Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Istilah Dalam Google Adsense

Sebagai orang yang akan terjun memasuki duni adsense setidaknya kau harus membaca dan mengetahui istilah yang sering dipakai oleh google adsense. Karena tanpa mengenal istilah ini kau ngga sanggup memahami maksud dari google adsense ini. Berikut yakni istilah yang harus kau ketahui perihal google adsense.

Publisher

Publisher atau penayang iklan yakni orang yang mempunyai  situs web yang sudah terdaftar /Full Aprove atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Atau bahasa lebih sederhanya sudah mempunyai akun di google adsense yang aktif. Baik pada konten maupun pada produk yang lain. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan mempunyai satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan agenda google adsense. Baik itu yang bisnis maupun personal.
Sebagai orang yang akan terjun memasuki duni adsense setidaknya kau harus membaca dan men Mengenal Istilah dalam Google adsense

Ad Units

Ad Units yakni iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum yakni jenis iklan teks, teks dan gambar. Pada dikala pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan atau publisher akan mendapat pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya seakan-akan dengan format sajian yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units yakni pada dikala pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher gres akan mendapat pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada praktiknya, Link Units biasanya menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

AdSense for Content

AdSense for Content yakni iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman baik pada sebuah blog ataupun situs yang menyediakan konten yang bermanfaat untuk pengunjungnya. Iklan-iklan yang muncul yakni iklan-iklan yang bekerjasama dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya memakai konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units yakni yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

Alternate Ads

Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain sanggup sebab memang stok iklan yang bekerjasama dengan isi situs sudah habis atau Google tidak sanggup memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan yakni iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jikalau diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibentuk telah diatur dengan memakai Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak sanggup tampil, yang muncul yakni iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya. Gunakan google DFP untuk mengaturnya jikalau kau mempunyai banyak alternatif iklan.

Channels

Channels yakni semacam label yang sanggup diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan sanggup mempunyai lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label sanggup dipakai untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan menurut Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memperlihatkan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memperlihatkan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan dikala ini yakni 200 kanal. Di samping itu chanel juga akan mempermudah kau mengelompokkan iklan dengan sasaran tertentu.

Page Impressions

Page Impressions yakni jumlah yang memperlihatkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan. Tetapi jikalau kau masuk tahap review maka page impression yakni prasyarat yang harus ada sebelum situsmu direview.

Clicks 

Click atau Klik yakni jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher sanggup melihat total klik yang ia dapatkan, maupun menurut Ad Units atau Channelnya.

CTR (Clickthrough Rate)

CTR yakni perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali mempunyai nilai CTR 25% (10:40).

CPC (Cost Per Click)

CPC yakni jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin yakni 20% dari nilai proposal dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM)

eCPM atau CPM (Cost Per Million) yakni hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan mempunyai nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Begitulah ulasan singkat perihal istilah istilah dalam google adsense.