Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Backup Data Mac Dengan Time Machine

Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine dan Hard Disk Eksternal Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine

Berbeda dengan OS Windows yang hanya menyediakan fitur Restore Point, komputer Mac baik itu MacBook, MacBook Pro, MacBook Air dan iMac menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk backup semua data di Mac baik itu file sistem Mac OS X atau macOS dan juga file lainnya dengan yaitu Time Machine. Backup data di Mac cukup gampang dilakukan dengan Time Capsule ataupun hard disk eksternal.

Jika sebelumnya Anda termasuk pengguna Windows maka Anda tentunya mengenal fitur Restore Point bawaan Windows. Sayangnya, fitur Windows tersebut berbeda dengan Time Machine yang bisa backup semua file, aktivitas dan sistem operasi itu sendiri menyerupai dikutip PANDUANMAC dari situs Apple.

Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa produk Apple mahal dan juga kelebihan Mac, baik itu MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, atau iMac.

Time Machine tidak hanya berfungsi untuk backup data otomatis di Mac tapi juga bisa restore semua file termasuk file instalasi Mac OS X atau macOS.

Apa Itu Apple Time Machine?


Time Machine yaitu aplikasi bawaan Mac OS X dan macOS yang berfungsi untuk membackup semua data Mac, tidak hanya file tertentu tapi semua file, aplikasi dan sistem operasi Mac. Aplikasi ini sudah disertakan ketika Anda membeli Mac sehingga tidak perlu membayar lisensi aplikasinya.

Cara menggunakana Time Machine cukup mudah, cukup tancapkan Time Capsule atau hard disk eksternal ke perangkat Mac melalui port FireWire, atau ThunderBolt. Seketika itu, Mac akan otomatis mendeteksi dan akan muncul jendela yang menanyakan apakah hard disk tersebut akan dipakai backup data dengan Time Machine.

Sekalipun terbilang mudah, masih ada banyak pengguna MacBook yang belum mengetahuinya, berikut cara backup data Mac dengan Time Machine dan hard disk eksternal.


Langkah 1: Persiapan Backup Mac


Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mempersiapkan beberapa hal berikut ini

  • Komputer Mac dengan sistem operasi Mac OS X (macOS Sierra, El Capitan, Yosemite, Mavericks, Mountain Lion atau versi lainnya).
  • Hard disk eksternal, minimal 500GB yang mendukung Mac OS X. Pada tutorial ini, saya sendiri memakai HDD Eksternal merek WD yaitu My Passport Ultra (WD Backup) kapasitas 1TB.

Pastikan Anda kapasitas hard disk Mac lebih kecil atau tidak lebih besar dari kapasitas hard disk yang akan dipakai untuk membackup data Mac. Sebaiknya Anda memakai hard disk eksternal dengan kapasitas yang besar, minimal 1TB.

Langkah 2: Partisi Hard Disk Eksternal


Setelah membeli hard disk eksternal, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu membuat partisi di hard disk eksternal tadi dengan Disk Utility yang sanggup dibaca oleh Mac OS X yaitu OS X Extended (Journaled).

Secara default, ketika hard disk eksternal dicolokkan ke Mac, semua kapasitas hard disk eksternal tersebut akan dipakai Time Machine untuk backup data Mac. Tapi jikalau Anda hanya ingin memakai sebagian saja maka harus membagi dua partisi hard disk ekternal tersebut, silahkan baca postingan sebelumnya wacana Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility.

Langkah 3: Backup Data Mac ke Hard Disk Eksternal dengan Time Machine


Langkah selanjutnya yaitu backup semua data Mac dengan Time Machine ke hard disk eksternal tadi. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Colokkan hard disk eksternal ke Mac melalui port USB.
  2. Klik sajian Apple – System Preferences.
    Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine dan Hard Disk Eksternal Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine
  3. Klik Time Machine.
    Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine dan Hard Disk Eksternal Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine
  4. Setelah jendela Time Machine muncul, klik Select Backup Disk…
    Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine dan Hard Disk Eksternal Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine
  5. Pilih partisi hard disk untuk backup yang telah Anda buat diatas tadi kemudian klik Use Disk.
    Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine dan Hard Disk Eksternal Cara Praktis Backup Data Mac dengan Time Machine
  6. Sekarang, Time Machine akan otomatis dalam posisi “ON” dan mulai melaksanakan proses backup.

Pada jendela Time Machine, akan muncul gosip berapa besar kapasitas data yang akan dibackup, usang proses. Waktu yang diharapkan untuk backup semua data di Mac dengan Time Machine tergantung dari besarnya keseluruhan file dan kecepatan transfer data.

Anda juga sanggup membackup data dengan mencabut dan colokkan ulang hard disk eksternal yang sudah Anda bagi partisinya kemudian secara otomatis Mac akan mendeteksi dan menanyakan apakah hard disk eksternal tersebut akan dipakai sebagai media backup. Selanjutnya, pilih partisi hard disk mana yang akan dipakai kemudian klik Use as Backup Disk.

Anda masih bingung? Simak video tutorial cara backup data Mac dengan baik dan benar di bawah ini.


Penutup


Untuk mengamankan backup data Mac Anda, sebaiknya aktifkan pilihan Encrypt Backup Disk sebelum menentukan partisi yang akan dipakai diatas.

Cara backup data Mac diatas sanggup juga dipakai jikalau Anda memakai MacBook, MacBook Pro, MacBook Air ataupun komputer Mac lainnya.

Bagi Anda yang belum pernah sama sekali backup data Mac dengan Time Machine ke hard disk eksternal, sebaiknya melakukannya kini sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai kata kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”.