Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Harddisk Pada Komputer Dan Laptop

Harddisk yakni salah satu media penyimpanan data yang paling banyak dipakai ketika ini. Media penyimpanan ini biasanya dipakai pada perangkat elektronik ibarat komputer atau laptop.

Alasan mengapa komputer dan laptop memakai media penyimpanan berupa Harddisk, ya salah satunya lantaran kapasitas penyimpanan yang besar sampai 1 TB, bahkan kabarnya kapasitas terbesar dari Harddisk sudah bisa mencapai 3 TB.

Selain lantaran kapasitasnya yang besar, pemilihan Harddisk sebagai media penyimpanan juga disebabkan oleh faktor karakteristik-Nya yang bersifat tetap.

Maksudnya yakni harddisk bisa menyimpan data yang mana data tersebut akan tetap ada walaupun tidak ada pedoman listrik yang mengalir pada Harddisk.

Nah dari semua kelebihan yang dimiliki oleh Harddisk, tentunya sehebat dan sekuat apapun alat elektronik niscaya ada kalanya ia mengalami error atau rusak. Untuk media penyimpanan ibarat Harddisk sendiri mempunyai batas pemakaian yaitu sekitar 2-3 tahun.

Oleh alasannya yakni itu, guna memperhatikan kenyamanan pengguna, melaksanakan pengecekan terhadap Harddisk merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan.

Sebab dengan kita mengetahui kondisi Harddisk maka kita bisa mengetahui bagaimana harddisk bekerja, apa saja persoalan yang dihadapi oleh harddisk, dan apa saja error yang ada pada Harddisk.

Harddisk yakni salah satu media penyimpanan data yang paling banyak dipakai ketika ini Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Harddisk Pada Komputer Dan Laptop

Jika kita sudah mengetahui kondisi kesehatan pada Harddisk maka nantinya jika ada error atau masalah, kita bisa dengan segera memperbaikinya.

Tapi yang menjadi sebuah permasalahan yakni "Bagaimana cara mengecek kondisi kesehatan Harddisk tersebut??"

Pertanyaan itulah yang akan menjadi landasan pokok pembahasan kita kali ini. Pada kesempatan kali ini aku telah menyediakan 2 cara sederhana untuk mengecek kondisi Harddisk.

2 cara ini mencakup cara dengan memanfaatkan layanan yang sudah ada di Windows dan cara dengan memanfaatkan layanan pihak ketiga.

Penasaran?? Oke. Langsung saja anda simak baik-baik cara-Nya dibawah ini:


A. Memanfaatkan Alat Diagnosa Bawaan Windows


Cara pertama yakni dengan memanfaatkan layanan diagnosa yang sudah ada di windows, jadi kita tinggal menggunakan-Nya saja. Lalu bagaimana cara memakai layanan tersebut? ikuti panduan-Nya dibawah ini:

1. Buka Windows Explorer.

2. Klik kanan pada HDD atau SSD yang ingin kau periksa. Misal-Nya Drive C atau D.

3. Pilih Properties.

4. Akan tampil jendela baru. Pilih pada hidangan "Hardware".

5. Anda bisa melihat pada penggalan "Device Status" jika bertuliskan This device is working properly. Itu berarti harddisk anda bekerja dengan baik.

6. Untuk melihat lebih detail mengenai error atau permasalahan pada Harddisk, anda tinggal mengalihkan pada hidangan "Tools".

7. Lalu klik pada tombol "Check".



B. Memanfaatkan Software Pihak Ke-3


Memanfaatkan layanan diagnosa yang sudah ada di Windows memang menjadi pilihan praktis, lantaran akomodasi dalam penggunaan-Nya. Tapi ada satu kekurangan dari layanan diagnosa pada Windows, yaitu info yang ditampilkan bersifat singkat dan kurang lengkap.

Maka dari itu, semoga anda bisa mengetahui kondisi Harddisk secara tepat maka diharapkan sebuah layanan pihak ketiga.

Software ini berjulukan Crystaldiskinfo. Crystaldiskinfo sendiri merupakan software aplikasi gratis, namun tersedia pula versi berbayar-Nya. Dan tentunya versi berbayar-lah yang mempunyai banyak kelebihan.

Untuk mendapat software Crystaldiskinfo, anda bisa mengunjungi link berikut: https://crystalmark.info/en/download/

Untuk cara penggunaan software ini sendiri bisa dibilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:


1. Download dan install software aplikasi yang berjulukan Crystaldiskinfo.

2. Langsung saja buka aplikasi-Nya.

3. Dan info lengkap mengenai kondisi Harddisk anda akan segera ditampilkan.


Itu ia cara gampang mengetahui kondisi kesehatan Harddisk pada komputer dan laptop. Semoga info ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita ya. Terimakasih.