yakni 8,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
B. Jika Pelanggan yakni Member
  • Jika Alat Peminjaman yakni Truk Batu Bara maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Jika Alat Peminjaman yakni Helikopter maka Biaya sewa adalah  Rp. 45.000,-/jam
  • Pajak penyewaan yakni 12,5% dari total Biaya sewa dan Handling.
Ketentuan lain Adalah
  • Satuan waktu yang dipakai yakni menit ( 1 Jam - 60 menit )
  • Contoh : Jika waktu penyewaan yakni 70 menit maka waktu sewa yakni 70 / 60 = 1.17 jam
  • Setiap penyewaan alat dikenakan biaya handling sebesar Rp. 1.500,-/jam.
Berdasarkan ketentuan diatas maka buatlah applikasi yang bisa menghitung total pembayaran yang harus dilakukan oleh pelanggan rental alat peminjaman.

Rumus perhitungan total pembayaran yang kita pakai .
Total Baya : (1+pajak_penyewaan)*(waktu_peminjaman * (biaya_sewa+biaya_handling))
 NB : Bagi kalian yang memilik jam terbang tinggi saya rasa sudah paham jikalau membaca arahan di atas berkali-kali atau hanya sekali saja , jadi skip saja ya pembuatan flow chart nya , tetapi jikalau telah final mengerjakan dan aplikasi sahabat dipergunakan, maka sebaiknya buatlah flowchartnya saran saya , mengapa ? apa hak anda menanyakan itu ? :v

Baca Juga : Kalkulator Java Netbeans Sederhana Kuliah Teknik Informatika

Langkah Awal


sesudah kalian melaksanakan create new project, Pakailah library ini
 import javax.swing.JOptionPane; // buat JOptionPane code import java.util.Locale; //ini buat mata uang rupiah indonesia / luar negeri import java.util.*; // bisa juga pakai ini artinya * itu semua library java util kalian pakai 


Buatlah Variable yang kira-kira secara umum dipakai untuk semua method


 public static void main(String[] args) { //psvm tab //deklarasi my first out       String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti       int jnsP; //convert for jenis pelanggan              String jnsAlat=""; //truk kerikil bara atau helikopter       int jnsA; 

Masih ada variable lain yang kita butuhkan, namun sebaiknya kita lanjutkan mengkoding code yang kita butuhkan atau kita perlukan terlebih dahulu, variable lain tinggal mengikuti saja, jikalau di perlukan

Buatlah Menu Tampilan Java


Seperti gambar berikut

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans

Menggunakan code ini , lebih jelasnya lihat langkah berikutnya ;
 jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan"                 + "\n 1. Non Member "                 + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); 
JOptionPane.INFORMATION_MSG.....menandakan kalau ini hanyalah info atau icon sajian nya yakni tanda !
Silahkan ketik JOptionPane. akan muncul rpc list command dan lihatlah niscaya ada banyak sekali macam type code ERROR_MSG , INFO_MSG , dan lain-lain.
di String kedua yakni title aktivitas output nya, sedangkan string pertama pada di atas yakni sebagai isi nya, di awal yakni component atau this, tetapi saya pakai null, sebab saya tidak membuatnya.

Convert String ke Int untuk Method Input JOptionPane


 jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //jnsPelanggan yakni string code di atas kita gunakan jnsP sebagai function untuk kondisi if dalam pemilihanya 

Maka , code nya ibarat ini
  jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //NON MEMBER                 if((jnsP == 1))         {                    //code here         } 

Disini saya mencoba menciptakan non member dulu untuk member nya saya rasa sama saja , yang membedakan hanyalah penggunakan variable name pada rumus nya

Maka code nya akan terlihat ibarat berikut ini


 package LatihanTextPertemuan2;  import javax.swing.JOptionPane; import java.util.Locale; import java.util.*; /**  *  * @author Yogi | @aw.yogi | scodeid.blogspot.com  */ public class LatihanInput3  { //        jenis pelanggan //        alat bermain //        usang sewa             public static void main(String[] args) {       //deklarasi my first out       String jnsPelanggan=""; //untuk jenis member nanti       int jnsP; //convert for jenis pelanggan              String jnsAlat="";       int jnsA;                  jnsPelanggan = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Pelanggan"                 + "\n 1. Non Member "                 + "\n 2. Member","Program Peminjaman Alat Berat", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE); //      JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsPelanggan);         jnsP = Integer.parseInt(jnsPelanggan); //NON MEMBER                 if((jnsP == 1))         {              //next code=            //menu alat peminjaman java         } } 

Membuat Menu Alat Peminjaman Java

             String jnsM;             jnsM = "Anda Sebagai \t: Non Member" ;             JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsM);                          //converting string to int             jnsAlat = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Jenis Alat Bermain"                     + "\n 1. Sepeda"                     + "\n 2. Otoped","Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);             jnsA = Integer.parseInt(jnsAlat);                          //to choose jenis alat bermain       // SEPEDA ===== NON MEMBER ========================================================================              if((jnsA == 1))             {                  //code here             } 
Masukan code di atas ini , ke dalam code if sebelumnya if((jnsP == 1)).


