Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Komputer??

hari tentunya kita sering mendengar yang namanya  Apa Itu Komputer??

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering mendengar yang namanya komputer. Dan mungkin kau juga salah satu orang yang sering mengucapkan kata komputer .

Jika anda sering mendengar dan mengucapkan kata-kata yang berkaitan dengan komputer, pastinya anda sudah tahu apa itu komputer bukan?

Kalau memang anda sudah paham betul apa itu komputer, coba jelaskan pada saya apa itu komputer?

Komputer ialah sebuah alat elektronik yang terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan cpu. Komputer pada umumnya dipakai untuk membantu setiap pekerjaan manusia, ibarat untuk urusan kantor, pembelajaran, menyebarkan informasi, media hiburan dan lain sebagainya.

Selamat, kau Benar!!

Saya rasa anda memang sudah mengerti mengenai pengertian umum dari komputer ya. Lalu apa yang akan kita bahas kali ini? Kalau anda sudah tahu apa itu komputer.

Tentu saja kita akan membahas mengenai komputer!! Dan tentunya bukan sekedar pembahasan umum saja, namun kita akan membahas lebih mendalam lagi mengenai komputer.

Apa Itu Komputer?

Pengertian komputer sanggup dilihat dari dua sisi, yaitu pengertian secara harfiah dan pengertian secara istilah. Mari kita bahas satu persatu.

Pengertian komputer Secara harfiah


Komputer berasal dari bahasa inggris yaitu computer. Computer sendiri berasal dari kata to compute yang artinya menghitung, dan diberi imbuhan –er.

Imbuhan “er” dari Kata computer merujuk pada sebuah “alat atau orang yang melaksanakan sesuatu”.
Dengan begitu “computer ialah alat atau orang yang melaksanakan kegiatan perhitungan”.

Pengertian Komputer Secara Istilah


Secara istilah komputer ialah sebuah alat elektronik yang berfungsi membantu kiprah sehari-hari melalui operasi perhitungan dan logika yang telah diprogramkan kepadanya.

Makara komputer ialah alat elektronik yang sudah diprogram sedemikian rupa semoga sanggup melaksanakan tugas. Program yang ada pada komputer mencakup dua hal, yaitu perhitungan dan logika.

Program perhitungan dipakai semoga komputer sanggup melaksanakan perhitungan aritmatika ibarat penjumlahan, pengurangan, pembagian maupun perkalian.

Sedangkan kegiatan budi difungsikan semoga komputer bisa mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penyelesaian masalah.

Contohnya:
ketika kita hendak menguduh/mendownload file dari internet, tenyata muncul sebuah pesan, yang menyatakan bahwa memori penyimpanan penuh.

Kemudian komputer menunjukkan saran untuk menuntaskan problem ini. Silahkan hapus beberapa file lain di media penyimanan anda.

Kurang lebih ibarat itulah fungsi kegiatan budi pada komputer.

Yang perlu kau ketahui ialah, komputer pada hakikatnya merupakan alat hitung!!

Jika dilihat dari fungsinya, komputer mempunyai kesamaan dengan benda-benda lain ibarat sempoa, lidi-lidian, abakus, dan kalkulator. kesamaannya terletak pada fungsinya yaitu melaksanakan perhitungan.


Lantas hal apa yang membedakan komputer dengan alat hitung lainnya?

Perbedaannya terletak pada kapasitas, kecepatan, ukuran, dan bentuknya.

Penggunaan istilah computer pertama kali dipakai pada tahun 1613. Pada masa itu istilah computer ditujukkan pada seseorang yang jago dalam melaksanakan perhitungan.

Penggunaan istilah computer terus berlanjut hingga pertengahan masa 20, yang pada masa itu belum ada komputer elektronik ibarat yang kita kenal sekarang.

Tapi sejak dibuatnya komputer elektronik pertama pada masa perang dunia kedua, istilah computer mulai dipakai untuk menyebut “sebuah alat/mesin”,dan  bukan menyebut “seseorang yang jago menghitung”.

Dan kini istilah computer mulai dikenal sebagai suatu alat eletronik digital yang bisa melaksanakan komputasi(perhitungan).

Dengan kemampuan komputasi(perhitungan) yang semakin baik, komputer mulai bisa melaksanakan tugas-tugas pada banyak sekali bidang yang mempermudah insan dalam melaksanakan pekerjaannya.

Mengapa komputer disebut sebagai alat elektronik?

Disebut alat elektronik sebab dalam mengoperasikan/menjalankan komputer membutuhkan tenaga listrik semoga sanggup befungi sebagaimana mestinya.

Pada perkembangannya, komputer yang kita kenal ketika ini, tidak terus dipakai untuk kegitan perhitungan saja.

Sekarang komputer sudah bisa dipakai untuk mengetik naskah(ms.word), menggambar desain(corel draw), memanipulasi fotografi digital(photoshop), menyusun laman web(Mozilla firefox), bahkan ketika ini komputer juga dipakai dalam dunia medis, ibarat alat pendeteksi detak jantung.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa bahwasanya segala kemampuan komputer tersebut diperoleh dari kemampuan awal komputer yaitu “perhitungan”.

Makara walaupun ketika ini komputer mempunyai banyak fungsi dan kegunaan dalam banyak sekali bidang, namun komputer tetaplah komputer yang merupakan mesin hitung.

Kemampuan komputer yang bermacam-macam ialah hasil dari penemuan dan kreasi teknologi yang dilakukan oleh insan terhadap komputer, sehingga kemampuan dan fungsi kerja komputer terus berkembang, menjadi lebih cepat, lebih canggih dan lebih baik dari yang sebelumnya.