Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Meningkatkan Pengunjung Blog Hingga Ratusan Bahkan Ribuan Visitor Setiap Hari

 Untuk para blogger baik yang masih newbie cara simpel meningkatkan pengunjung blog hingga ratusan bahkan ribuan visitor setiap hari

Untuk para blogger baik yang masih newbie(baru) maupun yang sudah senior tentunya Traffic merupakan hal yang harus di perhatikan ya.

Apalagi bagi para blogger yang pingin penghasilan(earning) dari acara bloggingnya banyak.

Memangnya apa kekerabatan Traffic dengan Earning?

Tentu saja ada hubungannya. Semakin banyak traffic maka semakin banyak pula kemungkinan meningkatnya penghasilan yang di dapat.

Misal anda yaitu sebuah pemilik toko kue, kemudian anda melaksanakan banyak sekali jenis promosi untuk mendapat pembeli.

Tapi apakah orang yang melihat promosi itu akan eksklusif membeli kuliner ringan manis di toko anda?

Pastinya Tidak. Mereka akan datang, kemudian mereka akan melihat barang apa saja yang anda jual.

Jika pengunjung toko anda semakin banyak, maka semakin banyak pula kemungkinan pembeli yang akan membeli kuliner ringan manis di toko anda. Dan jikalau semakin banyak yang membeli maka semakin banyak pula laba yang akan anda dapat.

Sistem tersebut juga berlaku terhadap para blogger.

Ibaratkan saja blog yaitu toko, pembeli yaitu visitor(traffic), konten pada blog yaitu barang.

Makara apakah dengan melaksanakan promosi maka pengunjung blog akan semakin banyak?

Tentunya bukan hanya sekedar melaksanakan promosi asal asalan saja. Promosi itu BAIK, namun jikalau dilakukan pada daerah yang tepat.

Banyak para blogger yang sudah puluhan tahun menekuni acara blogging bahkan sudah mempunyai ribuan artikel, namun mereka hanya mempunyai pengunjung yang sedikit.

Ada juga blogger yang gres beberapa bulan melaksanakan acara blogging, bahkan artikel yang mereka buat masih sangat sedikit, tapi pengunjung blog mereka sudah mencapai ribuan pengunjung setiap harinya.

Baca Juga: Beberapa Kesaahan Yang Menyebabkan Akun Adsense Di Banned, Paling Sering Dilakukan Oleh Para Blogger!!

Lalu mengapa hal ibarat itu bisa terjadi?

Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu promosi, kualitas konten, backlink dan seo.
Visitor sendiri di bagi menjadi dua macam, yaitu visitor organik dan non-organik.

Terus apa bedanya?

Visitor organik adalah  pengunjung yang bersumber eksklusif dari search enginer(mesin pencari) ibarat Google, Yahoo, dan Bing.

Pengunjung blog yang berasal dari mesin pencari merupakan visitor yang di utamakan oleh Google.

Sedangkan visitor non-organik yaitu pengunjung yang berasal selain dari mesin pencari(non-search enginer). Bisa berasal dari sosial media ibarat Facebook, Twitter, Whatsapps, Instagram dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara mendapat visitor blog.

Tapi visitor yang bagaimana?

Kedua jenis visitor di atas mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.
Visitor organik merupakan pengunjung blog yang di utamakan. Namun visitor non-organik juga bisa berkembang menjadi visitor organik ketika kita tahu caranya.

Makara di sini saya akan menunjukkan cara untuk mendapat visitor blog baik organik maupun yang non-organik. Berikut ulasanya.

1.Share Ke Sosial Media


Cara pertama yang paling dasar dan paling simpel untuk di lakukan yaitu melaksanakan share ke banyak sekali situs sosial media.

Share yaitu acara membagikan sesuatu kepada orang lain. Dalam hal ini kita akan men-share url atau alamat blog kita.

Dengan membagikan alamat blog kita kepada orang lain, maka kita akan mendapat visitor blog yang banyak dan sangat cepat.

Kita bisa mendapat banyak visitor dengan cepat hanya dengan share url blog kita.

Seperti yang kita ketahui, sosial media yaitu sebuah daerah yang paling ramai di kunjungi oleh orang setiap harinya. Sosial media merupakan daerah nongkrong bagi para insan modern ketika ini.

Coba kau pikirkan...

Berapa kali kau membuka sosial media? Berapa detik, menit, jam untuk online di sosial media? Berapa orang yang aktif di sosial media setiap harinya?

Sudah puluhan, ratusan, jutaan kali kita membuka sosial media, Kita telah menghabiskan detik, menit dan jam untuk online di sosial media, Ratusan, jutaan, orang telah aktif di sosial media setiap harinya.

Sekarang kita tahu alasan mengapa sosial media merupakan sasaran empuk untuk mendapat puluhan, ratusan bahkan ribuan visitor.

