Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Command Prompt (Cmd) Di Konteks Sajian Windows 10 Creators Update

Command Prompt Windows 10 Creators Update

Command Prompt atau yang biasa disebut "CMD" merupakan konsol atau sejenis terminal pada Linux yang dipakai untuk memasukkan perintah tersembunyi pada Windows. Seiring berkembangnya Windows, Command Prompt ikut diperbaharui dengan perhiasan fitur perintah dan juga tampilan yang biasa di sesuaikan sesuai selera pengguna.

Microsoft memperkenalkan Windows PowerShell dengan dirilisnya Windows 8 dengan fungsi yang lebih mendalam dibanding Command Prompt. Windows PowerShell Windows 8 berfungsi sebagai pendamping Command prompt. Namun Command Prompt tetap di utamakan dengan penempatan yang lebih gampang untuk dijangkau pengguna.

Pada 11 April kemudian Microsoft merilis update mayor ketiga untuk Windows 10 yang diberi nama Creators Update. Pada Windows 10 Creators Update, Command Prompt digantikan dengan Windows PowerShell yang dapat dilihat dikala menekan Win+X atau klik kanan di start menu. Command Prompt juga hilang dikala melaksanakan klik kanan+Shift pada suatu folder. Banyak pengguna yang tidak terbiasa memakai PowerShell termasuk admin sehingga lebih menentukan untuk memakai Command Prompt.

Berikut ialah cara untuk mengembalikan Command Prompt ke konteks sajian Windows 10 Creators Update.

  • Buka Notepad
  • Copy dan Paste text berikut ini [code type="JQuery"]Windows Registry Editor Version 5.00 [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmdprompt] @="@shell32.dll,-8506" "Extended"="" "NoWorkingDirectory"="" [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmdprompt\command] @="cmd.exe /s /k pushd \"%V\"" [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\cmdprompt] @="@shell32.dll,-8506" "Extended"="" "NoWorkingDirectory"="" [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\cmdprompt\command] @="cmd.exe /s /k pushd \"%V\"" [HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\cmdprompt] @="@shell32.dll,-8506" "Extended"="" "NoWorkingDirectory"="" [HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\cmdprompt\command] @="cmd.exe /s /k pushd \"%V\""[/code]
  • Simpan dengan nama konteksmenu.reg atau terserah kau yang penting extensi pilih .reg
  • Buka file konteksmenu.reg kemudian pilih yes . Dengan begitu maka command prompt akan kembali muncul di konteks menu.
Bagi kau yang tidak ingin ribet menulis arahan diatas kau dapat mengunduh file konteksmenu.reg yang sudah aku sediakan dibawah ini.

Download Konteksmenu.reg

Untuk mengembalikan ke keadaan semula kau dapat menginstall file undo.reg yang sudah aku gabung pada file diatas.

Jika masih ada yang kurang terang silahkan tanyakan di komentar.
Sumber https://teknowin10.blogspot.com/