Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Komputer Yang Dipakai Di Dunia Beserta Fungsinya

Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Pada kala digital sekarang ini, pengguna komputer semakin bertambah banyak. Hampir semua kalangan telah memakai komputer, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Pada dikala masa perkembangannya dahulu, komputer hanya dipakai oleh kalangan bisnis dan pemerintahan. Berbeda dengan masa sekarang, yang mana komputer sanggup kita jumpai hampir di semua lingkungan, mulai dari lingkuangan sekolah, universitas, kantor, rumah sakit, pertokoan, warnet, bahkan hampir di setiap rumah telah mempunyai komputer.

Dengan demikian, sanggup disimpulkan bahwa pengguna komputer semakin hari semakin banyak, oleh karenanya sanggup dipastikan jikalau komputer bukan lagi suatu alat yang absurd dalam kehidupan sehari-hari. Namun, walaupun insan telah familiar dengan komputer, faktanya tidak sedikit yang masih menganggap bahwa jenis komputer itu hanyalah sebatas komputer desktop dan laptop saja.

Padahal jikalau kita mengetahui yang sesungguhnya, jenis komputer yang dipakai di dunia bukan hanya komputer desktop dan laptop saja, melainkan lebih daripada itu. Oleh karenanya pada artikel kali ini akan membahas perihal jenis-jenis komputer yang dipakai di dunia beserta fungsinya.



A. Jenis Komputer Berdasarkan Kegunaannya Secara Umum


1. Special Purpose Computer


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Special Purpose Computer yaitu komputer yang dirancang untuk mengerjakan keperluan tertentu atau khusus. Komputer ini tidak sanggup dipakai untuk mengerjakan banyak hal. Keberadaan komputer ini sangat terbatas lantaran hanya dirancang untuk keperluan tertentu saja.

Special Purpose Computer biasanya dipakai pada organisasi atau perusahaan tertentu yang dalam pengoperasiannya memang membutuhkan peralatan khusus. Komputer jenis ini antara lain komputer pemecah kode, komputer khusus untuk mendesain pewasat terbang, dan komputer khusus analisis perkembangan produksi sebuah perusahaan.

2. General Purpose Computer


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Special Purpose Computer yaitu komputer yang dirancang untuk menuntaskan aneka macam macam pekerjaan. Komputer jenis inilah yang banyak dipakai oleh masyarakat. Komputer jenis ini tidak memerlukan komponen khusus dalam perancangannya. General Purpose Computer antara lain Laptop, PC, Notebook, dan lain-lain.
 

B. Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya


1. Server



Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Server yaitu komputer yang mempunyai fungsi menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang disebut dengan komputer client. Jenis layanan yang diberikan server kepada komputer client antara lain menyerupai DNS Server, DHCP Server, Web Server, FTP Server, dan lain-lain. Layanan tersebut sanggup di kanal oleh komputer client manapun tanpa terkecuali, dengan syarat harus terhubung dengan server telerbih dahulu atau berada dalam satu ruang lingkup yang sama dengan server (satu jaringan).

Oleh lantaran begitu banyak layanan yang disediakan server untuk komputer client dan diakses secara terus menerus, maka terkadang server jarang sekali dimatikan atau bahkan tidak pernah dimatikan. Selain itu server harus didukung dengan komponen-komponen komputer yang berkualitas tinggi, semoga sanggup optimal dalam menyediakan layanan kepada komputer client. Oleh alasannya yaitu itu server masuk dalam kategori sebagai jenis komputer yang mempunyai spesifikasi komponen berkualitas tinggi dan mahal. Selain itu server juga memerlukan seorang yang handal dalam manajemen komputer, analisis sistem, dan konfigurasi, utamanya dalam bidang jaringan.

Server dilarang hingga error atau terjadi kerusakan pada sistemnya, lantaran server merupakan sentra dari sebuah kemudian lintas data dalam jaringan, mengatur jaringan, dan menyediakan layanan kepada komputer client. Jika hingga terjadi error atau kerusakan pada sistem server, maka semua kegiatan yang berada dalam jaringan tersebut juga akan mengalami error dan tidak bisa berjalan dengan baik.

2. Workstation

Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Workstation yaitu sebuah komputer yang dirancang untuk tujuan melaksanakan suatu pekerjaan yang khusus atau spesifik. Karena ditujukan untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang khusus atau spesifik, maka workstation harus memilki spesifikasi hardware yang memadai sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan semoga sanggup mengerjakan perkerjaan yang khusus atau spesifik tersebut.

Selain harus memenuhi persyaratan dari segi spesifikasi hardware, workstation juga harus memenuhi persyaratan dari segi software. Software yang ditentukan untuk dipakai pada workstation yaitu software yang sudah ada sebelumnya ataupun software yang dikembangkan sendiri sesuai dengan pekerjaan yang akan dikerjakan oleh workstation.

