Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ssd Jasus Generasi Terbaru Sudah Siap Dan Kecepatannya Sangan Tinggi

Intel Optane SSD DC P4800X 375GB
Intel dan Micron Technology telah mengerjakan teknologi memori generasi gres semenjak tahun 2012. Teknologi tersebut diberi nama 3D Xpoint (tidak sama dengan 3D NAND). Teknologi garapan Intel ini mempunyai kecepatan baca tulis yang sangat cepat bahkan hingga hampir mendekati kecepatan memori DRAM. Tapi tidak menyerupai DRAM yang akan kehilangan data ketika tidak ada daya, dan kira-kira 4 kali lebih padat. Dapat dipastikan bahwa memori dengan teknologi 3D Xpoint akan lebih mahal dari memori dengan teknologi NAND yang biasa dipakai SSD dikala ini. Walaupun lebih mahal tapi lebih cepat dilihat dari beberapa sudut terutama yangg bekerjasama dengan latency dan baca tulis sejumlah kecil data.

Kini Intel telah mulai memasarkan perangkat memori pertamanya yang dibekali teknologi 3D Xpoint yaitu Intel Optane SSD DC P4800X 375GB. SSD Intel ini dibanderol dengan harga $1520  atau sekitar 20,3 juta rupiah. Perangkat ini kompatible dengan standar NVMe yang biasa dipakai SSD dikala ini.

XPoint 3D ialah raja gres untuk pasar SSD. Meskipun dikala ini sebagian besar hanya untuk perusahaan, selain itu mungkin memerlukan beberapa perubahan dalam perangkat lunak untuk memanfaatkannya dengan maksimal. Perangkat ini juga diprediksi tidak akan menghancurkan pasar perangkat SSD teknologi NAND ataupun pasar RAM sebab beberapa faktor salah satunya ialah harganya yang masih sangat mahal dibanding teknologi pendahulunya.

Dengan kecepatan baca tulis yang mendekati kecepatan RAM, apakah kau tertarik untuk membeli SSD dengan teknologi 3D Xpoint?
Sumber https://teknowin10.blogspot.com/