Jangan sia-siakan waktu anda hanya untuk mendapat like, follow, twett di sosial media.
Jika anda yaitu orang yang punya popularitas yang tinggi di media sosial, maka untuk mendapat ribuan visitor sangatlah gampang.

Saya bukan orang yang popular atau terkenal di sosial media!!

Itu bukanlah sebuah permasalahan besar.

Popularitas bisa di bangkit oleh siapa saja.

Anda hanya perlu menjalin kekerabatan yang baik kepada semua teman anda di sosial media, bisa dengan like status mereka, berkomentar positif di setiap status yang mereka post atau bahkan melaksanakan komunikasi pribadi yang baik.

Hal sepele ibarat itu ternyata sanggup menciptakan orang lebih mengenal kita dan jikalau kita sering malakukan hal itu kepada semua orang maka kita akan di kenal dan menjadi populer.

Ketika kita sudah terkenal dan mempunyai kekerabatan yang baik kepada semua orang. Maka saatnya untuk SHARE url atau artikel pada blog kita kepada mereka.

Tidak perlu menunggu lama, maka kita akan mendapat banyak visitor hanya dalam hitungan detik.

Ada banyak sosial media yang bisa anda jadikan daerah untuk mendatangkan visitor blog. Diantaranya: Facebook,  Instagram, Pinterest, GooglePlus, LinkedIn, Twitter, Whatsapps, dll.

Namun dari sekian banyak sosial media, saya sendiri lebih menyarankan anda untuk berfokus pada Facebook. Karena sosial media satu ini merupakan daerah yang paling rame, dan paling cocok untuk mendatangkan pengunjung blog.

Lalu visitor jenis apa yang akan kita sanggup jikalau menerapkan cara ini?

Kita akan mendapat visitor non-organik. Karena kita membagikan alamat blog di sosial media maka visitor yang akan berkunjung juga berasal dari sosial media.


Baca Juga: Ini Dia Strategi Dan Cara Praktis Mendapat Banyak Backlink Blog Yang Aman, Berkualitas Dan Tahan Lama.

2. Buat Konten Yang Unik & Menarik


“Konten Is King”. Dalam dunia blogging, konten yaitu raja. Sebagus dan sekeren apapun blog yang anda buat, tidak akan ada gunanya jikalau tidak mempunyai konten.

Orang yang tiba ke sebuah blog tentunya mempunyai tujuan!! yaitu untuk mencari dan melihat informasi.

Informasi yang unik dan menarik tentunya akan menciptakan orang yang melihatnya akan merasa ingin tau dan ingin membaca gosip lebih lanjut.

Semakin unik konten yang anda buat, maka semakin simpel anda mendapat banyak pengunjung blog.

Konten yang unik yaitu konten yang bisa menciptakan para pembacanya merasa ingin tau dan sanggup menciptakan ketertarikan untuk membaca lebih lanjut mengenai isi konten yang disajikan.

Konten yang unik dan menarik juga mamapu menciptakan para pembacanya ingin terus membaca isi konten tersebut hingga selesai.

Apa bedanya konten yang cantik dengan konten yang unik?

Walaupun kedengarannya sama, namun ternyata konten cantik dan unik itu berbeda.

Konten cantik yaitu konten yang mempunyai judul, pendahuluan, isi, dan epilog yang mana kesemuannya  sudah terususun secara sistematis dan terencana.

Susunan kata, kalimat, penggunaan gambar dan banyaknya paragraf sudah sesuai dengan ketentuan, atau bisa di katakan “sesuai standart”. Tidak ada hal yang lebih atau yang kurang, tidak ada sesuatu yang lebih yang sanggup di tonjolkan.

Namun berbeda dengan konten unik dan menarik. Konten ibarat ini merupakan konten yang tidak mempunyai komposisi dan standart yang tetap.

Konten ibarat ini sanggup menjadi berlebihan maupun kekurangan. Namun walaupun begitu konten ini bisa menunjukkan nilai lebih dari banyak sekali sisi.

Walaupun tidak tersusun secara rapi namun bisa menciptakan orang yang membaca menjadi ketagihan dan ingin membacanya lagi.

3. Backlink


Backlink merupakan salah satu cara yang masuk ke dalam teknik seo. Backlink yaitu link dari blog lain yang bisa mengarah ke blog kita.

Maksudnya begini. Apabila ada sebuah blog orang lain yang menempatkan link (blog kamu) di dalam blog(orang tersebut) dan ketika link tersebut di klik maka akan membawa ke halaman blog anda. Itulah yang dinamakan backlink.

Backlink yang baik akan sanggup mendatangkan visitor ke dalam blog kamu, dan bahkan bisa menciptakan blog kau di pandang sebagai blog yang baik di mata Google.

Backlink tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika kita melaksanakan backlink secara sembarangan maka bukan mustahil blog kita akan di anggap SPAM dan bisa merusak gambaran baik blog kita di mesin pencari(search enginer).

Bagaimana cara mendapat backlink yang berkualitas?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat backlink berkualitas, namun saya akan menjelaskan sebagian kecil saja.

