Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Komputer Secara Umum Dan Manfaatnya, Pengguna It Wajib Tahu

Apa Sih Komputer Itu?

 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Ditinjau dari segi etimologi, komputer berasal dari bahasa Inggris “computer”, pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, terjadi perubahan terhadap pengertian komputer. Hingga pada kesannya komputer mempunyai arti sebagai sebuah alat atau perangkat elektronik yang bisa mendapatkan perintah atau intruksi untuk melaksanakan operasi aritmatik dan budi secara otomatis.

Kemampuan komputer untuk melaksanakan serangkaian operasi aritmatik dan budi disebut dengan program. Hal inilah yang menciptakan komputer sanggup menjalankan banyak sekali jenis kiprah yang diinstruksikan. Intruksi ialah perintah yang diberikan kepada komputer. Perintah yang diberikan bukan sembarang perintah,  melainkan perintah dengan format yang sanggup dimengerti oleh komputer.

Komponen-komponen utama komputer ialah processor,memori, harddisk, motherboard, power supply, VGA, CD ROM, monitor, mouse, keyboard. 

Menurut segi arsitekturnya, komputer dibagi menjadi 4 potongan utama, yaitu sebagai berikut. 
  • ALU (arithmetic and logic unit) - ALU berfungsi sebagai unit yang melaksanakan operasi aritmatik dan budi pada komputer, serta melaksanakan perbandingan.
  • Unit kontrol - Unit kontrol berfungsi untuk mengontrol arahan dari acara komputer, mulai dari menyimpan perintah, mengirimkan perintah ke ALU, hingga mengembalikan hasil proses perintah dari ALU ke memori sesuai program.
  • Unit input dan output - Unit input berfungsi untuk mendapatkan dan memasukkan data yang kemudian akan menjadi arahan perintah untuk dikerjakan oleh ALU. Sedangkan unit output berfungsi untuk menampilkan hasil dari proses pengerjaan arahan yang dilakukan oleh ALU sehingga hingga pada pengguna.
  •  Memori - berfungsi sebagai media untuk menyimpan serangkaian arahan yang diberikan pada  komputer dan juga isu penting lainnya.

Baca juga : 15 Komponen Komputer, Fungsi, beserta Jenisnya


Fungsi Utama yang Dimiliki Komputer


Setiap orang kalau ditanya perihal fungsi komputer, jawabannya berbeda-beda. Mulai dari sebagai alat untuk mengolah data, alat untuk mempermudah pekerjaan, alat untuk berkomunikasi, hingga alat yang digunakan untuk hiburan. Jawaban yang berbeda-beda tersebut tentunya bukanlah tanggapan yang asal-asalan atau ngawur. Hal ini masuk akal sebab setiap orang memakai komputer menurut kebutuhannya masing-masing. Namun tetap penting untuk mengetahui fungsi utama dari komputer bergotong-royong itu apa.

Komputer mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:

1. Input

Fungsi utama pertama yang dimiliki komputer ialah input, yaitu untuk mendapatkan data atau isu dari sumber luar. Contoh paling praktis dari fungsi ini ialah data atau isu yang diperoleh dari ketikkan keyboard dan klik mouse. Komputer juga bisa mendapatkan data atau isu dari peralatan lain atau dari komputer lain.

2. Processing

Fungsi utama kedua yang dimiliki komputer ialah melaksanakan pemrosesan. Bahan yang diproses ialah data atau isu yang diperoleh dari perangkat input tadi. Awalnya data tersebut akan tersimpan pada memori internal, kemudian diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah isu baru, yang pada kesannya akan dikirimkan ke perangkat output untuk ditampilkan.

3. Output

Fungsi utama ketiga yang dimiliki komputer ialah output, yaitu untuk  menampilkan hasil dari sebuah proses data atau isu dalam bentuk teks, gambar, maupun audio kepada pengguna atau perangkat lainnya menurut kebutuhan masing-masing. Contoh perangkat output yang sering dijumpai ialah monitor, printer, dan speaker.

4. Storage

Fungsi utama terakhir yang dimiliki komputer ialah media atau kawasan untuk menyimpan serangkaian data atau informasi. Penyimpanan dialokasikan menurut bagaimana isu akan dipakai, ada yang disimpan dalam memori utama dan ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi.


