Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa (Indonesia)

 Tentu kau sudah mengenal apa itu sistem operasi bukan Jarang Diketahui, Inilah sistem Operasi Buatan Anak Bangsa (Indonesia)

Tentu kau sudah mengenal apa itu sistem operasi bukan. Sistem operasi merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada komputer.

Sistem operasi atau yang biasa di sebut “OS” merupakan software (perangkat lunak) yang di gunakan sebagai media untuk menjembatani (menghubungkan) hardware (perangkat keras) dengan pengguna komputer (User).

Tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak akan berjalan dengan baik. Dan tahukah kau bahwa Salah satu sistem operasi yang sering kita gunakan ialah “windows”.

OS windows ialah sistem operasi Komputer yang paling banyak di gunakan ketika ini, baik oleh perusahaan, sekolah, pemerintahan maupun pemakaian pribadi.

Namun sayang windows merupakan sistem operasi berbayar alias tidak gratis. Walaupun tidak gratis (berbayar) tapi OS ini masih menjadi primadona bagi semua pengguna komputer.

Tapi apakah kau tahu, bahwa Indonesia juga punya sistem operasi buatan sendiri? Dan  hebatnya lagi sistem operasi buatan indoensia ini sanggup kita dapatkan secara gratis alias tidak perlu membayar.
Bagi kau yang sudah mulai penasaran, silahkan baca hingga final ya.

Sistem Operasi open source buatan Indonesia, yang tidak kalah dengan Sistem Operasi luar negeri


Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.

1. Garuda OS


Garuda OS merupakan sistem operasi yang menurut pada linux dengan karakteristik open source atau OS yang sanggup di dapatkan secara gratis.

Bagi kau yang masih pemula dalam linux tidak perlu khawatir, OS ini mempunyai desain yang hampir sama ibarat windows pada umumnya.

OS ini merupakan sistem operasi yang user friendly dan gampang di gunakan. Beberapa fitur yang di sajikan oleh OS ini sanggup di bilang cukup lengkap.

Mulai dari aplikasi perkantoran, internet, multimedia, edukasi, dan game. Semua fitur tadi sudah tersedia dalam sistem operasi ini.

Walaupun fitur yang ditawarkan cukup banyak, Namun spesifikasi yang di butuhkan untuk sanggup menjalankan OS ini tidak terlalu tinggi. Bahkan prosesor sekelas Pentium IV saja masih sanggup menjalankan OS ini.

Untuk ketika ini Garuda OS telah mendukung 60 bahasa dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak berhenti hingga di sini, kelebihan lainnya ialah Garuda OS juga mendukung aneka macam macam aplikasi berbasis windows.

2. BlankOn


Siapa sih yang tidak kenal dengan OS yang satu ini? Hampir semua pencinta linux niscaya tahu siapa sih BlankOn itu.

BlankOn merupakan OS yang dibentuk oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) bersama Tim Pengembang OS BlanOn. Tujuan di buatnya OS ini ialah untuk menciptakan distribusi linux gres yang tidak kalah dengan linux lainnya.

Selain itu pengembangan OS ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, sehingga masuk akal saja kalau OS ini di nobatkan sebagai sistem operasi paling user friendly.

Beberapa keunikan dari BlankOn ialah penggunaan bahasa indonesia pada antarmukanya, sehingga sangat gampang untuk di pahami oleh para penggunanya.

Selain itu, tampilan grafis pada BlankOn juga terbilang unik dan khas, sebab tampilannya menggambarkan kebudayaan dan keberagaman di Indonesia.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer.

3. Kuliax OS


Bagi kau mahasiswa maupun mahasiswi saya rasa kau harus menggunakan OS ini. Kuliax OS ialah sistem operasi yang di tujukan untuk pendidikan, perkuliahan dan penelitian, jadi sangat cocok dipakai untuk menunjang aktifitas kuliah kamu.

Kuliax ini di kembangkan dengan menurut pada debian, yang pastinya akan sangat stabil dan ringan ketika digunakan.

OS ini telah di lengkapi dengan software perkantoran, multimedia, internet. Namun jangan khawatir fitur utama dari OS ini ialah sudah tersedianya banyak aktivitas pendidikan khususnya untuk perguruan tinggi tinggi.

4. IGN (IGOS Nusantara)


Baca Juga: Apa Itu Komputer??

IGOS Nusantara atau sanggup di singkat IGN merupakan OS buatan Indonesia yang jarang diketahui oleh publik. Walaupun begitu, OS ini mempunyai banyak keunggulan diantaranya:

Penggunaan antarmuka dengan bahasa Indonesia, tampilan grafis yang bernuansa Indonesia, Pembaharuan di lakukan setiap tahunnya, tersedia versi 64 bit yang sanggup menciptakan performa OS ini meningkat.

Bagi anda yang takut kehilangan data pribadi, mulai kini kau tidak perlu takut lagi, sebab “IGOS” ini kebal terhadap aneka macam macam serangan virus serta mempunyai sistem keamanan yang baik.

Untuk pecahan fitur IGN telah menyediakan aneka macam macam fitur ibarat libre office, gimp, blender, firefox, thunderbird, vlc, audio mixer dan masih banyak lagi.

5. TeaLinux


Dari namanya saja sudah terasa menyegarkan ya. OS yang satu ini merupakan sistem operasi yang menggunakan nama minuman khas Indonesia banget ya.

Teh ialah minuman khas Indonesia yang sanggup di nikmati oleh siapa saja, begitu pula TeaLinux ini sanggup di gunakan oleh siapa saja.

DI kutip dari aneka macam sumber, OS satu ini katanya di khususkan untuk programming. Namun bukan berarti orang biasa tidak sanggup menggunakan OS ini ya.

OS ini intinya sama saja dengan sistem operasi lainnya, tersedia banyak fitur dan juga software pendukung ibarat software perkantoran, internet, audio, video, game dan lain-lain.

Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, & Perintah-Perintah).

TeaLinux ini sangat cocok buat kau yang suka kedamaian dan ketenangan, pasalnya tampilan grafis dari OS ini tampilan alami yang bikin nyaman bila di gunakan.

Nah itu ia beberapa sistem operasi yang merupakan karya anak bangsa. Bagi anda yang sering menggunakan windows atau OS lain sebaiknya kau beralih ke salah satu sistem operasi di atas.

Cintailah produk Indonesia.