Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Branding : Kunci Sukses Bisnis Solopreneur Sebagai Blogger

 Branding yaitu kata kunci sukses bisnis Branding : Kunci Sukses Bisnis Solopreneur Sebagai Blogger

Branding yaitu kata kunci sukses bisnis. Jika pebisnis solopreneur menyerupai seorang blogger menerapkan branding pada blognya, apakah akan meraih kesuksesan juga?. Mari kita ulas branding vs niche blog.
Sudah menjadi belakang layar umum para blogger bahwa jikalau ingin sukses maka harus fokus pada satu niche saja. Akan sangat sedikit kita temui goresan pena perihal bagaimana cara membuat branding blog?.
Ketika kita berbicara niche maka bekerjsama kita sedang membahas teknis blog semata. Namun dikala kita membahas perihal branding blog maka kita sedang terjun ke dunia bisnis dan kata yang cocok disematkan buat pebisnis menyerupai blogger yaitu solopreneur.

Mengapa seorang blogger harus menjadi pebisnis?

Jika selama ini banyak kalangan masyarakat yang tidak familiar dengan istilah blogger maka masuk akal saja jikalau seorang blogger sering dianggap sebelah mata.
Meskipun kita sebagai blogger sudah hapal bagaimana dongeng sukses maxmaroe meraup puluhan bahkan mungkin ratusan juta dari hasil ngeblog, atau dongeng sukses mas sugeng, klik mania atau mastimon yang berhasil meraup puluhan juta pundi-pundi rupiah. Tetap saja blogger yaitu "kasta terendah". 
Mungkin kita sebagai seorang blogger harus bisa memulai bagaimana terjun sebagai solopreneur. Dalam kamus saya, solopreneur yaitu wirausaha yang dijalankan sendirian.
Jika toko online menjual produk maka blogger menjual konten/artikel. Owner toko online akan mempunyai taktik marketing untuk memenangkan pasar maka blogger harus terjun kedalam dunia pemasaran tidak hanya berkutat pada seo semata.

Jika selama ini pengunjung blog menyerupai tiba dan pergi berlalu begitu saja maka sebagai pebisnis solopreneur, blogger harus bisa membuat pengunjung menjadi pembaca yang setia. Saya kira akan sangat melelahkan jikalau kita berjuang terus membuat artikel masuk halaman pertama google. Itu akan membuat kita sebagai blogger jenuh dan pengunjung pun tidak akan loyal.
Branding blog menjadi salah satu solusi mencapai titik kesuksesan seorang blogger.  Sebagai ilustrasi jikalau seseorang ingin mendapatkan artikel perihal bisnis maka harus berkunjung ke blog maxmanroe. Dalam hal tersebut, maxmanroe berhasil membuat branding pada blognya.
Sebelum kita mengulas branding blog, mari kita kenali dulu apa itu branding.

Apakah branding itu?


Dalam media jurnal , branding yaitu magnet yang mendatangkan konsumen. Dalam blog maxmanroe, branding yaitu membuat nilai plus pada brand. Menurut saya, branding yaitu taktik membuat merk menempel di alam bawah sadar konsumen.
Hasil selesai branding yaitu positioning. Sebagai contoh Le Minerale yaitu minuman mineral yang ada manisnya. Maka Le Minerale yaitu merk sedangkan minuman mineral yang ada manisnya yaitu branding sehingga pada positioning masyarakat jikalau ada kata"yang ada manisnya" maka yang menempel pada pikirannya yaitu Le Minerale. Kenapa masyarakat atau konsumen tidak mengingat gula, bukankah yang anggun itu gula?. 
Dalam studi masalah lainnya, Mie janda. Sebagai branding yang membuat nilai plus yang gampang diingat maka mie janda sudah berhasil membuat popularitasnya naik. Kata janda yang sudah familiar akan gampang diingat dan memancing ingin tau konsumen, ada apa dengan mie janda?. Akan tetapi dalam definisi branding saya, maka mie janda hanya membuat popularitas tidak pribadi mengena ke positioning konsumen alasannya yaitu kalau kita ingat mie tidak pribadi ingat janda atau sebaliknya dikala kita ingat janda tidak pribadi mengingat mie. 
Dalam branding sebuah produk memerlukan sebuah riset pasar dan sasaran yang ingin dicapai.
Bagaimana langkah-langkah branding blog?
Branding blog bukanlah sesuatu yang gampang alasannya yaitu jutaan artikel yang mungkin saja mempunyai konsep yang sama. Meskipun tidak gampang apalagi jikalau dilakukan sendirian namun branding tetap harus diterapkan dalam blog.
Untuk sanggup memulai branding blog atau web maka ada beberapa langkah yang bisa dijadikan pola ngeblog. 
1. Tentukan niche
Niche blog yaitu brand. Maka akan sangat penting untuk memulai dari awal membuat blog dengan memilih apa niche blog.
Jika niche blog kita yaitu kesehatan maka apa yang harus kita branding?. Jawabannya akan ditemukan pada selesai tulisan.
2. Target Pembaca
Dalam mengawali membuat blog harus ditentukan terlebih dahulu siapa target pembaca kita. Apakah wanita atau pria atau keduanya.
3. Segmentasi
Tentukan segmentasi pembaca blog. Setelah kita membuat sasaran pembaca maka mulailah memilih segmen pembaca.
Segmentasi pembaca dimulai dari umur, wilayah, pendidikan, pekerjaan dan semua hal yang bersifat spesifik identitas pembaca.
4. Perilaku
Perilaku audiens perlu kita petakan sebelum membuat blog, apakah audiens akan aktif dijam berapa, bagaimana bahasa audien dan lainnya.

Mari kita memulai cara branding blog

Setelah kita mengetahui langkah-langkah branding blog mari kita memulai menerapkan cara-cara branding blog.
1. Alamat Url blog

Alamat url blog harus gampang diingat dan mencerminkan isi keseluruhan blog. Alamat url maksimal terdiri dari dua suku kata dan tiap suku kata jangan bertabrakan. Misal baju urban yaitu kurang ngebrand alasannya yaitu di akhiran suku kata baju yaitu hurup u dan dilanjut lagi dengan awalan hurup u. Akan lebih baik jikalau menjadi kaos urban.
2. Judul blog mewakili alamat blog.
Penentuan judul blog hampir sama dengan penentuan alamat url.
3. Gaya bahasa
Gaya bahasa yang dipilih harus mewakili segmentasi dan sikap pembaca yang ditargetkan. Kala segmennya anak berilmu balig cukup akal ya pake bahasa belum dewasa berilmu balig cukup akal begitu seterusnya. 
4. Pemilihan gambar
Pemilihan gambar merupakan salah satu kunci sukses branding blog. Bayangin aja kalo sasaran yang dipilih remaaja tetapi pemilihan gambar kurang pintar maka tidak akan kena dihati pembaca.
5. Warna dan desain blog
Warna dan desain blog memilih apakah pembaca merasa nyaman atau tidak dalam menavigasi blog. Jika sasarannya anak muda maka warna yang dipilih harus ngejreng.
6. Aja pembaca subscribe lewat email.

Hal tersebut penting guna memastikan pembaca akan mendapatkan postingan terlebih dulu dibandingkan dengan yang tidak subscribe.

Niche vs branding blog

Niche yaitu tema blog sedangkan branding yaitu memoles niche biar lebih ngebrand. Hal tersebut berarti niche yaitu merk dan acara meningkatkan secara optimal niche yaitu branding.