Komputer workstation tidak sama dengan komputer client. Hal ini sanggup dilihat dari segi hardwarenya. Secara umum workstation memilki processor dengan kinerja tinggi dan cepat, mempunyai kapasitas memori dan VGA yang besar, dan mempunyai resolusi layar yang tinggi pada monitor. Fungsi dari workstation antara lain yaitu memudahkan pekerjaan pengguna, mempercepat penyelesaian pekerjaan pengguna, dan sangat membantu pengguna dalam mengerjakan pekerjaan yang spesifik.

3. Embedded System

Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Kata “embedded” mempunyai arti tertanam, “embedded system” artinya sistem yang tertanam, maka sanggup disimpulkan bahwa embedded system yaitu komputer yang mempunyai sistem tertanam yang dirancang khusus untuk tujuan mengerjakan kiprah tertentu. 

Dalam implementasinya, embedded system merupakan jenis komputer yang hanya dipakai untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Berbeda dengan dengan sistem digital yang dirancang untuk banyak keperluan (general purpose). Oleh karenanya embedded system merupakan komputer yang tidak bisa bangun sendiri (stand alone), implementasinya harus memakai perangkat pemberian menyerupai mikrokontroller.

Embedded Sytem merupakan komputer yang mempunyai ciri-ciri antara lain merupakan jenis komputer yang mempunyai processor sama menyerupai jenis komputer yang lain, bekerja pada ruang lingkup outdoor sehingga besar kemungkinan untuk menerima gangguan dari luar menyerupai getaran dan debu, dan embedded system merupkan jenis komputer yang mempunyai kiprah spesifik (special purpose).

4. Information Appliance (IA)


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Information Appliance (IA) yaitu komputer yang mempunyai rancangan sistem khusus yang ditujukan untuk mengerjakan aneka macam pekerjaan yang sifatnya elektrnoik. Pekerjaan-pekerjaan tersebut antara lain yaitu memebuat dokumen, mengedit teks, keperluan fotografi, memutar film, hingga memainkan musik.

Berdasarkan fungsinya tersebut, maka sanggup dikatakan IA merupakan jenis komputer yang dirancang untuk mengerjakan lebih dari satu pekerjaan (general purpose). Pada umumnya IA mempunyai spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi, lantaran IA dirancang secara umum untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan elektronik.


C. Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah


1. Komputer Analog


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer analog yaitu komputer yang dirancang dengan tujuan semoga sanggup bekerja secara paralel dalam mengolah data atau isu yang sifatnya kontinyu. Data atau isu yang diolah tersebut berupa angka-angka dan besaran fisik. Data angka merupakan angka-angka yang kuantitatif. Sedangkan data besaran fisik antara lain yaitu menyerupai tekanan udara, temperatur atau suhu, arus listrik, kecepatan angin, gelombang bunyi, dan lain-lain.

Secara umum, intinya komponen elektronik yang dipakai sebagai inti dari komputer analog yaitu operational amplifier (OP-AMP). Komputer analog mempunyai beberapa keunggulan antara lain:
  • Mudah untuk dioperasikan.
  • Sangat membantu dalam menuntaskan suatu pekerjaan yang spesifik, lantaran komputer analog tergolong sebagai komputer yang dirancang khusus untuk keperluan tertentu (special purpose).
  • Ketepatan hasil pengolahan atau pengukuran data mempunyai ketelitian yang cukup tinggi.
  • Dapat difungsikan sebagai alat kendali atau kontrol otomatis pada industri-industri besar. 

Komputer analog juga mempunyai kekurangan, antara lain:
  • Tidak multifunugsi, hanya sanggup mengerjakan pekerjaan tertentu (special purpose).
  • Susunan komponennya cukup rumit.
  • Membutuhkan suplai daya yang besar.
  • Walaupun data atau isu yang dihasilkan akurat, komputer analog terkadang kesulitan dalam memproses data yang berupa angka, sehingga membutuhkan waktu beberapa detik untuk memprosesnya barulah kemudian karenanya akan ditampilkan.

Komputer analog antara lain yaitu amperemeter, barometer, voltmeter, termometer, dan lain-lain.

2. Komputer Digital

Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer digital yaitu komputer yang dirancang untuk untuk bekerja menurut sistem operasi hitung dalam mengolah data. Data atau isu yang diolah komputer digital  yaitu data yang sifatnya kuantitatif, berupa angka-angka (0-9), abjad (A-Z), tanda baca, dan simbol-simbol yang lain.

Proses pengolahan data dikerjakan menurut teknologi yang dikenal sistem bilangan biner, yaitu kombinasi bilangan yang hanya terdiri dari angka 1 dan 0. Komputer digital akan mendapatkan data dalam bentuk biner atau bit, kemudian akan dikonversikan menjadi data digital. Dengan sistem bilangan biner ini proses pengolahan data pada komputer digital sanggup dikerjakan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Komputer digital mempunyai beberpa keunggulan antara lain:
  • Mampu bekerja dan mengirimkan data atau isu dengan kecepatan tinggi.
  • Penggunaannya secara berulang-ulang terhadap data atau isu tidak akan menghipnotis kualitas dan kuantitas dari data atau isu itu sendiri.
  • Dapat memproses atau mengolah data atau isu dalam jumlah yang besar.
  • Output yang dihasilkan bermacam-macam dan gampang untuk dibaca serta diinterpretasikan.
  • Multifungsi, sanggup dipakai untuk mengerjakan banyak hal (general purpose).

