Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Apakah Hardisk PC/Laptop Kamu Masih Sehat?


Dari banyak komponen perangkat keras yang membentuk komputer kita, Hard Disk (atau SSD) adalah salah satu yang paling penting. Lagi pula, mereka menyimpan semua arsip rahasia kita, data pribadi yang berharga, dan tentu saja, bahkan OS.

Namun, seperti segala sesuatu yang elektronik, Hard Disk memiliki umur yang terbatas, dan kinerjanya mulai merosot seiring berjalannya waktu, dan akhirnya mereka berhenti bekerja. Dan ketika mereka melakukannya, kehilangan data bisa (dan sering terjadi) mengikuti. Jadi sangat penting bahwa Anda secara teratur memantau kesehatan hard disk PC Anda, sehingga langkah-langkah yang diperlukan (seperti memback up data) dapat dilakukan jika hard disk mulai bermasalah. Tapi bagaimana melakukannya?

Tidak masalah, karena memang itulah artikel ini. Teruslah membaca, dan cari tahu bagaimana cara memeriksa kesehatan Hard Disk melalui sistem operasi Windows.

1. Menggunakan alat built-in CHKDSK dari OS Windows

Mungkin metode termudah dan paling mudah untuk menilai kesehatan Hard Disk komputer adalah melalui CHKDSK. Short for Check Disk, CHKDSK adalah alat sistem built-in Windows yang dapat memindai hard disk (partisi) untuk kesalahan logis, masalah sistem file, dan juga bad sector. Tidak hanya itu, juga bisa memperbaiki kesalahan sistem file, dan berusaha memulihkan bad sector. CHKDSK dapat dijalankan baik melalui Command Prompt, dan juga melalui Windows Explorer. Begini caranya:

Cara Kerja Menggunakan Command Prompt:


Bukalah Command Prompt harus run administrator, dan ketik "X: \ chkdsk" (tanpa tanda kutip). Di sini, X adalah singkatan dari drive letter dari partisi hard disk yang akan dipindai. Chkdsk sekarang akan memindai partisi disk, dan menampilkan laporan pemindaian saat selesai.

Cara Kerja Menggunakan Windows Explorer:

Klik kanan pada partisi disk yang akan dipindai, dan klik Properties. Sekarang, di bawah tab Tools, klik tombol Check now, dan CHKDSK akan melakukan sisanya.

Singkatnya, jika Anda hanya ingin menjalankan diagnostik dasar untuk melihat apakah Hard Disk berjalan dengan baik, CHKDSK lebih dari cukup.