Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Rumus Sumif Dan Cara Menggunakannya Di Ms Excel

Sumif Function atau yang disebut fungsi rumus sumif memang mempunyai manfaat yang sangat besar di dunia manajemen atau akutansi, manfaat tersebut sangatlah mencolok terutama dari segi waktu, bayangkan saja seandainya kita mengerjakan kiprah kantor dengan menganalisa satu persatu cell, pastinya kita membutuhkan waktu yang cukup usang dalam mensortir data dan itu pun akan memakan pikiran kita.

Dalam artikel ini sudah saya tuliskan beberapa tahapan - tahapan penggunaan rumus Sumif pada Dokumen Ms Excel, dengan teladan dan gambarnya semoga anda sanggup dengan gampang memahami apa yang saya sampaikan berikut ini.

PENGERTIAN RUMUS SUMIF

SUMIF dalam excel ialah fungsi yang dipakai untuk penjumlahan dengan karakter pada kriteria tertentu, semisal suatu produk niscaya mempunyai tipe tertentu dan harganya pun bervariasi, nah fungsi kegunaan dari pada SUMIF ialah untuk membedakan kriteria tertentu sehingga penjumlahan selesai sanggup dikontrol dengan mudah,

Dalam cell, Sumif bekerja dengan isyarat perintah tertentu yang akan kita tuliskan nantinya untuk melengkapi fungsi Sumif, atau dalam koding Html banyak menyebut Syntax.

  • Range, bekerja memilih suatu range awal yang akan di sorot atau evaluasi, pada dasarnya menandai dari mana kita mengevaluasi data pada kriteria tertentu.
  • Criteria, menentukan kriteria jenis data atau sanggup juga letak kriteria yang ingin anda kontrol jumlahnya.
  • Sum_Range, merupakan data cell yang akan anda jumlah, sanggup berupa angka.
Diantara ketiganya akan terjadi hubungan untuk melengkapi fungsi SUMIF.

MENJALANKAN SUMIF PADA DAFTAR PENJUALAN

Pertama, silahkan anda buka lembar kerja microsoft excel, sehabis itu buatlah tabel ibarat teladan dibawah ini merupakan ilustrasi data produk dengan beberapa jenis kriteria serta daftar harga nya.



  • Setelah selesai menciptakan dokumen tabel ibarat di atas, lanjut sorot cell G4 dan klik, disitu nantinya kita menuliskan rumus sumif dan menaruh hasil angka yang di sanggup dari produk jenis CAIR.



    Keterangan :
    - No satu ialah cell G4, dimana kita menempatkan hasil atau sanggup dengan menuliskan eksklusif rumus disitu.

    - No dua ialah daerah Menu Bar, kita juga sanggup menuliskan rumusnya disitu, rekomendasi saya tuliskan rumusnya di no 2, alasannya ialah memudahkan kita dalam pengeditan goresan pena rumus.

    - Penulisan kodenya =SUMIF(C4:C13;"CAIR";D4:D13) setelah itu tekan enter pada keyboard maka akan keluar hasil penjualan dari produk jenis cair Rp. 118.000.
  • Geser ke cell B5, ibarat langkah diatas klik sel kemudian tuliskan rumusnya di hidangan bar.




    Keterangan :
    - No satu, letak sel G5, letak kita menempatkan rumus Sumif, tetapi disini saya rubah Criteria dengan goresan pena F5, semoga anda faham maksud kerja dari pada rumus Sumif tersebut, yang mana menunjukkan lokasi Syntax criteria, perbedaannya di langkah ini kita tidak menambahkan (") tanda petik dua, selanjutnya tekan enter,
  • Bagaimana seumpama kita ingin menambahkan kriteria dengan aksara dua kata, apakah bisa? tentu bisa, ibarat teladan data yang kita buat, asalkan data Criteria jenis penjualan dan penerimaan sama karakter hurufnya, kita akan coba rubah data SPESIAL menjadi SPESIAL ONE ibarat dibawah ini.




    Keterangan :
    -
    Cell yang saya lingkari warna merah ialah sell yang karakter Criterianya kita rubah menjadi SPESIAL ONE, jadi pada dasarnya bila kita merubah daftar nama jenis pada tabel penerimaan berarti kita wajib merubah nama jenis yang ada pada tabel penjualan semoga terjadi sinkronisasi.

    - Penulisan formatnya sama, meskipun kita memberi space pada goresan pena nama.

CONTOH PENGGUNAAN LAINNYA

Buatlah data tabel ibarat dibawah ini, dimana kita mencoba menemukan hasil penjumlahan angka (pada tabel merah) di atas 19 dan di bawah 19.


  • Dari teladan tabel diatas, kita akan menghitung hasil penjumlahan angka di atas angka 19, format penulisannya ialah =SUMIF(A3:A7;">19")

  • Dan untuk format penulisan hasil dibawah 19 ialah =SUMIF(A3:A7;"<19") , letak perbedaan penulisan format hanya pada tanda panah < atau >.


Nah itulah beberapa cara penggunaan rumus SUMIF dalam excel dan bila anda ingin melanjutkan pembahasan selanjutnya yaitu fungsi rumus SUMIFS anda sanggup Klik di sini , semoga anda sanggup memahami maksud dan cara kerja rumusnya dengan baik, setidaknya diatas ialah teladan yang sanggup anda kembangkan sendiri menjadi lebih sempurna, terimakasih dan hingga jumpa pada artikel berikutnya.


Sumber http://tukangenter.blogspot.com/