Komputer digital antara lain kalkulator, PC, timbangan berta tubuh digital, dan lain-lain.

3. Komputer Hybrid


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer Hybrid yaitu adonan dari komputer analog dan digital. Karena merupakan adonan dari komputer analog dan digital, maka komputer hybrid dalam proses pengolahan data atau isu sanggup bekerja secara kualitatif dan kuantitatif.

Keunggulan yang dimiliki komputer hybrid yaitu adonan dari keunggulan komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid antara lain menyerupai komputer yang dipakai di rumah sakit, yaitu untuk mengecek kondisi kesehatan pasien. Kemudian juga komputer yang dipakai pada robot-robot di industri, yaitu untuk melaksanakan pekerjaan yang berat.

Baca juga : Manfaat Komputer Bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari


D. Jenis Komputer Berdasarkan Ukurannya


1. Komputer Mikro (Micro Computer)


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer Mikro yaitu komputer yang mempunyai ukuran paling kecil diantara semua jenis komputer lainnya. Komputer mikro memakai microprocessor sebagai unit pemrosesan utama. Komputer mikro merupakan jenis komputer yang paling banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan ukurannya yang paling kecil diantara jenis komputer yang lain, sehingga harga jual komputer mikro lebih murah daripada jenis komputer lainnya.

Komputer mikro antara lain yaitu Netbook, Notebook, Laptop, Ultrabook, Komputer Desktop, PDA (Personal Digital Assistant), Smartphone, Tablet, dan Game Console.

2. Komputer Mini (Mini Computer)


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer Mini yaitu komputer yang mempunyai ukuran terkecil kedua sehabis komputer mikro. Komponen penyusun komputer mini mempunyai kinerja yang lebih tinggi dan berkapasitas lebih besar daripada komponen komputer mikro. Oleh lantaran itu komputer mini bisa menyimpan dan mengolah data dalam jumlah yang lebih besar daripada komputer mikro.

Namun, komputer mini hanya sanggup dipakai pada organisasi-organisasi atau perusahaan-perusahaan besar. Hal tersebut berarti komputer mini tidak sanggup dipakai untuk pengguna tunggal (single user). Contoh implementasi komputer mini yaitu melaksanakan analisis terhadap perkembangan produksi pada sebuah perusahaan semoga sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Komputer mini antara lain yaitu PDP-8 (Programmable Data Processor 8), PDP-11, VAX (Virtual Address eXtention), Xerox Star (komputer dengan antarmuka GUI pertama di dunia), dan IBM System/370.

3. Komputer Mainframe (Mainframe Computer)


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer Mainframe yaitu komputer yang mempunyai ukuran jauh lebih besar daripada komputer mini. Dengan ukurannya yang besar tersebut, komputer mainframe bisa memproses atau mengolah data dan apikasi yang besar, dan bisa melayani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan dengan optimal. Komputer mainframe pada umumnya banyak dipakai dalam perusahan atau organisasi yang menangani data menyerupai riset penelitian, transaksi finansial, dan sensus.

Keunggulan komputer mainframe selain bisa mengolah data dan aplikasi yang besar yaitu komputer mainframe mempunyai kecepatan pengolahan data yang tinggi, kompatibel dengan jenis aplikasi apapun, dan mempunyai ketangguhan. Namun, walaupun mempunyai banyak keunggulan, komputer mainframe juga mempunyai kelemahan yaitu membutuhkan daya listrik yang besar dan harganya yang mahal.

Komputer mainframe antara lain yaitu IBM System/360, IBM System/390, Honeywell-Bull DPS 7, dan Cray-1.

4. Komputer Super (Super Computer)


Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

Komputer Super yaitu jenis komputer yang mempunyai ukuran paling besar diantara jenis komputer lainnya. Ukurannya yang begitu besar sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal tersebut terbukti dengan komputer super merupakan komputer yang mempunyai kapasitas terbesar dalam memproses atau mengolah data daripada komputer yang lain dikala ini, terutama dalam proses perhitungan data.

Komputer super biasanya banyak dipakai untuk mengerjakan perhitungan yang intensif, menyerupai prakiraan cuaca, riset iklim (riset pemanasan global, permodelan molekul), simulasi fisik (kapal terbang, simulasi peledakan nuklir, riset fusi nuklir), dan analisikrip. Oleh karenya komputer ini banyak dipakai di kalangan militer dan sains.
Komputer super antara lain Sunway TaihuLight miliki Tiongkok, Tianhe 2 milik Tiongkok, dan Titan milik Amerika Serikat.

Demikianlah artikel yang membahas perihal jenis-jenis komputer yang dipakai di dunia. Jangan lupa update terus isu kalian dengan artikel-artikel menarik dan pastinya bermanfaat dari Calon-A.Md. Blog.
































Sumber https://calon-amd.blogspot.com/