Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Output Device Pada Komputer

Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran yaitu perangkat yang mempunyai kegunaan untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.

Macam - Macam Perangkat Keluaran (Output Device):

1. Monitor
Monitor yaitu sebuah perangkat keras yang dipakai untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang diperlukan oleh orang yang menggunakan komputer.



2. Printer
Printer yaitu perangkat keras keluaran yang dipakai untuk mencetak data menyerupai gambar/foto, goresan pena pada media kertas.



3. Speaker
Speaker yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa bunyi dari komputer.



4. Projector
Projecetor yaitu perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.


5. Network Card
Network Card yaitu perangkat keras yang dipakai sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.



6. Tv Tuner Card
Tv Tuner Card yaitu perangkat keras yang dipakai untuk menyiarkan tv pada komputer.





7. Modem
Modem yaitu perangkat keras yang dipakai untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem juga sanggup sebagai media masukan ataupun keluaran.


8. Router
Router yaitu perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang mempunyai saluran jaringan sama ataupun berbeda.




9. Microphone 

Microphone yaitu perangkat keras keluaran yang sanggup menangkap gelombang bunyi kemudian merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini mempunyai fungsi untuk mengeluarkan bunyi atau menjadi media rekaman bunyi yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.


10. Sound Card
Sound Card yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau bunyi yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa bunyi (seperti microphone) ke dalam komputer.



11. Headset / Headphone 
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang bunyi yang telah disistem oleh komputer.