Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yu Berkebun Tanaman Herbal, Inilah Keuntungannya Berdasarkan Guru Besar Ipb

 Penyakit sanggup tiba kepada siapapun juga Yu Berkebun Tanaman Herbal, Inilah Manfaatnya Menurut Guru Besar IPB
Foto:mitalom

Penyakit sanggup tiba kepada siapapun juga. Kalo sudah tiba terkadang sulit untuk diobati. Meskipun demikian, kalo sudah terkena sakit ya harus diobati baik pengobatan medis maupun herbalis. Tulisan kali ini akan membahas perihal jenis flora herbal yang bermanfaat untuk mengobati penyakit dengan cepat dan ampuh.

Ada banyak jenis flora herbal yang sanggup kita tanam dilingkungan rumah. Kalau tidak memadai sanggup kita siasati dengan menanamnya dipot. Penanaman flora herbal penting manakala kita terkena penyakit.
Edukasi dan sosialisasi menanam flora herbal perlu terus dilakukan kepada masyarakat. Baru-baru ini, P2SDM LPP M IPB melalui Pos pemberdayaan keluarga(Posdaya) melaksanakan edukasi dan motivasi menanam flora herbal di posdaya cempaka Rw 10 Kelurahan Cilendek Timur, Bogor(4/9/2018).
Dalam kesempatan itu, Guru Besar Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB, Prof.Dr.Ir.Ervizal A.M.Zuhud memperlihatkan edukasi dan motivasi kepada masyarakat untuk menanam flora herbal. "Kader posdaya cempaka sanggup menanam jenis-jenis flora herbal yang sanggup dimanfaatkan untuk mengobati warganya dengan cepat dan ampuh menyerupai daun sirih untuk kesehatan mata, binahong untuk luka luar dan luka dalam, bahkan kanker pun sanggup ditangani dengan daun sirsak sebanyak 20 lembar per hari" kata jago flora herbal IPB ini. Sumber isu portal IPB Ac Id, selengkapnya sanggup klik link edukasi tanaman herbal.
Gimana sahabat aspudin, sudah termotivasi belum untuk menanam flora herbal. Selain untuk pengobatan, menanam flora dilingkungan rumah bermanfaat juga untuk ketersediaan oksigen dan rumah terlihat lebih asri loh.
Yang perlu kita lakukan kini ialah mendata dulu flora herbal apa saja yang bermanfaat dan sanggup ditanaman dilingkungan rumah bahkan kalo sanggup ma dilingkungan terkecil menyerupai Rt dan seterusnya.
Kalau dilingkungan yang berbasis alam tampaknya manis tuh edukasi herbal lewat pengembangan desa wisata herbalis. Disitu selain berfungsi untuk menanam flora herbal sanggup juga mempunyai nilai hemat dari kunjungan wisatawan lokal.
Ide tersebut sanggup diaplikasikan didaerah kita masing-masing. Ada misalnya yaitu posdaya cempaka, Bogor. Ide tersebut baik dan kita sanggup jadikan ide buat daerah-daerah lainnya. Kalo belum faham lebih baik tiba dan minta bimbingan eksklusif ke posdaya cempaka.
Wuihh hebat ya, asal kita tahu manfaat flora herbal yang ada disekitar kita, mungkin dalam rancangan bangunan rumah dibentuk khusus untuk menanam flora herbal kali y.
Tulisan ini bertujuan meninspirasi kita terkait kearifan lokal dan pengembangan potensi daerah. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.