Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Libatkan Mahasiswa Terkait Pelaksanaan Pemilu 2019, Bawaslu Dan Stain Bengkalis Gelar Mou

Ketua STAIN Bengkalis Prof Samsul Nizar dan Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin menandatangani MoU Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, Rabu (31/10) siang.
Riau - Badan Pengawas Pemilu (Baswaslu) Bengkalis terus mengajak seluruh kalangan melaksanakan pengawasan partisipatif pelaksanaan Pemilu 2019. Kali ini Bawaslu mengajak Mahasiswa dan kampus untuk terlibat aktif dalam upaya pengawasan Pemilu secara partisipatif di wilayah Bengkalis.

Upaya mengajak mahasiswa dan Kampus melaksanakan pengawasan partisipatif dilakukan dengan MoU pengawasan partisipatif dengan pihak Kampus STAIN Bengkalis, Rabu (31/10) siang. MoU ditanda tangani eksklusif Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin dengan Ketua STAIN Bengkalis Prof Samsul Nizar diaula STAIN Bengkalis.

Penandatangan MoU ini disaksikan Ratusan mahasiswa STAIN Bengkalis serta tim Gakkumdu Bengkalis terdiri dari Polres Bengkalis dan Kejaksaaan Negeri Bengkalis. Usai penandatanganan MoU tersebut Bawaslu Bengkalis juga melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif yang sanggup dilakukan mahasiswa selama tahapan pemilu 2019 bergulir.

Mukhlasin mengatakan, dengan sosialisasi dilakukan semoga mahasiswa STAIN Bengkalis mengetahui pelaksanaan Pemilu yang baik. Sehingga mahasiswa sanggup mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 ini.

Menurut Mukhlasin, peranan mahasiswa dalam pengawasan dilakukan sanggup dengan memantau aktifitas calon legeslatif yang ada di lingkungan mereka masing masing. Ketika ada indikasi dugaan pelanggaran sanggup dilaporkan eksklusif ke Bawaslu Bengkalis.

"Kita juga akan melibatkan mahasiswa ini dalam acara Kepemiluan terutama dalam pengawasan yang kita lakukan," kata dia.

Menurut Mukhlasin, dikala ini memang gres satu kampus yang melaksanakan MoU pengawasan partisipatif bersama Bawaslu Bengkalis. Kedepan pihaknya akan upayakan seluruh kampus yang ada di Bengkalis juga melaksanakan MoU Pengawasan Partisipatif juga.

"Kalau untuk MoU memang gres STAIN Bengkalis. Namun kedepan kita akan siapkan rencana MoU dengan kampus lainnya, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 betul betul sanggup berjalan sebagaimana mestinya dengan keterlibatan mahasiswa sebagai pengawas partisipatif pelaksanaan Pemilu 2019," tandasnya.

Selain sosialisasi pengawasan, dalam kesempatan tersebut Bawaslu juga melaksanakan sosialisasi penting Pemilu 2019. Dengan sasaran keikutsertaan pemilih pemula dalam menyalurkan hak bunyi meningkat.

"Kita ketahui, dikalangan mahasiswa ini banyak pemilih pemula, sehinga mahasiswa tau demokrasi pemilu menyerupai apa yang meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam memakai hak suaranya," tandasnya.

Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/10/31/bawaslu-dan-stain-bengkalis-gelar-moulibatkan-mahasiswa-terkait-pelaksanaan-pemilu-2019

Video Recommended Aksi Bela Tauhid di Bengkalis