Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Muharram, 7 Insiden Penting Dalam Sejarah Islam


Bagi ummat Islam, bulan Muharram ialah bulan pertama dalam kalender hijriah. Ada banyak insiden penting yang harus diketahui ummat Islam terutama yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram. Pada goresan pena kali ini aku mencoba menulis perihal keutamaan 10 Muharram dalam sejarah Islam yang ditandai dengan 7 insiden penting.
Dikutip dari media nu online, ada 7 insiden penting yang merupakan bab dari sejarah Islam yaitu :
1. Nabi Ayyub disembuhkan dari penyakitnya.
Seperti yang kita ketahui, Allah Swt memperlihatkan ujian bagi Nabi Ayyub dengan memperlihatkan penyakit yang menjijikkan. Namun alasannya ialah keikhlasan Nabi Ayyub dalam mendapatkan ujian-Nya maka pada tanggal 10 Muharra Allah mengangkat penyakit Nabi Ayyub. Alhamdulillah.
2. Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus.
Nabi Yunus berada dalam perut ikan paus selama 40 hari dan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram dia dikeluarkan dari perut ikan paus dengan selamat.
3. Diselamatkannya Nabi Musa dari pengejaran Firaun.
Bertepatan tanggal 10 Muharram Nabi Musa diselamatkan Allah Swt dari kejaran Firaun dengan memukulkan tongkat ke maritim merah. Lautan pun terbelah dan nabi Musa lolos dari pengejaran. Sedangkan Firaun ditenggelamkan di maritim merah.
4. Diterimanya Taubat Nabi Adam.
Setela diusirnya dari syurga, nabi adam bertaubat dan tidak lagi mengulangi kesalahannya memakan buah quldi. Nabi Adam menangis tiada henti dan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, taubat nabi Adam diterima.
5. Berlabuhnya bahtera Nabi Nuh di bukit zuhdi.
Setelah tragedi banjir yang menutupi bumi, nabi Nuh bersama umatnya selamat dengan menahkodai perahu. Dan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram bahtera Nabi Nuh berlabuh dibukit zuhdi.
6. Terbebasnya Nabi Ibrahim dari siksa api raja namrud.
Seperti yang kita ketahui Nabi Ibrahim disiksa raja namrud alasannya ialah sudah merusak berhala sesembahan raja namrud.
Nabi Ibrahim pun dibakar hidup-hidup. Namun Mukjizat Allah Swt diberikan kepada nabi Ibrahim dan nabi Ibrahim pun selamat dari siksa kobaran api raja namrud. Kejadian tersebut bertepatan dengan tanggal 10 Muharram.
7. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.
Nabi Yusup dipenjara alasannya ialah fitnah zulaikha. Akhirnya dengan seiring waktu fitnah keji pun tidak terbukti dan Nabi Yusuf pun terbebas dari penjara. 
Subhanallah dibulan Muharram ini banyak keutamaan yang perlu kita renungkan.
Tulisan ini bertujuan sebagai ngaji diri bagi aku khususnya. Mudah-mudahan bermanfaat dalam menambah khazanah Islam.