Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gudang Data (Data Warehouse) Pada Data Mining

Pengertian Data Mining

Data mining ialah pembelajaran berbasis induksi (induction-based learning) ialah proses pembentukan definisi-definisi konsep umum yang dilakukan dengan cara mengobservasi contoh-contoh spesifik dari konsep-konsep yang akan dipelajari.

Data mining berisi pencarian animo atau pola yang diinginkan dalam database yang besar untuk membantu pengambilan keputusan di waktu yang akan datang. Harapannya, perangkat data mining bisa mengenali pola-pola ini dalam data dengan masukan yang minimal.Pola-pola ini dikenali oleh perangkat tertentu yang sanggup menawarkan suatu analisa data yang mempunyai kegunaan dan berwawasan yang lalu sanggup dipelajari dengan lebih teliti, yang mungkin saja memakai perangkat pendukung keputusan yang lainnya.

Sumber Gambar: datawarehouse4u.info

Baca Juga: Definisi Data Mining

Pengertian data Warehouse pada Data Mining

Data mining berpotensi tinggi kalau data yang sempurna dikumpulkan dan disimpan dalam sebuah gudang data (data warehouse). Sebuah gudang data merupakan suatu sistem administrasi basisdata relasional (RDMS) yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan akan sistem pengolahan transaksi. Data Warehouse, secara bebas sanggup didefinisikan sebagai daerah penyim'panan data terpusat yang sanggup di-query untuk manfaat bisnis. Data warehousing merupakan teknik gres yang powerful yang membuatnya mungkin untuk mengekstrak data operasional yang diarsipkan dan mengatasi ketidakkonsistensian dari format-format data warisan yang berbeda. Data warehouse baik untuk mengintegrasikan keseluruhan data sebuah perusahaan,tanpa memperhatikan lokasi, format atau kebutuhan komunikasi yang memungkinkan untuk memasukkan gosip pelengkap atau ahli. Ini berarti menghubungkan secara logis antara apa yang dilihat oleh manajer dalam aplikasi 

Baca Juga: Operasi dan tahapan Proses Data Mining 

sistem gosip pendukung keputusan dan aktifitas operasional perusahaan. Dengan kata lain, data warehouse menyediakan data yang siap ditransformasi dan disimpulkan sedemikian sampai membuatnya sesuai untuk aplikasi DSS dan SIM yang lebih efisien.  Gudang data biasanya berisi data sejarah, terkumpul dari sumber yang berbeda-beda menyerupai sistem proses transaksi online — Online Data Transaction Processing (0LTP), system warisan, file-file teks dan spreadsheets. Pada data-tersebut lalu dilakukan proses pencucian untuk aku'rasi dan konsistensi dan mengelolanya untuk memudahkan dan efisiensi pada query.