Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Bentuk Komunikasi Audio

Pengertian Komunikasi Audio pada Komunikasi Data

Komunikasi Audio ialah Sebuah komunikasi antar orang, lembaga, kantor ataupun perusahaan dengan memakai lambang verbal atau sebuah bahasa yang disampaikan secara lisan.

Di lingkungan sekitar kita aneka macam macam-macam bentuk komunikasi audio yang sering kita jumpai, macam-macam bentuk komunikasi ini dipakai untuk memberikan informasi kepada orang lain baik secara personal maupun secara bersama-sama.



Macam-macam Bentuk Komunikasi Audio

Berikut ialah bentuk-bentuk komunikasi Audio yang paling sering kita jumpai di lingkungan sekitar menyerupai Radio, Alat Perekam Magnetik, Piringan Hitam, Kaset, CD dan DVD, MP3 dan WAV

1. Radio
Radio ialah bentuk komunikasi Audio yang paling sering kita jumpai dan paling umum dipakai dalam masyarakat. Radio merupakan perlengkapan elektronik yang sanggup digunakann untuk mendengarkan isu yang cantik dan aktual, selain itu radio juga sanggup dipakai untuk mengetahui beberapa kejadian-kejadian atau kejadian penting yang gres saja terjadi melalui siaran radio. Radio juga sanggup dipakai sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.

2. Alat Perekam Magnetik
Alat Perekam Magnetik ialah salah satu bentuk komunikasi audio yang sanggup dipakai untuk merekan bunyi secara manual. Alat ini sangat cocok untuk dipakai sebagai media pembelajaran kepada siswa.

3. Piringan Hitam 
Piringan Hitam ialah alat penyimpan file audio(modern) yang pertama kali ditemukan. Piringan hitam mempunyai pena yang bergetar yang berfungsi untuk menghasilkan bunyi atau bunyi dari sebuah disc. Alat yang biasa dipakai untuk memutar piringan hitam ialah gramophone.


4. Kaset
Kaset ialah sebuat alat penyimapan file audio yang berbentuk pita kaset. kaset sudah sangat jarang ditemukan ketika ini alasannya banyak orang yang sudah beralih memakai CD ataupun flashdisk. Setiap pita kaset bisa menyimpan file audio yang berdurasi setiap 1 jam setiap sisinya. Kualitas bunyi yang dihasilkan sangat bagus. Alat untuk memutar kaset ialah radio tape, tape deck atau walkman.

5. CD dan DVD
CD atau Compact Disk dan DVD atau Digital Compact Disk ialah media penyimpanan file audio yang dipakai untuk merampingkan sistem penyimpanannya. Selain itu CD atau DVD bisa menyimpan file yang cukup banyak dan besar dan kualitas yang dihasilkan juga sangat bagus. Alat untuk memutar CD atau DVD ialah CD Player dan DVD player

6. MP3
MP3 ialah salah satu format penyimpanan file audio digital yang dianggap paling terkenal ketika ini. Disamping itu ukuran kapasitas dari mp3 juga lebih kecil dibandingkan format lain dan bisa menghasilkan bunyi yang sangat bagus. Alat yang dipakai untuk memutar mp3 ialah MP3 player ataupun Ipod

7. Audio Digital (WAV)
WAV ialah format penyimpanan file audio  yang dirancang dan dikembangkan oleh microsoft dan IBM. Alat yang sanggup dipakai untuk memutar WAV ialah Ipod.