Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggabung kolom di Microsoft Excel

Baru saja saya posting tentang cara memberi garis pada tabel klik disini, kembali saya akan menulis kali ini tentang cara menggabung kolom.
Langsung saja....

Teori cara menggabung kolom:

1. diblok terlebih dahulu semua kolom yang akan digabung.
2. klik icon merge & center.
Selesai..... mudah kan?...........


Praktek menggabung kolom:
Gambar 1
(gambar tabel untuk praktek menggabung kolom)

Cara Menggabung Kolom:

Tugas 1:
Dari gambar 1 diatas, kita akan menggabung kolom "NOMOR" dengan satu kolom yang ada dibawahnya, caranya:
1. klik tahan pada kolom "NOMOR" lalu seret ke bawah satu kolom saja.  2. Klik icon merge & center. selesai
Lihat panduan gambar dan hasil dibawah ini:
Gambar 2 
(hasil dari penggabungan kolom NOMOR dengan satu kolom dibawahnya)

Tugas 2:
Masih berdasarkan gambar 1 diatas tadi, kita akan menggabung kolom "NAMA SISWA" dengan satu kolom yang ada dibawahnya, caranya:
1. Klik tahan pada kolom "NAMA SISWA" lalu seret sampai satu kolom yang ada dibawahnya.
2. Klik icon merge & center. selesai
Lihat panduan gambar dan hasil dibawah ini:
Gambar 3
(hasil dari penggabungan kolom "NAMA SISWA" dengan satu kolom yang ada dibawahya)

 
Saya rasa dua contoh diatas sudah cukup.

Untuk menggabung kolom yang lain silahkan anda praktekkan sendiri. seperti ini nanti hasilnya:
Gambar 4
(hasil dari penyelesaian menggabungkan kolom) 


Demikian penjelasan cara menggabung kolom di Ms.Excel.
Semoga bermanfaat.

Cara menambah kolom klik disini


Jika kurang jelas silahkan tulis pertanyaan dikolom komentar.

Sumber https://lunangrojer.blogspot.com/