Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ngeblog Cara Memasukan Template Ke Dalam Blog Platform Blogger

Setelah membaca dan kemudian mempraktekan cara menciptakan blog sendiri dengan blogger, ya untuk sanggup menciptakan blog kita harus praktek ya, sulit sekali jikalau hanya membaca saja, kita telah berhasil menciptakan sebuah blog dengan platform blogger, caranya sederhana yakni dengan hanya menciptakan akun google maka kita sanggup eksklusif menciptakan blog dengan format domain nama_blog.blogspot.com. Proses ini merupakan langkah paling awal untuk membuat blog yang baik, yang dikunjungi banyak visitor. Sebelum mencapai sasaran visitor yang banyak, ada beberapa tahapan lainnya yang harus dikerjakan. Proses tersebut diantaranya yakni mensetting blog kita.

Baca juga : Tips Ngeblog Cara Praktis Membuat Blog Sendiri Menggunakan Blogger

Mensetting atau merancang blog mirip kita merancang rumah, sesudah pondasi dibentuk kemudian komponen lainnya juga mulai dikerjakan. Setelah terbentuk alamat blog kita, berlanjut pada tahap menseting blog dimulai dengan memilih template yang akan digunakan pada blog. Dengan template yang baik akan kuat juga pada tampilan blog, kecepatan blog, fasilitas terindex mesin pencari, responsive dalam tampilan banyak sekali gadget/perangkat dan lain-lain. Sebuah blog  tekno memaparkan bahwa kriteria terpenting dalam menentukan template yang baik didasarkan pada 3 hal utama yakni Responsive, Clean & User Friendly dan Fast Loading. Template responsive yakni template yang sanggup menyesuaikan atau fleksibel dengan perangkat yang dipakai. Makara apabila kita membuka blog di perangkat laptop dengan membuka blog di perangkat smartphone, tampilan blog akan otomatis menyesuaikan, dan user tidak perlu melaksanakan pembesaran (zooming) dikarenakan isi blog tidak terbaca. Google sebagai search engine yang dominan digunakan akan lebih ramah terhadap blog yang mobile friendly yakni yang ramah dalam penggunaan pada smartphone.   
Yang kedua yakni Clean & User Friendly, digambarkan sebagai template yang minimalis, sederhana, rapi, lezat dilihat, nyaman di mata user akan lebih disukai oleh Google sebagai mesin pencari. Makara tidak perlu lah template yang terlalu banyak suplemen dan widget-widget yang kurang penting.
Yang Ketiga yakni Fast Loading atau kecepatan loading. Ya blog yang lambat dalam proses loadingnya akan menciptakan pengunjung blog anda bosan dan kesudahannya membatalkan masuk ke blog anda dan berpindah ke blog lainnya. Dari sisi mesin pencari Google juga, blog yang lambat akan dinilai jelek oleh Google jadi pilihlah template yang loadingnya cepat. Untuk template premium atau berbayar sanggup menentukan template dari kompiajaib, mas sugeng dan arlinadezign.

Baca juga : TIPS SUKSES Blog Gado-gado Dapat Trafik Banyak

Beberapa template blog yang gratis juga sanggup anda gunakan, biasanya pembuat template gratis hanya mensyaratkan semoga credit nama pembuatnya jangan dihapus atau diganti, hitung-hitung sebagai imbalan untuk mereka yang sudah bersusah payah menciptakan template blog. Penyedia template blog gratis diantaranya btemplates, gooyaabitemplates, ccauthor dan masih banyak lagi.

Setelah menentukan template blog yang akan digunakan, ingat pilih yang terbaik, jangan hingga di kemudian hari ganti template lagi alasannya akan kuat terhadap performance dan peringkat anda di mesin pencari google. Langsung saja untuk mengganti template pada dashboard blogger.

Cara mengganti template blogger yakni :
  • Dari dashboard blogger pilih Theme
  • Kemudian pilih Backup/Restore di pojok kanan atas 
 Setelah membaca dan kemudian mempraktekan  Tips Ngeblog Cara Memasukan Template ke Dalam Blog Platform Blogger

  • Untuk menyimpan atau membackup template sebelumnya klik Download Theme.         
  • Untuk mengupload template gres klik hidangan Browse dan pilih file templatenya, biasanya berekstensi .xml kemudian klik Upload dan selesai.
Setelah terpasang templatenya, untuk optimalisasinya sanggup mengatur Layout dan juga Edit HTML. Menu Layout untuk mengatur widget-widget yang akan dipasang, mensetting sidebar, footer, header, jumlah posting blog dan lain-lain. Untuk pengaturan lainnya mirip menseting navigasi blog, hidangan blog, memasukan slot iklan di dalam artikel, dan lainnya sanggup memakai menu Edit HTML pada hidangan Theme.

 Setelah membaca dan kemudian mempraktekan  Tips Ngeblog Cara Memasukan Template ke Dalam Blog Platform Blogger

Biasanya para pembuat template akan menyertakan tutorial dalam memakai template yang kita gunakan, kalaupun tidak ada kita sanggup mencarinya di mesin pencari google.    

Demikian, tips ngeblog cara memasukan template ke dalam blog platform blogger. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.