Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer Beserta Fungsinya

 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsi dan Contohnya 3 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsinya

Secara umum, komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data menurut mekanisme yang telah dirumuskan sehingga menghasilkan sebuah warta yang diinginkan oleh pengguna. Komputer terdiri dari komponen yang saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya untuk sanggup menghasilkan sebuah data atau warta menurut arahan dan kegiatan yang ada.

Pada sistem komputer terdapat tiga elemen utama yang memliki peranan penting dalam sebuah proses pengolahan data pada komputer supaya sanggup menghasilkan sebuah warta yang baik dan valid sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ketiga elemen tersebut yakni perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan perangkat insan atau pengguna (Brainware). Berikut klarifikasi lengkap ketiga elemen utama tersebut.


1. Perangkat Keras (Hardware)


 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsi dan Contohnya 3 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsinya

Perangkat keras (hardware) komputer yakni perangkat komputer yang secara fisik sanggup dilihat dan diraba oleh indera manusia, perangkat tersebut membentuk suatu kesatuan, sehingga sanggup difungsikan menurut kegunaannya. Secara umum perangkat keras komputer mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:

a. Alat Masukan (Input)
Alat input yakni komponen komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau warta yang akan diproses oleh komputer dalam bentuk digital. Beberapa komponen input pada komputer antara lain yakni keyboard, Mouse, Scanner, Floppy Disk, dan CD-ROM.

b. Alat Proses
Alat proses yakni komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau warta yang diterima dari komponen input dan mengontrol keseluruhan kinerja sistem komputer selama proses pengolahan data atau infromasi berlangsung. Beberapa komponen proses pada komputer antara lain yakni Motherboard, Processor, Power Supply, VGA Card, dan I/O Card.

c. Alat Penyimpanan
Alat penyimpanan yakni komponen komputer yang berfungsi sebagai media atau daerah penyimpanan data pada komputer. Data yang disimpan sanggup berupa data sistem, data kegiatan aplikasi, dan data milik pengguna atau user. Beberapa komponen penyimpanan pada komputer antara lain yakni Memori (RAM) dan Harddisk, dan Flashdisk.

 d. Alat Keluaran (Output)
Alat output yakni komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan data atau warta yang telah diolah oleh komputer. Beberapa komponen output pada komputer antara lain adaah Monitor, Printer, dan Speaker.



2. Perangkat Lunak (Sofware)


 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsi dan Contohnya 3 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsinya

Perangkat lunak (software) komputer yakni perangkat komputer yang tidak sanggup dilihat dan diraba secara fisik oleh indera manusia. Software pada umumnya juga dikenal dengan perangkat komputer yang berisi perintah atau arahan yang bisa dimengerti oleh komputer. Perangkat lunak komputer terbagi menjadi 2 macam, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

1. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak komputer yakni perangkat lunak komputer yang berafiliasi pribadi dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, baik dalam pemrogramannya mampun perawatannya. Perangkat lunak sistem pada komputer antara lain yakni Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman, dan Program Utility.

a. Sistem Operasi
Sistem operasi yakni perangkat lunak sistem pada komputer yang mempunyai fungsi untuk mengontrol dan melaksanakan administrasi perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem komputer, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi ibarat pengolah kata, angka, gambar, dan web. Komputer tidak sanggup menjalankan kegiatan aplikasi tanpa sebuah sistem operasi. Contoh sistem operasi komputer antara lain yakni Microsoft Windows (mulai dari Windows Vista, XP, 7, 8, 8.1, 10 dan yang lainnya), Linux (Slackware, RedHat, Kali, Debin, Ubuntu, dan yang lainnya), Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh, RemixOS, dan lain-lain.

b. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman yakni perangkat lunak sistem pada komputer yang berisi kumpulan instruksi-instruksi dan aturan-aturan komputer, disajikan dalam bentuk bahasa atau kode yang bisa dimengerti oleh komputer sehingga komputer sanggup mengerjakan kiprah yang diperintahkan sesuai dengan arahan yang telah dirumuskan pada bahasa pemrograman tersebut. Berdasarkan levelnya, bahasa pemrograman pada komputer dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:
  1. Low Level Language,  misalnya yakni bahasa pemrograman Assembly.
  2. Middle Level Language, misalnya yakni bahasa pemrograman C dan C++.
  3. Hight Level Language, misalnya yakni bahasa pemrograman BASIC dan Pascal.

c. Program Utility
Program Utility yakni perangkat lunak sistem pada komputer yang berfungsi untuk melengkapi kinerja dari sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Program utility yang ditujukan untuk melengkapi kinerja dari sistem operasi contohya yakni antivirus. Kebanyakan sistem operasi tidak dilengkapi dengan antivirus, kecuali sistem operasi milik perusahaan Microsoft yaitu Windows, misalnya yakni Windows 10. Sedangkan kegiatan utility untuk meningkatkan kinerja komputer misalnya yakni Disk Defragment, yaitu kegiatan utility yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan partisi pada harddisk dan merapikan file-file data yang tersebar di harddisk.

2. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat Lunak Aplikasi yakni perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu insan atau pengguna komputer dalam menuntaskan pekerjaannya di suatu bidang tertentu. Beberapa pola perangkat lunak aplikasi komputer antara lain yakni sebagai berikut.

a. Dekstop Publishing
Merupakan kegiatan lunak aplikasi yang berfungsi mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contohnya yakni Ventura Publisher, Page Maker, Adobe Indesign, dan lain-lain.

b. Program Spread Sheet
Merupakan kegiatan lunak aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan dokumen berupa data dalam format baris dan kolom. Contohnya yakni Microsoft Excel dan Lotus Improve.

c. Word Processing
Merupakan kegiatan lunak aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan dan mengedit sebuah dokumen dalam bentuk naskah teks. Contohnya yakni Microsoft Word, Open Office Writer, Lotus Ampiro, ABI Word, Word Perfect, dan WPS Office Word.

d. Database Management System
Merupakan kegiatan lunak aplikasi yang berfungsi untuk melaksanakan administrasi data pada komputer dalam jumlah yang besar. Proses administrasi mencakup menambahkan data, menghapus data, mengedit data, dan menyimpan data, sehingga lalu akan menghasilkan sebuah warta yang diharapkan oleh sebuah kegiatan pada komputer. Proses administrasi data ini dikenal dengan DBMS (Database Mangement System). Contohnya yakni Microsoft Access, Microsoft SQL, Paradox, Appreach, dan lain-lain.

e. Graphic
Merupakan kegiatan lunak aplikasi yang berfungsi untuk keperluan menciptakan dan mengedit data berupa gambar dan video. Contohnya yakni Adobe Photoshop, Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, dan lain-lain.

f. Accounting Program
Merupakan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data yang berafiliasi dengan proses perhitungan, keuangan, dan akuntansi. Contohnya yakni MYOB, Dac Easy Accounting, Pacioli Zoo, Peach Tree Accounting, dan lain-lain.

g. Statistics Program
Merupakan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk melaksanakan penelitian yang berafiliasi dengan analisis statistika. Contohnya yakni SAS, SPSS, Statistica, dan lain-lain.

h. Communication
Merupaka perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya, baik yang berada dalam satu jaringan lokal maupun berbeda jaringan. Contohnya yakni Datafax, Pro Comn Plus, Crass Talk, Carbon Copy, dan lain-lain.

i. Multimedia
Merupakan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan peralatan media ibarat kamera digital dan video player. Contohnya yakni Windows Media Player, K-Lite Codec, GOM Player, dan lain-lain.

j. Game
Merupakan perangkat lunak aplikasi yang paling banyak digemari oleh pengguna komputer khusunya kalangan belum dewasa sampai dewasa. Perangkat lunak aplikasi ini berfungsi untuk melaksanakan sebuah permainan digital yang ditujuan sebagai media hiburan bagi pengguna komputer. Contohnya yakni Flight Emulator, Base Ball, PES, Prince of Persia, dan lain-lain.


3. Perangkat Manusia atau Pengguna (Brainware)


 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsi dan Contohnya 3 Elemen Utama Penyusun Sistem Komputer beserta Fungsinya

Perangkat insan atai pengguna (brainware) yakni manusia, pengguna, ataupun user yang memakai perangkat-perangkat kompute, baik perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Pengguna pada komputer terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
  • Sistem Analis, yakni seseorang yang melaksanakan rancangan analisis sistem yang lalu akan dikerjakan oleh seorang programmer.
  • Programmer, yakni seseorang yang mengerjakan kegiatan menurut analisis sistem yang diberikan oleh seorang analis sistem.
  • Operator, yakni seseorang yang menjalankan kegiatan yang telah dikerjakan oleh seorang programmer.

Demikianlah artikel yang membahas perihal elemen-elemen uatama penyusun komputer. Jangan lupa update terus warta kalian dengan artikel-artikel menarik dan pastinya bermanfaat dari Calon-A.Md. Blog.




Sumber https://calon-amd.blogspot.com/