Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pc Yang Melambat Alasannya Yaitu Terinstall Patch Spectre Dan Meltdown


Banyak pengguna PC yang mengeluhkan komputernya mengalami penurunan performa sesudah memasang patch Spectre dan Meltdown. Menurut hasil benchmark memang ada penurunan performa namun tidak banyak. Penurunan performa paling terasa pada prosesor lawas mulai dari Hasswell hingga yang lebih jadul. Untuk prosesor keluaran terbaru memang mengalami penurunan performa tapi tidak terasa untuk penggunaan sehari hari.

Bagi kau yang mencicipi penurunan pada PC yang kau gunakan, itu mungkin saja disebabkan oleh patch Spectre dan Meltdown. Patch ini akan terinstall dengan otomatis jikalau kau mengaktifkan Automatic Updates pada pengaturan Windows. Walaupun menyebabkan penurunan performa, patch ini sangat penting untuk kau install demi keamanan data.

Read: Cara gampang mengetahui PC kau sudah terinstall patch Spectre dan Meltdown atau belum

Berikut ini ialah cara untuk mengatasi penurunan performa sesudah menginstall patch Spectre dan Meltdown.

Upgrade ke Windows 10 jikalau kau pengguna Windows 7 atau 8


Patch ini berkinerja lebih baik pada Windows 10. Seperti yang dikatakan Microsoft, "beberapa pengguna akan melihat adanya penurunan kinerja sistem ". Tapi, dengan Windows 7 atau 8 pada perangkat keras usang yang sama"

Dengan hardware yang sama, Microsoft menyampaikan bahwa penurunan kinerja dilaporkan oleh banyak pengguna Windows 7 dan 8. Sedangkan tidak untuk pengguna Windows 10. Berikut klarifikasi dari Microsoft: "Versi usang Windows mempunyai dampak kinerja yang lebih besar lantaran Windows 7 dan Windows 8 mempunyai lebih banyak transisi pengguna-kernel lantaran efek desain lawas, menyerupai semua rendering font yang terjadi di kernel. " Windows 10 merupakan system operasi yang lebih baru, sehingga banyak pengoptimalan dibanding Windows 7 atau 8.

Daripada harus menghapus patch tersebut lebih baik kau upgrade ke Windows 10 tanpa mengorbankan dilema keamanan.

Upgrade Hardware Kamu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penurunan kinerja yang disebabkan oleh patch ini paling terasa pada hardware lawas. Untuk sebaiknya kau upgrade ke hardware keluaran 2016. Skylake atau Kabylake merupakan pilihan yang sempurna lantaran selain performanya yang mumpuni, prosesor ini masih terbilang baru. 

Untuk memastikan prosesor kau terpengaruh atau tidak kami sarankan kau mengunduh inSpectre Tools. Jika hasil tes pada cuilan performa tertulis "GOOD" maka tidak ditemukan gosip penurunan performa pada hardware komputer yang kau gunakan. Penjelasan lebih lengkapnya dapat kau lihat disini (Cara gampang mengetahui PC kau sudah terinstall patch Spectre dan Meltdown atau belum).


Matikan perlindungan Spectre dan Meltdown melalui Registry, jikalau kau terpaksa

Perhatian: Cara yang ketiga ini sangat tidak disarankan lantaran kau akan mematikan sumbangan dari serangan Spectre dan Meltdown. Namun kau dapat mengaktifkannya kembali jikalau dibutuhkan. 

Untuk mematikan fitur ini ada beberapa cara. Yang pertama dan paling gampang dengan memakai inSpectre Tools. Untuk mematikan patch Spectre dan Meltdown, klik kanan inSpectre.exe kemudian klik Run As Administrator. Setelah itu klik "Disable Meltdown Protection" dan "Disable Spectre Protection". 

Cara selanjutnya ialah mematikannya melalui registry. Kamu dapat mengikuti petunjuk yang diberikan pada halaman support Microsoft. Buka halaman tersebut kemudian jalankan perintah dibawah goresan pena "To disable this fix" melalui Command Prompt.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi PC yang melambat akhir pacth Spectre da Meltdown. Jika ada yang kurang terang silahkan tanyakan melalui kolom komentar.



Sumber https://teknowin10.blogspot.com/