Manfaat Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


Di zaman modern ibarat kini ini, komputer mempunyai peranan penting bagi insan dalam melaksanakan segala aktivitasnya. Peran komputer sangat vital dan pengaruhnya pun menjalar begitu cepat hingga ke banyak sekali kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang sampaumur . Semuanya telah mulai memakai komputer untuk banyak sekali keperluan mereka.

Dahulu komputer hanya mempunyai fungsi sebagai alat yang digunakan untuk melaksanakan perhitungan artimatika. Namun, seiring perkembangan zaman, komputer kini sanggup digunakan untuk banyak hal atau multifungsi. 

Pada awal penciptaannya, komputer hanya digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan saja. Berbeda dengan sekarang, di mana pengguna komputer sanggup kita jumpai di banyak sekali tempat, mulai dari lingkungan sekolah, universitas, kantor, pertokoan, bahkan hampir setiap rumah telah mempunyai komputer.

Dari uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa pengguna komputer semakin hari semakin bertambah. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari manfaat yang dimiliki komputer sehingga diharapkan oleh insan dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Tahukah kalian apa saja manfaat yang dimiliki oleh komputer? Jika belum maka berikut manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari.

1. Dapat Mempermudah Pekerjaan Manusia


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Sejak awal penciptaannya komputer memang dirancang untuk membantu insan dalam menuntaskan pekerjaannya. Komputer sanggup menciptakan pekerjaan insan menjadi lebih praktis untuk dikerjakan, lebih cepat terselesaikan, dan lebih sempurna hasil yang didapatkan.

Pekerjaan yang dikerjakan secara manual akan membutuhkan waktu cukup usang untuk menyelesaikannya. Terlebih lagi pekerjaan tersebut cukup banyak menguras pikiran dan tenaga. Akan tetapi lain halnya bila kita melibatkan komputer dalam proses pengerjaannya. Maka pekerjaan tersebut akan dikerjakan secara komputasi sehinga akan lebih efisien. 

Contoh pekerjaan yang mulai banyak memanfaatkan komputer dalam pengerjaannya antara lain menciptakan dokumen, menghitung honor karyawan, menciptakan animasi, manajemen pelayanan publik, membuatkan aplikasi, mengelola jaringan, dan masih banyak lagi yang lain.

2. Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Kehadiran komputer menunjukkan efek yang besar dalam dunia pendidikan. Dapat dikatakan keberadaan komputer dalam dunia pendidikan ialah wajib. Kenapa tidak, hampir semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi tinggi memakai komputer sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran.

Proses pembelajaran yang monoton dan tidak menarik sanggup menciptakan siswa merasa jenuh dan praktis bosan. Akibatnya siswa tidak bisa fokus dalam mendapatkan materi yang diberikan. Oleh sebab itu cobalah untuk mengkolaborasikannya dengan komputer. Misalnya saja menyajikan materi dengan menyertakan video yang interaktif, melaksanakan presentasi dengan komputer, atau bahkan menunjukkan simulasi dari materi yang diberikan dengan dukungan komputer. Dengan begitu suasana pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan tidak monoton lagi sehingga penerima didik akan mempunyai antusias dalam mendapatkan materi.

Komputer juga membantu meningkatkan daya eksplorasi peserata didik. Misalnya saja bila terdapat materi pembelajaran yang tidak diajarkan di sekolah, maka dengan adanya komputer mereka sanggup memanfaatkannya untuk mencari materi tersebut.

Hal ini merupakan sebuah dampak nyata dalam dunia pendidikan, sebab selain meningkatkan daya ekplorasi rasa ingin tahu penerima didik, dampak nyata lainnya ialah juga sanggup meningkatkan kemandirian berpikir penerima didik. Hal tersebut dikarenakan materi yang didapatkan berasal dari dunia luar atau melalui komputer, bukan dari seorang guru, sehingga mereka akan berusaha untuk bisa memahaminya dengan sendirinya.

3. Sebagai Media untuk Mencari Informasi


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Seiring perkembangan waktu, komputer mengalami perkembangan yang begitu pesat. Fungsi dan kemampuan yang dimilikinya pun semakin banyak dan canggih. Salah satunya ialah perkembangan dalam jaringan komputer. Jaringan komputer ialah kekerabatan antara beberapa komputer, baik dalam ruang lingkup lokal atau yang dikenal dengan LAN, hingga dengan ruang lingkup dunia yang disebut WAN atau gampangannya internet.