Tambahkan Kode ini ke dalam sajian alat peminjaman atau sembarang saja mau dimana , yang penting bisa di akses
sebagai teladan saya meletakan code ini, di atas code teks :

//to choose jenis alat bermain
// SEPEDA ===== NON MEMBER ========================================================================

 //================MENU OPTION TIME                     String wkt1 ="1 hours 10 minutes";                     String wkt2 ="1 hours 20 minutes";                     String wkt3 ="2 hours";                     String wktManual ="Contoh Ingin Bermain 3 jam , maka inputkan ANGKA 190"; 

Membuat Menu Input Waktu Java

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans

Gambar Menu Input Waktu Java
Masukan kode ini kedalam code if((jnsA == 1)) yang ada di atas;
                  String jnsSpd;                 jnsSpd = "Jenis Alat Pilihan \t: Sepeda" ;                 JOptionPane.showMessageDialog(null, jnsSpd);                                          jam = JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan Nomor Pilihan Lama Bermain"                             + "\n (1).  " +wkt1                             + "\n (2).  " +wkt2                             + "\n (3).  " +wkt3                             + "\n ======================"                                     + "\n Tidak ada di Pilihan ?"                                     + "\n Masukan Sembarang Menit"                                     + "\n "+wktManual                                     + "\n"                                             + "\n                                            (C) 2018 @aw.yogi"                             ,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);                                          //converting jam double to int untuk if                     jamConvert = Integer.parseInt(jam);                     if((jamConvert > 3))                     {                        //code next                     } 

Sebelumnya Tambahkan lagi variable jamConvert dan untuk kalkulasi perhitungan lanjutnya
Berikut code nya : ( letak code, di bawah variable umum sebelumnya )
    //========================== kalkulasi       String jam="";       int jamConvert;       double lm = 0;       double lm2 =0;       double pajak = 0; // convert in kondisi       double handling = 1500; 

Menuju Tahap Kondisi Ketiga Java Sebagai Perhitunganya


Sebelumnya kita tambahkan beberapa variable yang kita butuhkan, tetapi kalau saya terbiasa eksklusif menciptakan rumus code nya kemudian menciptakan variable, tetapi saya rasa sebaiknya kita mulai dari variable, sebab sulit menjelaskanya jikalau saya eksklusif menunjukkan method rumusnya langsung, menjelaskan dengan kata-kata .

Tambahkan Kode Berikut ini , di dalam code if ((jnsP == 1)) { disini }
 //================             //ketentuan non member             double hrgNm;             hrgNm = 25000; //sepeda             double hrgOt;             hrgOt = 45000; //otoped              String pajakNm;             pajakNm = "8.5%"; //untuk report             pajak = 0.085; //kalkulasi 


Masukan Kode Berikut ke dalam code if((jamConvert > 3 ))
                          // i create new obj                          //LatihanInput3 yogi;                          //yogi = new LatihanInput3();                          //yogi.hitung(); // run yogi method                                                                               //report usang bermain                          String lamaBanget;                          lamaBanget = " Lama Bermain \t: " +jamConvert +" Menit" ;                          JOptionPane.showMessageDialog(null, lamaBanget);                                                    //kalkulasi                          lm2 = jamConvert;                          lm = lm2/60;                          double totalBi;                          totalBi = (1+pajak) * (lm*(hrgNm+handling));                           // ini yakni output nya                           String saYogi;                           //code ini mengunakan library locale sebelumnya untuk konveri mata uang rupiah indonesia                           String mataUang = String.format("Rp.%,.0f",hrgNm).replaceAll(",",".")+",00";                           String totUang = String.format("Rp.%,.0f",totalBi).replaceAll(",",".")+",00";                             saYogi = "Report Sewa"                                     + "\n ===================="                                     + "\n 1. " +jnsM                                     + "\n 2. " +jnsSpd                                     + "\n 3. " +lamaBanget                                     + "\n ===================="                                     + "\n Biaya Sewa : " +mataUang                                     + "\n Pajak : " +pajakNm                                     + "\n ===================="                                     + "\n Total Biaya : " +totUang;                             JOptionPane.showMessageDialog(null, saYogi,"Program Peminjaman Alat Bermain", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);                                                          //method to sls                             //LatihanInput3 terAkhir;                             //terAkhir = new LatihanInput3();                             //terAkhir.selesai(); 


Jangan lupa tambahkan code else jikalau inputan selain yang ada di menu
disini saya mengunakan method gres yang saya beri nama errorIn.
gampang saja
letkana kode berikut di bawah blok code public static void main(String[] args) { } disini
 public void errorIn()     {     String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar";     JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);     } 

Code akan tampak ibarat ini

 public class LatihanInput3  {    public static void main(String[] args)    {      //code   }   public void errorIn()     {        String errorIn = "Silahkan Inputkan Data Dengan Benar";        JOptionPane.showMessageDialog(null,errorIn,"ERROR",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);     } }  

Cara memanggil method di atas , dengan menciptakan object baru
ibarat teladan berikut

 else         {             LatihanInput3 keSalah;             keSalah = new LatihanInput3();             keSalah.errorIn();         } 

Membuat Notifikasi Keluar Program Yes or No Java Method

Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans Aplikasi Peminjaman Barang Gratis Java Netbeans


 public void selesai()     {         int jawab = JOptionPane.showOptionDialog(null,                 "Ingin Keluar ?",                         "Keluar",                         JOptionPane.YES_NO_OPTION,                         JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,null,null,null);                  if(jawab == JOptionPane.YES_OPTION)         {             JOptionPane.showMessageDialog(null, "Program akan kelar");             System.exit(0);         }     } 

Selesai , coba jalankan Program


Untuk Tahap selanjutnya dalam pemilihan member , dan pemilihanya sama saja .
code di atas hanya untuk pemilihan non member -> sepeda alias helikopter -> masukan secara manual waktu bermain alias waktu peminjaman -> output total pembayaran

View Souce Code : Like and Subscribe

yotube loading . . . | Github Link di deksripsi


Write By Yogi Arif Widodo | SCODEID
Coba juga Apps Android Java and Kotlin Combine saya di playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.scode.yochat
Thanks for
java

Sumber https://scodeid.blogspot.com/