Menulis di blog orang lain

Dengan menulis artikel di blog orang lain maka sama saja dengan kita menanam backlink ke halaman blog kita.

Caranya dengan menyisipan beberapa link ke dalam artikel. Link yang di maksud yaitu link yang mengarah ke blog atau halaman tertentu di blog kita.

Jumlah link yang di sisipkan pada artikel juga perlu di perhatikan. Tidak boleh berlebihan dan juga dihentikan terlalu sedikit. Saya sarankan untuk menempatkan 2 hingga 3 link saja sudah cukup.

Cara ini hanya bisa dilakukan jikalau kita sudah mendapat persetujuan dari pemiliki blog, maka dari itu lebih baik anda menghubungi pemilik blog dan meminta ijin untuk  menulis artikel di blognya.

Pemilihan blog yang akan di tanam backlink juga tidak sembarangan. Pilihlah blog yang mempunyai kualitas yang paling bagus, dan terpercaya. Perhatikan juga alexa, ranking blog, umur dan jumlah visitor.

4. Aktif Di Forum, Group atau komunitas


Aktif di forum-forum diskusi maupun di group merupakan salah satu cara untuk meningkatkan visitor blog kamu.

Tapi perlu di ingat pilihlah forum, group atau komunitas yang mempunyai pembahasan yang sama
dengan isi blog kamu.

Misal blog kau lebih cenderung membahas wacana makanan, maka pilihlah lembaga yang membahas mengenai seputar makanan.

Dengan sering aktif di daerah diskusi ibarat forum, group maka kau bisa mempekenalkan blog kau kepada para member di sana.

Misalkan ada yang bertanya...

“Masakan apa ya yang punya rasa lezat dan cara pembuatanya mudah?”

Maka kau bisa menunjukkan balasan dengan menempatkan link blog kau yang masih ada kaitan dan bisa menunjukkan solusi terhadap pertanyaan tersebut.

Tapi ingat!! Jangan terlalu sering menempatkan link blog kau di situs tanya jawab ibarat forum, group dan komunitas.

Loh memangnya kenapa?

Jika kau terlalu sering menempatkan link maka kau bisa di cap sebagai orang yang sering melaksanakan SPAM!! Makara berhati-hatilah.

5. Buat Judul Artikel Yang Menarik


Masih ada kaitannya dengan poin nomer 2. Tidak hannya konten saja yang harus unik dan menarik, tetapi juga judulnya pun harus menarik dan menciptakan orang penasaran.

Dengan menunjukkan judul yang menarik pastinya akan menciptakan orang ingin tau dan ingin membaca isi artikel tersebut.

Perlu di ingat judul boleh menarik, namun kau dihentikan terlalu berlebihan apalagi menipu orang lain.

Aduh pusing!! Maksudnya gimana?

Misalnya “Wow sangat mengerikan, Minuman ini terbuat dari kerikil loh”

Contoh di atas merupakan salah satu pola judul yang terlalu berlebihan dan menipu orang lain. Mana ada minuman yang  terbuat dari kerikil heheh !!!

6. Seo (Search Engine Optimization)


Seo merupakan salah satu teknik yang saya rasa bisa menciptakan peningkatan pengunjung di blog anda.

Seo merupakan cara yang dilakukan untuk meng-optimalkan artikel blog kita biar terlihat cantik di
mesin pencari.

Atau mudahnya bisa menciptakan artikel yang kita buat bisa menempati urutan teratas di mesin pencari (page one).

Apabila artikel kita berada di urutan paling atas di mesin pencari maka kemungkinan kita akan mendapat banyak pengunjung.

Tapi sayangnya berguru dan menerapkan SEO yang benar bukanlah kasus yang simpel apalagi bagi para pemula ibarat saya.

Banyak yang bilang SEO itu bukan ilmu niscaya dan ilmu SEO itu selalu berubah mengikuti perkembangan search enginer(mesin pencari).

Ilmu SEO itu sangatlah luas, bahkan untuk mempelajarinya saja memerlukan waktu yang cukup
banyak. Namun jikalau anda sudah menguasai ilmu ini, maka untuk mendapat page one itu bisa di bilang cukup mudah.

Saya tidak akan menunjukkan cara atau pembahasan mengenai SEO lebih dalam. Itu alasannya saya juga belum bisa menerapkan SEO dalam blog saya sendiri.

Namun hening anda bisa berguru dari banyak sekali sumber yang memang sudah jago dalam bidang SEO ibarat situs PanduanIM.com, Sugeng.id, Mastimon.com, Maxmanroe.com, KlikMania.net dan yang lainnya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, cara yang saya sampaikan merupakan sebagian saja dari ribuan cara untuk meningkatkan visitor blog. Dan tentunya untuk mendapat visitor yang banyak bukanlah kasus yang mudah.

Namun jikalau anda yakin dan tidak pernah berputus asa maka apa yang anda usahakan akan segera anda dapatkan.