Pengertian Keragaman Komunikasi Pada Komunikasi Data
Pengertian Keragaman Komunikasi dalam Komunikasi Data
Jika dipilah berdasarkan suku katanya keragaman komunikasi terdiri dari 2 suku kata yaitu Keragaman dan Komunikasi. Keragaman itu sendiri berasal dari kata Ragam yang artinya lebih dari satu atau jumlah yang lebih banyak sedangkan arti dari kata Komunikasi ialah proses penyampaian gosip antar individu, baik perorangan, golongan maupun masyarakat. Dari pengertian diatas sanggup disimpulkan pengertian Keragaman Komunikasi sebagai berikut:
Keragaman komunikasi ialah satu atau lebih metode yang sanggup dipakai untuk mendyampaikan gosip yang saling terhubung antar individu, baik itu hubungan perorangan, golongan dan masyarakat.
Baca Juga: Pengertian, Macam, Perangkat dan Contoh Komunikasi Audio Pada Komunikasi Data
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
1. Pengertian Komunikasi berdasarkan Onong Uchjana Effendy
Komunikasi ialah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat atau sikap baik secara verbal (langsung) atau secara tidak eksklusif (melalui media)
2. Pengertian Komunikasi Menurut Lasswell 1960
Komunikasi ialah suatu proses yang menjelaskan siapa? menyampaikan apa? dengan kanal apa? kepada siapa? dengan jawaban atau hasil apa? (Who? SaysWhat? In Which Channel? to Whom? Whith What Effect?)
Jika dianalisa lima unsur menurut Lasswell (1960) ialah sebagai berikut:
a. Who? (Siapa / Sumber)
Sumber ialah pelaku utama yang memiliki kebutuhan utama untuk berkomunikasi atau yang memulai komunikasi
b. Says What? (Pesan)
Pesan ialah seperangkat simbol verbal/nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan, maksud dari sumber.
c. In Which? Channel (Saluran / Media)
Saluaran atau media ialah wahana yang dipakai untuk memberikan peasn dari komunikator (sumber) kepada akseptor baik secara eksklusif maupun tidak langsung.
d. To Whom? (untuk Siapa / penerima)
Penerima ialah orang/kelompok/organisasi yang mendapatkan pesan dari sumber.
e. With What Effect? (Dampak/efek)
Dampak atau imbas akseptor pesan dari sumber ialah bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap dan lain-lain.
Jika dipilah berdasarkan suku katanya keragaman komunikasi terdiri dari 2 suku kata yaitu Keragaman dan Komunikasi. Keragaman itu sendiri berasal dari kata Ragam yang artinya lebih dari satu atau jumlah yang lebih banyak sedangkan arti dari kata Komunikasi ialah proses penyampaian gosip antar individu, baik perorangan, golongan maupun masyarakat. Dari pengertian diatas sanggup disimpulkan pengertian Keragaman Komunikasi sebagai berikut:
Keragaman komunikasi ialah satu atau lebih metode yang sanggup dipakai untuk mendyampaikan gosip yang saling terhubung antar individu, baik itu hubungan perorangan, golongan dan masyarakat.
Baca Juga: Pengertian, Macam, Perangkat dan Contoh Komunikasi Audio Pada Komunikasi Data
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
1. Pengertian Komunikasi berdasarkan Onong Uchjana Effendy
Komunikasi ialah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat atau sikap baik secara verbal (langsung) atau secara tidak eksklusif (melalui media)
2. Pengertian Komunikasi Menurut Lasswell 1960
Komunikasi ialah suatu proses yang menjelaskan siapa? menyampaikan apa? dengan kanal apa? kepada siapa? dengan jawaban atau hasil apa? (Who? SaysWhat? In Which Channel? to Whom? Whith What Effect?)
Jika dianalisa lima unsur menurut Lasswell (1960) ialah sebagai berikut:
a. Who? (Siapa / Sumber)
Sumber ialah pelaku utama yang memiliki kebutuhan utama untuk berkomunikasi atau yang memulai komunikasi
b. Says What? (Pesan)
Pesan ialah seperangkat simbol verbal/nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan, maksud dari sumber.
c. In Which? Channel (Saluran / Media)
Saluaran atau media ialah wahana yang dipakai untuk memberikan peasn dari komunikator (sumber) kepada akseptor baik secara eksklusif maupun tidak langsung.
d. To Whom? (untuk Siapa / penerima)
Penerima ialah orang/kelompok/organisasi yang mendapatkan pesan dari sumber.
e. With What Effect? (Dampak/efek)
Dampak atau imbas akseptor pesan dari sumber ialah bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap dan lain-lain.