Oleh karenanya, hanya dengan memakai komputer yang terhubung pada jaringan internet, kita akan dengan praktis mendapatkan sebuah informasi. Apalagi di tambah dengan adanya mesin pencari atau search engine dan sosial media. Maka isu akan semakin praktis dan semakin luas untuk Anda peroleh.

4. Sebagai Media Komunikasi


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Dahulu orang hanya memakai telepon dan radio sebagai alat komunikasi. Sebetulnya kedua alat tersebut sudah cukup untuk melaksanakan komunikasi. Tetapi seiring perkembangan zaman, berkomunikasi kini tidak lagi diartikan hanya saling bertukar bunyi saja, namun harus lebih dari itu. Misalnya juga dengan saling bertatap muka, walaupun kedua pihak yang berkomunikasi tidak berada pada lokasi yang sama.

Hah, bagaimana caranya, emang bisa? Jawabannya ialah bisa.

Caranya ialah hanya dengan memanfaatkan komputer dan menghubungkannya dengan jaringan internet, maka dengan begitu kita sudah bisa berkomunikasi dengan pengguna komputer lain yang ada di dunia. Tidak hanya dengan pengguna komputer saja, tetapi juga berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya ibarat smartphone dan lain-lain.

Kita juga bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh sekalipun. Metodenya pun bermacam-macam. Mulai dari berkomunikasi lewat tulisan, lewat bunyi bahkan kita juga bisa bertatap muka langsung, yaitu melalui akomodasi video conference. Kesimpulannya dengan makin merebaknya aplikasi-aplikasi chatting dalam komputer, maka akan semakin praktis orang untuk  melaksanakan komunikasi.

5. Sebagai Lahan Usaha


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Walaupun untuk mendapatkan sebuah komputer kita harus mengeluarkan nilai rupiah yang tidak mengecewakan besar, namun disisi lain kita juga bisa mendapatkannya kembali bahkan dalam jumlah yang lebih besar. Caranya yaitu dengan membuka perjuangan di bidang komputer.

Apalagi pada zaman digital ibarat kini ini, hampir semua kegiatan melibatkan teknologi. Beberapa tahun terakhir perjuangan bisnis dengan komputer mulai banyak bermunculan. Banyak lahan perjuangan yang hanya dengan memanfaatkan komputer sanggup mendulang kesuksesan yang besar. Sebut saja contohnya bisnis jual beli online. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung internet, kita bisa memasarkan dan menjual produk kita kepada konsumen hanya dengan duduk anggun di depan layar komputer, tanpa harus membuang banyak waktu, tenaga, dan tentunya sangat efisien.

6. Sebagai Alat Kendali atau Kontrol


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Komputer di zaman kini sanggup dijadikan sebagai alat kendali atau kontrol dalam banyak sekali bidang apapun. Mulai dari mengontrol perkembangan bisnis suatu perusahaan, mengontrol keuangan hingga mengontrol alat-alat lainnya yang sudah terintegrasi dengan komputer. Dengan adanya komputer, segala kegiatan yang berat sanggup dikendalikan atau dikontrol tanpa harus mempedulikan kawasan dan waktu.

Contoh penggunaan komputer sebagai alat kontrol antara lain ialah pada pabrik-pabrik yang memanfaatkan komputer untuk mengontrol penggunaan alat-alat produksinya. Kemudian juga pada rumah sakit, yaitu digunakan untuk mengontrol kesehatan pasien, dan seorang pengusaha yang sanggup mengontrol usahanya dari jauh tanpa harus mendatangi lokasinya, melainkan hanya dengan fasilits komputer dan internet.

7. Sebagai Media Hiburan


 pada awalnya mempunyai arti sebagai orang yang melaksanakan kalkulasi atau penghitungan Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

Manfaat komputer yang terakhir ialah sebagai media hiburan. Ada banyak sekali jenis hiburan yang bisa kita dapatkan dari komputer, ibarat memutar film, bermain video game, mendengarkan musik, bernyanyi, menari dan hiburan-hiburan lainnya.

Apalagi di dukung dengan  pesatnya perkembangan jaringan internet, maka semakin banyak jenis hiburan yang bisa kita dapatkan.

Demikianlah artikel perihal fungsi yang dimiliki oleh komputer, dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan hingga jumpa pada artikel berikutnya.


Sumber https://calon-amd.blogspot.com/