Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan PS4 Menggunakan HDD vs SSD

Setelah kita tau sepak terjang dari Review SSD Samsung 860 EVO With V-NAND tentunya kita jadi berfikir worth it tidak sih mengganti hardisk PS4 menjadi jenis SSD?. Dimana game PS4 lama kelamaan semakin berat, membesar ukurannya serta semakin kompleks, seperti game Red Dead Redemption 2 yang sekarang ukurannya sudah 149 GB dan ada lagi Call of Duty: Black Ops 3 sebesar 101 GB. Tentunya semakin besar sebuah game maka loading aset-asetnya akan semakin lama, membuat durasi loading dari game tersebut akan lama, tidak itu saja, kadang game yang berjenis open world loading aset dunianya akan terlambat, seperti jarak pandang jauh yang di buat blurring texture nya terlebih dahulu baru setelah loading baru jadi tajam. Memang beberapa jenis loading dalam PS4 di sembunyikan dalam pergerakan player nya, kadang saat player naik tangga, atau merangkak di lubang kecil sehingga gerakan player me lambat, padahal sebenarnya yang terjadi adalah game me load aset di arena berikutnya.  

Hardisk bawaan PS4 adalah merek HGST Travelstar Z5K500 harga 450rb (500gb model) dan HGST Travelstar 5K1000 harga 699rb (1tb model), untuk harga saya cek harga satuan di market place dan spesifikasi kedua hardisk ini masih memiliki putaran 5400 RPM serta interface SATA II dengan Memory Cache 8MB. Kalau di lihat memang ini merupakan spesifikasi minimum dari sebuah hardisk. Sedangkan jika kita menggunakan HDD dengan spesifikasi terbaik, seperti tipe Seagate Barracuda Pro ST500LM034 ukuran 1TB dengan spesifikasi putaran 7200 RPM, SATA III128 MB Cache dengan harga 860rb, di lihat di atas cuma selisih harga sekitar 160rb kita sudah dapat produk terbaik. Namun sebenarnya itu harga eceran, akan beda lagi jika Sony kerja sama dengan perusahaan HDD pasti dapat harga khusus untuk beberapa puluh ribu console PS4 yang sudah terjual dan di pasarkan. Kecepatan putaran dari hardisk 5400 dan 7200 RPM dan Cache tentunya kana berpengaruh terhadap lama tidaknya HDD tersebut me load suatu data.

Kita kembali ke SSD, mari kita bandingkan dengan SSD dengan kecepatan baca dan tulis 540MBps di bandingkan dengan Memory Cache HDD terbaik adalah 128MB, 7200RPM selisih nya sangat jauh sekali jauh kecepatan SSD di atas HDD karena SSD bukan merupakan cakram disk sehingga tidak ada mekanik yang berputar di dalam SSD, berbeda dengan HDD yang jika dia mau membaca atau menulis sebuah data dia harus berputar ke posisi tertentu dan mekanik mata pembaca data harus pada posisi tertentu sehingga akan membuang waktu seper sekian detik karena pergerakan cakram dan mata pembaca HDD. Namun dengan kemampuan superior dari SSD ini apakah akan membuat sebuah perubahan besar? jawabnya TIDAK. Loading dalam sebuah game cuma beberapa detik saja yang bisa di pangkas :(.
Mari kita bandingkan beberapa game open world, saya mengambil tabel ini dari web eurogamer.net terlihat perbedaannya.
Terlihat dari tabel di atas, beberapa game memiliki selisih 10-30 detik saja, terlihat juga dari perbandingan antara PS4 biasa dan PS4 Pro juga tidak terdapat perubahan yang signifikan, saya rasa ukuran 10-30 detik dalam sebuah loading game itu tidak akan terasa signifikan, tapi jika loading itu terjadi berkali-kali tentunya sebenarnya akan terasa juga, namun jarang sekali game PS4 yang banyak loading nya. Dari data di atas juga dapat di ambil sebuah kesimpulan, kalau HDD di PS4 bukan lah komponen utama yang mempengaruhi kecepatan baca tulis sebuah data, kalau kita bandingkan PS4 biasa dan PS4 Pro, lama loading juga jelas berbeda, tentunya GPU juga mempengaruhi kecepatan loading itu, dimana PS4 biasa memiliki 1.84 TFLOP sedangkan PS4 Pro 4.2 TFLOP. Untuk game open world yang memiliki jarak pandang yang luas tentunya akan berpengaruh, namun sedikit aja pengaruhnya.
Kesimpulannya jadi TIDAK worth it jika mengganti HDD PS4 dengan SSD, kenapa begitu?, tentunya dengan harga SSD yang masih mahal 500GB saja seharga 1.5jt dan tentunya ukuran SSD masih menjadi kendala, dengan kondisi sekarang ini memang HDD 2TB merupakan ukuran yang ideal untuk PS4 kita, apa lagi bagi teman-teman yang suka membeli game digital dan tidak memiliki kaset fisik, akan terasa sangat tidak efektif jika harus hapus sebuah game dan jika suatu saat mau memainkan nya lagi harus mendownload nya lagi dari awal beserta patch dan update game tersebut, kalau game itu memiliki mode Multiplayer biasanya ukurannya akan sangat besar seperti GTA5 Online. Kalau punya BD fisik lebih enak lagi karena tinggal install dari BD lalu update baru download dari internet. 
Namun sebenarnya ada solusi lainnya, yakni menggunakan SSHD, SSHD memiliki performa yang hampir menyamai SSD namun dengan harga yang jauh di bawah SSD, Merek Seagate SSHD 1TB harganya 984rb selisih 120rb an dengan HDD terbaik, jadi mungkin teman-teman semua bisa menjadikan ini sebuah solusi, bisa juga membeli hardisk external, SSHD di pasang menjadi primary HDD PS4 dan HDD bawaan PS4 di jadikan secondary HDD external.

Semoga informasinya bermanfaat, jika ada yang di tanyakan Comment aja ya :D

Sumber https://hydeist666.blogspot.com/